Tips Sederhana Mengatasi "Seret"nya Kipas PC

Bagi pengguna PC dekstop biasa, dalam artian bukan seorang extreme modder, biasanya menggunakan kipas murah untuk pendingin PCnya, berbeda dengan extreme modder yang punya dana hampir tak terbatas untuk membeli kipas bermerk dengan kualitas mumpuni.

kipas merk Vantec yang harganya lumayan menguras kantong mahasiswa

Pengguna kipas murah terkadang direpotkan dengan suara yang bising jika kipas berputar kencang, namun bagi sebagian orang kipas bising tidak masalah asalkan komponen tetap dingin.

 kipas besar, cukup murah tapi berisik

Hal yang akan saya bahas adalah ketika kipas murah ini cukup berumur, terkadang putarannya “seret” dan sangat berisik sehingga walaupun suaranya cukup keras tapi pendinginan pun kurang optimal. Pada kasus ini, coba akan kita atasi permasalahannya. Berikut cara sederhana untuk mengatasi perputaran kipas pc yang terhambat yang sudah saya coba praktekkan.

Cek kondisi sirip-sirip kipas, jika berdebu bisa dibersihkan dengan sikat bekas sikat gigi atau menggunakan kapas. Debu yang tadinya menghadang keoptimalan kipas dapat diatasi.

 Kipas berdebu tentunya kurang optimal
Jika setelah dibersihkan masih sangat “seret”, dapat dicoba dengan menyemprotkan sejenis minyak pelumas pada bagian tengah kipas, disini saya menggunakan minyak untuk rantai motor.
pelumas rantai motor, merk terserah

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
1. Buka stiker merk pada kipas, buka sampai tak ada stiker yang menutup.

2. Semprotkan minyak pelumas pada bagian tengah, bisa dilakukan saat kipas berhenti maupun berputar.

Menurut pengalaman saya, kipas yang terlumasi ini tidak lagi seret dan suaranya sudah cukup menurun dibanding sebelumnya.

Demikian tips sederhana ini, semoga bermanfaat.. 🙂

Advertisements

7 Komentar

monggo tanggapannya.....