si macan warna baru, persiapan ganti model?

Honda Tiger, sesosok motor sport dengan isi silinder 200 cc dan telah malang melintang di jalanan indonesia 18 taun belakangan ini kembali menjadi bahan perbincangan..ya, AHM lagi-lagi merefresh tampilannya..kali ini kembali hanya berupa perubahan stripping dan warna putih..

ngomong tentang fiturnya, nggak ada yang berubah..masih dengan teknologi karburator, masih dengan sok belakang stereo, berpendingin udara dan speedometer analog..mesin juga tidak mengalami perubahan sama sekali..ditambah harga yang melebihi 25 juta rupiah..wangun nggak sih harganya?apalagi beberapa tahun terakhir terdengar keluhan tentang tangki bocor..

bagi yang berharap Tiger keluar dengan sistem injeksi, monoshock dan penambahan tenaga dari 16an ps masih harus kecewa dan memendam keinginan lagi..AHM tampaknya masih mengandalkan nama besar si macan di dunia permotoran..

tapi, jika menelisik strategi pabrikan sayap beberapa tahun terakhir..kalo ada motor  harga tambah mahal dan atau facelift, biasanya mau keluar model yang baru..

yang nbs ingat, tahun 2007 ketika harga supra 125 gen pertama (NF 125 SD dan NF 125 SC) single headlamp harganya naik setelah diganti strippingnya, selang beberapa bulan keluarlah supra 125 double headlamp (NF 125 TD dan NF 125 TR) yang harganya lebih murah dan ditambah cakram belakang (NF 125 TR) walaupun adanya downgrade di beberapa part, yg paling jelas velg CW dari merk Enkei jadi entah merk apa yang tak terkenal dan perbandingan kompresinya pun turun dari 9,3:1 menjadi 9,0:1..

 —–>

NF 125 SC                                                NF 125 TR

yang kedua adalah MegaPro 1600 di tahun 2010, harganya yang mencapai 20,8 juta rupiah (versi CW OTR jogja) jika dibandingkan dengan Yamaha V-ixion yang harga di sekitarnya namun berfitur injeksi dan monoshock tentu terasa terlalu mahal..dan sebelum akhir 2010 akhirnya muncul Honda New MegaPro 150cc sebagai penggantinya dengan fitur monoshock, disc brake belakang (versi CW) dan karakter mesin yang berbeda (NMP : square dan kompresi 9,5:1; MP 1600 : overbore dan kompresi 9,0:1) walaupun tetap berkode GL namun dengan harga sekitar tak mencapai 20,1 juta (OTR jogja, versi CW)..

       ——>      

GL 160 CW / MegaPro 160 cc            GL15A1RR   / New Mega Pro 150 cc

yang terakhir munculnya Vario 125i yang menggantikan posisi Vario Techno 110 di kisaran harga yang sama dan dengan fitur yang melimpah seperti PGM-FI step 4, ACG starter, helm-in..belum masalah mesin yang powernya nambah dari 8,99PS / 8000rpm ke 11,3PS /8500rpm..padahal beberapa bulan sebelumnya sempat muncul VarTech warna baru..yah walaupun menurut beberapa orang modelnya masih lebih menarik Vario Techno.. 😀

              —–>   

NC11A3CB/ Vario Techno 110 cc              NC12A1CBF / Vario Techno 125i

apakah si macan akan mengikuti jejak mereka?let’s see beberapa bulan ke depan.. 😀

About nbsusanto 1032 Articles
Nur Budi Susanto - https://dolanotomotif.com/ seorang blogger yang menggemari otomotif, jalan-jalan, fotografi, teknologi, transportasi, dan kereta api. silakan tinggalkan komentar, kritik, dan saran atas tulisan saya. boleh juga japri saya di kankkunkblog@gmail.com.

4 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*