hari pertama enduro 20w-50 di motorku

setelah lebih dari 2 bulan si biru setelah servis dan ganti oli terakhir, si biru akhirnya memasuki masa ganti oli lagi..kalo nggak salah mungkin baru sekitar 2000an km, tapi kok rasanya memang lebih baik diganti..walaupun sebenernya kalo lagi nggak terlalu nggagas bisa dibiarin sampe 3000an km kalo pake AHM MPX1.. :mrgreen:

setelah baca-baca beberapa blog, nbs kepikiran buat nyoba oli dari perusahaan dalam negeri, yaitu Pertamina Enduro Racing 4T 10W-40 yang menurut review-review cukup enak tarikannya..akhirnya nitip sama saudara yg kerja di spbu buat beli ini oli..tapi pas barangnya dikasih ke aku dan masuk ke mesin si biru, lho kok jebul ini Enduro 4T 20W-50????waduh jebul masnya salah..padahal di sms udah tak tulis sampe lengkap dengan kata racing dan 10w-40 nya..tapi ya udahlah..itung-itung nyoba gimana enduro melayani si biru.. ๐Ÿ˜€

oiya, sebelumnya sering pake AHM MPX1 10W-30, kecuali kalo yang di bengkel nggak dengerin dengan baik dan pas nbs nggak liat, pernah diisi Federal yg 20W-50..ah mbuhlah mana yang lebih baik, tapi nggak beda-beda banget.. :mrgreen:

tentang MPX1 yg ngendon di mesin si biru dari februari sampe april ini, tercatat beberapa kali diajak kerja lumayan jauh, seperti ke Gunungkidul, tepatnya ke pantai sundak buat makrabnya PKTS; menelusuri bekas keganasan merapi di Salam, Magelang; dan terakhir ke daerah bumi perkemahan Wonogondang yang walaupun sedikit jalan batu nya, tetap saja bukan makanan harian si biru..serta tak ketinggalan, PP rumah-kampus ย setiap hari sejauh 50an km, yah walaupun sesekali nggak bawa si biru dan minjem motor saudara.. :mrgreen:

seminggu sebelum ganti oli, pas males shifting, gigi 2 tak panjer aja soalnya masih belum teriak banget itu mesin, eh pas tak liat di speedometer tembus 80 km/jam.. ๐Ÿ˜ฎ sebenernya asyik juga,ย  tapi nbs shift ke gigi 3 soalnya kasian sama mesin standarnya..dan gigi 3 masih kuat ย di 100an km/jam, walaupun kadang 95-100 km/jam udah shifting ke gigi 4 kalo lagi males sama limiter.. :mrgreen:

yah hari ini, berhubung hari teakhir uts, pulangnya lumayan buat ngubek-ubek performa ย si biru yang didukung enduro..tarikan pertama terasa agak berat di gasnya, tapi dari situ ketangkep feeling kalo buat jalanan nanjak, lebih enak..tapi ini masih perlu dibuktikan..cuma, karena nbs masih penasaran, dicoba jalan 60 km/jam masih di gigi 2, masih waras, tapi begitu sekitar 65-70 km/jam kayaknya mesin lebih teriak dibanding pake oli sebelumnya..karena belum yakin, setelah lepas dari lampu merah berikutnya dicoba lagi, di gas terus sampe sekitaran 75 km/jam di gigi 2, teriakan mesin ini akhirnya membuat kaki nbs menaikkan ke gigi 3..di gigi 3 dieksplorasi memang mencapai 100 km/jam baru shifting ke 4, tapi ya itu nggak tau kenapa perasaan mesin lebih teriak dibanding pas pake AHM MPX1..padahal katanya mungkin karena awal pemakaian?atau enduro enaknya buat tarikan awal berat nan enak di tanjakan?atau mungkin karakter mengendara yang belum cocok?

tunggu saja..kalo nggak ada perubahan, akhir minggu ini akan mencoba tanjakan, ya walaupun kecil, cuma buat membuktikan saja..

tapi kayaknya kalo nggak ada perubahan dari karakter nafas kurang panjang ini, besok berpaling..yah walaupun misalnya enduro 20w-50 bisa melayani nafas panjang si biruย  pun, nbs masih pengen nyicipi performa Pertamina Enduro Racing 4T 10W-40.. ๐Ÿ˜€

Advertisements

monggo tanggapannya.....

  1. Memang mantaff enduro4t. Gak perlu pakai oli sesat cukup pake enduro4t 20w50 daleman mesin ketika bongkar kopling shogun masih kinclong.

    Tpi beda motor beda impresi, nih oli klo dishogun awalan ganti oli trasa berat tarikan. kalo dimesin suprafit/c100 langsung ngacir, lebih ngacir dari oli sesat spek 15w40, suara mesin pun jadi halus sekali.

    • sebenere yg ngaruh kekentalan yg angka belakang mas.. angka depan kalo kondisi dingin.. 50 pasnya buat motor 5 taun ke atas biar nggak brisik.. kalo sebelum itu pake yg 40 enak kok.. kalo mau enteng ya 30.. ๐Ÿ˜€

  2. Aku baru coba Enduro 4T SAE 10W-40 di Satria RU muantap ,beda dari biasaku pakai…! lebih enak aja gitu……knapa ya…?

    • Castrol activ 20w50 enak aj bawaannya,mesin lbh adem meskipun d geber sampai limiter,tarikan lbh berat dr 10/40 tp top speed g ad bda dgn yg encer,cm wktu dlm mncapai top speed aj yg bda,apalagi d tunjang dgn prtamax,mantab

      • Motor ane vega zr,emang bnr oli tu cocok2an,udah brp kali gonta ganti oli ane,smpe pusing 7 kliling,haha,trnyta motor ane cocoknya pke yg kentel,tp enduro ane blm prnah,klo sama viskositasnya,ane cari yg API nya lbh baik.

        just share pengalaman pribadi

        • yap oli memamg cocok cocokan.. bahkan walau tipe dan beli hampir berbarengan.. perlakuan pada motor salah satu faktor yang membedakannya..
          sip.. suwun atas sharingnya mas.. ๐Ÿ˜€

        • Yup,krng lbh gtu gan,ad tmbahan lg yg ane rasakan antara oli encer dan kental, oli encer vs oli kntal: Oli encer krng cocok buat touring/perjalanan jauh,ktika oli mncapai batas panas dgn sae angka blakang 40 mka oli tsb mnjdi krng stabil dlm meredam panas,jarak krng lbh 40 km,tp klo oli kntel dgn sae angka blakang 50 pas buat touring,krn msh stabil dlm meredam panas,jarak jg sama krng lbh 40 km

          • yang pasti untuk peredaman suara mesin memang lebih optimal dengan oli kental.. walau kalo kecocokan untuk jalan jauh bergantung pada kebutuhan mesin, nampaknya juga begitu, oli kental lebih enak walau dengan oli encer pun sebenernya bisa untuk meredam panas.. ๐Ÿ˜€

  3. motor sy shogun 125 thn 2005 pake enduro 20/50 dri baru. sampe skrg pake itu. pas servis besar thn 2010 lalu kta mekaniknya ga ada baret2nya tuh di liner silinder. pas itu jg cma skir klep sama ganti keteng aja berikut paking2 jg. motor msh enak. jadi kesimpulannya ya jangan gonta-ganti oli. pernah sih jajal yg racingnya. tarikannya emang enteng. tp katanya klo utk keawetan bagusnya pake yg 20/50.

    • emang kalo udah pas mending dipertahanin nggak ganti merk sama tipe lain sih mas baiknya..
      sip..kalo enduro racing emang tarikannya mantep..cuma karena jadi enteng, jadi susah buat nggak nggeber-nggeber motor seperti saat pake enduro non racing..hihihi.. :mrgreen:

  4. yamaha vega zr punya saya sudah dari 2009 smpai sekarng tidak ada masalah… ganti oli tiap 1500km,, saya pakai oli castrol, mesin adem dan power motor terasa maximal ktika pakai oli ini. mnrut sya, motor vega zr kalo soal suara mesin memang agak kasar/mnggelitik karena kompresinya tergolong gede yakni 9,3:1 yg shrusnya pakai pertamax, saya dlu pas pakai pertmax suara mesin yg mnggelitik itupun hilang,o iya kalo oli sya pakai castrol power 1 sae 10w-40, aplagi kalau cuaca panas dan mesin motor dlm keadaan extrem, maka suara mesin akan sedikit lebih kasar, tp, ya gag terlalu kasar deh, dan yg prlu agan” tau, suara mesin vega itu khas… ya raungan nya itu… so, kalo ngluh soal suara itu solusinya bukan pake oli yg kentel 20w50 tp, pakai pertamax…

    • wah mantep..denger dari temen yang pake power 1 emang lumayan joss itu oli..
      kalo pertamax efek positifnya ya irit di konsumsi bbm (bukan di dompet) dan tarikan lebih enak..
      kalo mengenai kekasaran suara mesin, pernah njajal sendiri, mega pro dengan oli 10w-30 kasar banget, pas sekarang pake yg 20w-50 lebih alus suaranya.. ๐Ÿ™‚

  5. kalo buat jangka panjang, anti slip kopling, & pindah gigi halus mnding pake Enduro 20w-50.

    tapi kalo buat tarikan enteng, & irit mending lebih milih yg 10w-40.

    brdasarkan pengalaman ane yg 20w-50 tu pindah gigi lebih halus, & olinya juga awet pernah ampe 2500km lebih oli masih enak. tpi Borosnya kyanya jauh deh dngan yg racing bisa 3.5 hari isi 10rb, tpi yg enduro biasa cuma bertahan 2 hari. trus kalo pagi2 olinya susah naik, cz terdengar suara tik tik diblok kalo belum digas.

    beda dngan yg racing, tarikan enteng, bensin irit, oli cepet naikny. tpi pndah giginya itu agak keras, & enaknya cuma dipake 1000km pertama.

  6. Kalo gw sih pake enduro racing 10w-40 di supra 100 cc,enak juga tuh,malah yang paling enak diantara semua oli yang pernah gw coba
    Nafasnya jadi panjang,top speed 115 kpj,sebelum make oli ini cuman mentok 105 kpj make castrol power 1
    Anti slip koplingnya juga kerasa diawal pemakaian tapi udah gak begitu kerasa lewat 1000 km,ditambah aroma permen karet memberikan sensasi tersendiri lah make oli ini!

    • kenceng banget supra 100 bisa tembus 115kpj..dulu pernah geber mentok cuma tembus 100 kpj..tapi oli bukan castrol atau enduro sih.. :mrgreen:
      makanya pengen nyoba yg enduro racing..tp ya besok tunggu kalo udah 1500-2000 km tak gantinya.. ๐Ÿ˜€