genap 6 tahun si biru menemaniku

awal tahun 2006..tahun dimana aku dihadapkan pada beberapa pilihan..suatu pilihan yang membawaku kesini..di waktu ini..dengan berbagai cerita yang telah kujalani..ya, tahun dimana Supra X 125R biru menjadi penghuni baru di rumah sederhana di Bantul selatan itu..

masih inget, belum genap berusia 2 minggu, si biru beberapa hari bermalam di luar rumah..bukan karena lupa dimasukkan..lebih tepatnya karena gempa 5,9 SR yang menggoncang DIY dan sekitarnya..bersama motor-motor lain termasuk motor tetangga, si biru ditemani keluarga ku dan tetangga ku yang masih saudara..ada cerita lain, yaitu helm bawaan si biru dibawa bapak ke rumah muridnya untuk mengetahui kondisi di suatu daerah yang cukup parah kena gempa, dan helm itu hilang..ya sudahlah..ada yang lebih membutuhkannya..makanya nggak pernah aku memakai helm Honda bawaan si biru itu.. πŸ™‚

di tahun keduanya, tahun 2007, si biru mulai mengantarkanku sekolah di SMA 8 Yogyakarta..di tahun itu, aku tinggal di rumah saudara di Jalan Adisucipto setiap senin-sabtu dan baru pulang ke Srandakan sabtu sore dan balik lagi senin pagi..waktu itu PP setiap hari hanya sekitar 15km-an..cukup dekat makanya odometer si biru nggak cepet melonjaknya..tapi di taun itu juga pertama kali si biru ku ajak ndlosor..yah waktu itu gara-gara jadi sasaran anak sekolah lain yang punya masalah dengan sekolahanku..konyol sih, cuma dipukul di helm, tapi berhubung kaget dan di samping jalan ada motor lain, akhirnya nyangkut dan ndlosor..alhamdulillah kami nggak papa..cuma sedikit lecet dan si biru harus press fork depannya..tak apalah..jadi pengalaman.. πŸ™‚

di tahun 2008, tepatnya sekitar bulan Maret, masih inget banget, selasa pagi pas berangkat dari rumah saudara, keadaan jalan agak basah setelah hujan, tepatnya di per4an Blok O, akhirnya ndlosor lagi karena kegagalan ngerem..waktu itu ada seorang polisi berjalan ke arahku, tapi pas liat aku bisa berdiri, dia langsung berbalik nggak jadi nolong..yo wis lah..iso ngadeg dewe og.. πŸ‘Ώ setelah itu dengan pekoknya, masih juga ku menuju sekolah dan pengen ikut pendalaman materi, walau akhirnya dilarang sama temen-temen dan dianter ke UKS..setelah ketemu guru, akhirnya aku dianter ke RS dan 3 jahitan menghiasi daguku.. :mrgreen: tapi setelah kecelakaan itu, akhirnya ku putuskan untuk nglajo Srandakan-SMA 8 Yogyakarta setiap hari..jadi sekitar 50km-an PP..dan odometer mulai berputar dengan cepat.. πŸ˜€

di tahun 2009, si biru juga jatuh lagi waktu keluar dari AHASS sehabis ganti oli..yang paling bikin ngeri,Β  aku ngajak sodara yang masih balita, dia di depan tak pegangin dan itu tepat di hari ulang tahunnya.. ❗ pas itu, setang si biru langsung tak lepas buat megangin adek kecil itu, alhamdulillah, dia tak sampai kena aspal karena pas jatuh aku langsung berguling biar dia nggak kena aspal..fyuh.. 😐

di tahun 2010, pas berangkat daftar ulang UGM, tepatnya nyebrang jalan Srandakan, tiba-tiba di gas kok nggak jalan..pas menepi, ternyata rantainya lepas..alhamdulillah nggak ada kendaraan melintas..padahal biasanya juga ceniningan.. :mrgreen:

di tahun 2011, si biru mulai ku ajak jalan-jalan..ke beberapa pantai di Gunungkidul, di antaranya ke pantai ngobaran, dan ke beberapa daerah tujuan lain..di semester 2 tahun ini pula si biru sering merasakan kesegaran pertamax.. πŸ˜€ yah walaupun di akhir 2011, tepatnya tanggal 30 Desember di sekitar Janti, kaca headlamp pecah karena waktu keluar dari lampu merah ada truk yang ngerem ndadak sampe bannya ngesot, walhasil di waktu yang sempit diberi pilihan untuk narik tuas rem sampe pol tapi jatuh atau nabrak..ya akhirnya kuputuskan nabrak aja daripada jatuh..padahal nggak ngebut..ganti headlamp deh.. 😐

di tahun 2012 ini, awal tahun sempet jatuh (lagi) juga..terus si biru minta ganti kampas rem depan belakang..si biru juga kuajak jalan-jalan ke Magelang..si biru juga ku ajak ke sekitar wonogondang dan terakhir ke gua cerme..di tahun ini pula ku baru mulai sadar untuk lebih menyayangi si biru..termasuk mulai berani bongkar-bongkar sendiri kalo ada sedikit masalah.. πŸ˜€

oiya, si biru pernah meraih top speed 120km/jam di speedometernya sekali sekitar tahun 2007 atau 2008 (lupa :mrgreen: )..di tahun itu pula pas masih agak alay, setiap senin berangkat lewat jalan Parangtritis, kadang-kadang narik gas sampe 115km/jam.. :mrgreen: dan akhir 2011 kemaren sempet meraih 115km/jam di jalan srandakan dan sempat di atas 115km/jam walau nggak sampe 120km/jam di jalan Adisucipto..maklum malem sekitar jam 11 pulang ngerjain PGJ di kampus butuh pelampiasan.. :mrgreen:

terima kasih atas semua cerita yang kau berikan, NF 125 SC..di usiamu yang sudah 6 tahun ini..setelah menempuh 76000an km..tetaplah selalu bersamaku..kita telusuri jalan-jalan baru..kita teruskan petualangan kita..dan kau adalah saksi dari lika-liku kehidupanku, nak.. πŸ˜‰

Advertisements

11 Komentar

    • iyo mas jaman kuliah mbiyen.. yo 5 taun kepungkur enteke setengah juta dewe soale ganti batok, karo omahan lampu kae.. sak set lah.. :mrgreen:
      kenapa mas? retak kah? mending las plastik mas.. πŸ˜€

      • Bar tibo Mas. Head lamp bolong di bawah, mika speedometer retak (udah tak ganti, dapet second di pasar Klithikan Solo), batok depan dudukan baut yg dibawah lampu itu remuk. Hehe..

        • lhah nek mika cen kudu ganti sih mas.. mau nggak mau.. trus semua sudah ganti po mika ne mas?
          aku wingi las plastik bodi belakang sik rompal, ualus tenan ra ketoro padahal motorku warnane biru.. tapi ning wates sih..

          • Durung sempet ngganti kabeh. Yen speedometer, iso diganti mikane thok. Yen bodine, tak lem dewe jane isih kenceng. Yo nanti2 lah bertahap. Ning Solo yo akeh servis body ngono kui, tapi jarene tukange, yen remuk bagian dudukan baut kemungkinan besar iso remuk meneh soale keno tekanan baute.

    • iya mas..memang warna di stnk juga biru merah dan merahnya memang sedikit..tapi berhubung supra seumuran juga ada yang warna merah hitam, motorku jadi si biru..hehe..

    • wakakakak..maklum mas baru belajar bawa motor dan masa alay bawa motor itu..lagian dulu ngrawatnya ngawur sih..baru sadar taun ini buat lebih memotorkan motor.. πŸ˜€

monggo tanggapannya.....