speedometer HSX125 dan P220 menunjukkan angka berbeda

di sela-sela acara Sesarengan 2012, terdapat beberapa hal yang cukup menarik..alkisah di malam hari, dua orang penunggang motor yang sempat menjadi bahan pembicaraan di dunia maya riding jejer..yap, seekor Pulsar 220 dan seekor Supra X 125..dalam perjalanan beberapa ratus meter untuk memindahkan motor dari parkiran panitia ke lapangan parkir tempat acara PAS ada sedikit cerita..

ketika HSX 125 berjejer dengan P220, iseng iseng lah ngomongin tentang speedometer..maklum, di dunia maya juga beredar kabar bahwa speedo pulsar biasanya menunjukkan angka lebih rendah dari motor lain ketika jalan jejer..tapi memang nbs belum pernah bandingin speedo HSX ini dengan Pulsar.. :mrgreen:

setelah dibuktikan..memang benar, ketika jalan beriringan, HSX 125 menunjukkan angka yang jauh lebih tinggi dibanding angka yang ada di speedometer Pulsar..kala itu, riding pelan, eh ternyata speedometer si HSX menunjukkan angka 160 kpj.. 😯 sementara itu……speedometer P220 menunjukkan angka 0 kpj..beda banget kan..jauh banget malah..padahal ini jalan, nggak cuma berhenti.. 😯 sayang tak terdokumentasi..

ternyata..kedua angka itu sama-sama ngibul..dan angka itu muncul karena kesalahan di kedua motor itu sendiri..

di HSX 125, aki kering nya soak, sehingga kalo jalan biasa dan ngerem, panel speedometer mengalami restart seperti saat kunci kontak di-on-kan..dan memang aki soak itu belum dicek dengan alat..cuma feeling..belum diganti lha soaknya baru jumat sore dan baru minggu pagi menjelang siang baru di rumah.. :mrgreen:

sementara itu, di P220, kabel speedometernya yang bermasalah dan memang harus diganti kalau mau speedometer normal..tapi si temen belum mbenerin, soalnya harganya cukup mahal untuk ukuran mahasiswa.. :mrgreen:

sekian tulisan ini nbs share..ini fakta..bukan hoax..lha gimana mau ngambil, kan lagi riding..hehehe.. *kabuuur :mrgreen:

Advertisements

monggo tanggapannya.....

  1. itu penyakit lama spx 125 lampu speedo mati2 , coba periksa dudukan sekring biasanya oblak, cukup bersihin aja kaki2 sekring dan kutub2 aki,
    klo ane biasanya tak kerik pake cutter atau diamplas…

    • bukan harus ganti aki atau minimal ngecharge mas?soalnya pas di starter juga nggak bisa..kalo emang cara ini efektif, boleh deh besok dicoba..matur nuwun.. 🙂