dear AHM, saluran radiator coolant CS1 bocor, gimana ini?

assalamu’alaikum wr. wb..

setelah lama tak ada bahan yang bener-bener dari pengalaman, kali ini nbsusanto cuma mau menyampaikan suara hati konsumen dari AHM, lebih tepatnya sebagai pengguna CS1 (walau pinjem tapi tadi kasus ini ketauan saat si CS1 nbsusanto pake)..

Honda CS1, sesosok motor produksi AHM yang menggunakan basis mesin Sonic dan menggunakan radiator untuk meredam panas mesin..tapi kalau sepert ini bagaimana?

masih kurang jelas kah?ini lebih dekatnya :

ya..tampak di bagian mesin itu terdapat bekas tetesan cairan..padahal jalanan tidaklah becek karena tidak hujan..dan bukan pula karena efek dicuci, karena warna air biasa tidaklah seperti itu..

hal ini awalnya diketahui saat nbsusanto bertandang ke rumah salah satu sedulur KOBOYS, yaitu ke kediaman pak irawan untuk suatu hal..saat beliau memperhatikan mesin CS1, beliau menemukan kejanggalan itu..dan ketika beliau melongok ke bagian klep saluran radiator, beliau memastikan kalau memang terjadi kebocoran di saluran, atau lebih tepatnya kira-kira klem nggak bisa mengikat kuat hingga air bocor dan menetes..

beliau langsung mewanti-wanti agar nbsusanto segera mengurus ini ke bengkel dan beliau juga berpesan agar air radiator jangan sampai kering karena mesin akan mengalami overheat dan akan rusak dan harus ganti blok baru..untuk seberapa sisa air radiator nggak keliatan, apa karena sudah berkurang banyak?memang kondisi panas mesin di indikator belum sampai strip ke 5 walaupun memang nbsusanto rasa kok agak cepet naik panasnya..ternyata masalah disini..untungnya tadi ketahuan..kalo nggak, gimana?kalo pas yang make orang yang nggak tau masalah ini gimana?kalo sampe seperti ini?

apakah ini hanya terjadi pada motor CS1 kepunyaan saudara saya?dulu service pertama memang tertulis di pekerjaan bahwa air radiator kurang, tapi saat itu nbsusanto mikirnya karena motor baru..lha kalo sekarang?setelah diinget-inget, dulu mas yudibatang pernah membahas masalah ini disini..ternyata bukan hanya CS1 yang tadi nbsusanto kendarai yang pernah mengalami kasus serupa..ehm..AHM..bagaimana ini?setau nbsusanto, Nova Sonic dan CBR yang juga produksi Honda, dalam hal ini Honda Thailand, dan mengaspal di jalanan Indonesia tak mengalami kasus serupa..

jujur, tulisan ini bukan untuk menjatuhkan AHM karena keluarga nbsusanto motornya Honda semua..tapi nbsusanto berharap semoga AHM peduli dan konsumen yang puas tak akan kapok dengan AHM.. ๐Ÿ™‚

sekian dan terima kasih.. ๐Ÿ™‚

wassalamu’alaikum wr. wb..

Advertisements

monggo tanggapannya.....

  1. bro mau tanya dong kok indikator radiator ga mau turun ya dr awal mesin on langsung di 6bar tp kipas jalan kalau posisi panas..?tolong solusinya?

  2. Mas, motor saya mesin nya cepet panas, teus kalo panas tiba” mbrebet mesin nya tapi tidak mati..
    Padahal kemaren sudah di servive, awalnya enak, tapi pas buat jalan dan mesin panas pasti mbrebet lagi..
    Mohon solusinya..??

  3. cs1 saya lansiran 2012,
    kalo mesin agak panas dan masuk ke rpm antara 4000-6000 pasti ada bunyi seperti suara โ€œcrrrrrrrttโ€ฆcrrrrrrrrrrrrrrrrrโ€ฆ crrrrrtttโ€ฆโ€โ€ฆ
    kemarin dibawa ke AHASS Cileduk (dekat jalan Mencong), katanya gapapaโ€ฆ
    lalu Ane coba ke bengkel biasa2, dan dibersihkan daleman termostatnya..
    bunyi itu sempat hilang, eh kemudian muncul lagiโ€ฆ
    ini kenapa ya?
    need helpโ€ฆ

  4. cs1 saya lansiran 2012,
    kalo mesin agak panas dan masuk ke rpm antara 4000-6000 pasti ada bunyi seperti suara “crrrrrrrtt…crrrrrrrrrrrrrrrrr… crrrrrttt…”…
    kemarin dibawa ke AHASS Cileduk (dekat jalan Mencong), katanya gapapa…
    lalu Ane coba ke bengkel biasa2, dan dibersihkan daleman termostatnya..
    bunyi itu sempat hilang, eh kemudian muncul lagi…
    ini kenapa ya?
    need help…

      • selama mesin adem kalo rpm di bawah 4000-6000 ga bunyi, tapi begitu mesin panas bunyi di semua rpm Mas,.
        kipas belum akan muter kalo temperatur belum naik 4 bar (kipas normal), cairan radiator waktu itu sempat kurang (bocor) tapi udah Ane benerin jadinya ga bocor lagi dan udah Ane tambahin coolantnya,..
        kenapa ini ya?

        • tapi penunjuk panasnya stabil nggak itu mas?suara itu pasti dari bagian radiator atau mungkin daleman mesin mas?kalo di radiator, bisa juga kipasnya kotor atau memang minta diganti kipas..
          coba dibawa ke ahass yg lebih gedhe mas..yang main dealer daerah njenengan..

  5. motornya sama dengan punya saya, tp saya bulan tujuh tahun 2012, penyakitnya juga sama, malahan sekarang nambah parah, kipasnya gk bs muter otomatis

    • coba dibawa ke AHASS gedhe di kota njenengan mas..mungkin switchnya juga error..kalo solusi sementara, mungkin di by pass, jadi kipas nyala terus tiap mesin nyala sampai besok diganti..

  6. mf sbnernya ini bkan tnggapan.. tpi mhon solusinya bagi yg tw, gini.. mtor CS1 gw tu radiatornya slalu kosong n’ brangin, coolant yg dari tngki cdangan tdak mau trun.. trpaksa di isi lngsung dr radiator, tpi sllu nyembur k tangki cdangan coolant.. knapa ya..?

    • kosong dan beranginnya gimana mas?keliatan di radiatornya kah?heat level motor gimana?semburan baliknya dari tutup radiator atau langsung tiba-tiba tangki cadangan meluap?

  7. Salam kenal ya,
    Saya pernah mangalami hal serupa di CBR, tapi sekarang teratasi, malahan Nova Sonic sama Nova Dash punya saya semua pake radiator. Dan semua oke. Air radiator akan habis bila terjadi sedikit kebocoran, Baik di selang maupun radiator itu sendiri.

    • wah motornya CBU thailand semua..motor kentjang..aseeeek.. ๐Ÿ˜€
      yap..makanya itu mas..ternyata lumayan cepet efek kebocorannya..kalo udah oke, sip lah..makasih sharingnya.. ๐Ÿ™‚

  8. pagi ini jumat tgl 23 nov 2012 saya nemukan tetesan cairan kehijauan dibawah cs1 saya, motor baru saya beli seminggu yang lalu (motkas cs1 2008) hari minggu tgl 18 nov 2012 udah saya bawa touring dari balikpapan-samarinda-bontang perjalanan kurang lebih 250 km>>>> jadi kepikiran nih……

    • coba dicek di deket raditor ada bekas tetesan nggak..kalo tetesan setelah dibawa jalan mungkin karena air radiator meang tersirkulasi keluar..tapi mending juga diperhatikan soalnya kalo nggak dipakai ada tetesan, mungkin juga ada kebocoran mas.. ๐Ÿ™‚

    • bunyi gimana kang?kalo ceswan yg ane bahas itu nggak sampe kosong, cuma emang jauh di bawah standar..buat balikin ke batas maksimal yg tampak di bodi kiri habis > setengah botol honda radiator coolant.. ๐Ÿ‘ฟ
      mending cek di wadah cadangan di bodi kiri motor dulu..kurang nggak?trus kalo buat jalan berapa bar itu indikator panas?

  9. aku punya casey baru 2 mingu (baru impor dr jakarta), kalo buat ngebut begitu parkir ada banyak bercak putih cairan coolant di mesin. tp belum coba mengencangkan klem. besok tak bawae ke ahass kediri. apa solusinya

    • banyak nggak kang?kalo dikit, mungkin tetesan normal dari air radiator yg tersirkulasi keluar..tapi kalo banyak, bisa memang bocor..coba cek klemnya..kalo tetep bocor, mungkin ada yg harus diganti..

  10. Apa benar kk, kalo air radiator cs1 cepat habis ? kilometer motor ane baru 2000-an km tp udah nambah air coolant 1 botol…
    n sekarang motor ane mbrebet di rpm 6000-7000, padahal baru servis di ahass…
    apa masalah kita sama ya ?

    • mungkin di klemnya ada yang kurang kenceng..atau kalo kepanasan emang cepet berkurang..untuk jaga-jaga mending emang sering cek tinggi coolant..
      kemaren ceswan yang ane bawajuga sempet mbrebet di 7000an rpm, tapi ane bawa ke ahass jombor, pusat ahass di jogja..alhamdulillah udah beres..tapi sebelumnya di ahass lain emang kurang mantep..coba ke ahass yang lebih gedhe aja.. ๐Ÿ™‚

          • permisi lg kang, pengen nanya lagi nih…
            kalo panas radiator yang wajar berapa ya ? 3 atau 4 bar ?
            soalnya motor saya cepat menyentuh ke 3 atau 4 bar dan kalau jalanan macet bisa nyampe 5 atau 6 bar…
            terakhir nih kang, biar radiator tetap bagus apa mesti diservice radiatornya atau mungkin harus dikuras ?
            maaf kang kepanjangan hehe ๐Ÿ™‚

            • kalo keadaan jalan normal mas di 3 bar..kalo agak macet 4 bar dan rekor di 5 bar pas bermasalah itu..
              udah berapa lama atau berapa km mas motornya?mungkin udah waktunya service bersihin radiator dan ganti cairan radiator mas.. ๐Ÿ™‚

  11. halo
    saya penunggang CS1 kurang lebih 1,8tahun,selama itu 4 bulan pertama serasa jawara kota walaupun awal naik mtr kopling ini sering mati,mulai bulan ke 5,mulai timbul masalah,mesin mbrebet ketika RPM turun lalu waktu ditarik gas nya nyampe 4000 Rpm malah turun sampai mati,padahal gas saya tarik,udah di coba utak atik bareng temen yg pnya masalah sama,punya dia sembuh,punya saya belum,itu sebenernya masalah di apanya ya?karbu?filter?spuyer?CDI?
    penyakit ini gak sembuh2,tapi setelah kira2 2 bulan ini,penyakitnya gak kumat,
    tapi muncul masalah baru nih, waktu gas saya tarik nyampe RPM 7000-8000 gas mbrebet,naiknya berat,ganggu bget lah buat lari nya,kata mekaniknya di ahass coba ganti businya,awalnya oke,tapi cuma bertahan beberapa hari aja,kumat lagi,apakah kali ini CDI nya bermasalah?bensin saya ganti pertamax sesuai saran mekanik ahass pun sama aja,tapi pke pertamax memang bisa ngangkat larinya,tapi tetep aja ada mbrebetnya di RPM 7000-8000 dan ketika gas saya panjer, teru terang saya teramat sangat terganggu dengan penyakit ini.karena saya suka jalan kenceng dan tiap hari luar kota PP(demak-semarang),mohon solusinya,thanks a lot

    • mbrebet mungkin masalah di karburator kotor atau mungkin juga di CDI..ada temen yang punya CBR, pas digeber mbrebet, ternyata memang CDI yang bermasalah..udah dicoba dicek CDI nya?
      mengenai CS1 yang di rpm 7000 terasa mbrebet, cs1 yang ane bahas belakangan juga terasa mbrebet..ini ane lagi antre di AHASS buat ngecek semuanya kang.. ๐Ÿ™‚

  12. motor cs1 ane awalnya jg bocor mirip dgn ente…angkat bagasi dan kencengin klemnya beres…ane sblum beli udh survei di blog2 sperti ini tntang klemahan cs1..stelah tau klemahannya ane putuskn tetep beli mtor ini dan langsung ane dandanin…kgak masalah….

    • sip..kemaren juga udah dibenerin klemnya..tapi bingung juga masalah sekarang, motor diparkir tapi kok radiator coolant keluar dari saluran pembuangan..bukannya biasanya kalo pas jalan dan panas ya?

    • oiya belum diupdate lagi..hehehe..kemaren pada akhirnya dibongkar bagian salurannya dan dikencengin ulang..sekarang sih udah lumayan enak..panas juga stabil..tapi ya memang kayaknya sirkulasi cairan pendinginnya cepet..

  13. klemnya aja dikencengin mas & baiknya klem2 tsb rutin dicek karena namanya karet kena panas ya lama-lama agak longgar, apalagi umur pemakaian sudah di atas 2 thn. saya pernah juga tapi saya kencengin sendiri aja, sampai sekarang nggak masalah.

    • yup..besok rencana dibawa ke ahass juga..cuma yg jadi masalah ini motor baru 6 bulan, km nya aja baru 2 ribu an..kok udah kayak gitu..semoga besok trus bener deh..matur nuwun.. ๐Ÿ™‚