helm half face vs helm full face

Assalamu’alaikum wr. wb..

Jujur, coretan kali ini terinspirasi gara-gara pengalaman pribadi dan lebih-lebih pengen dicoretkan karena mendengar kabar seorang kerabat dari teman yang mengenakan helm half face saat mengalami kecelakaan ..

beberapa tahun lalu, nbsusanto pernah mengalami kecelakaan tunggal..saat itu kombinasi ngerem yang kurang pas, disertai keadaan aspal jalan yang masih basah setelah hujan dan sedikit bergelombang..alhamdulillah saat itu nbsusanto mengenakan helm half face jadi tidak mengalami luka yang cukup parah sehingga tetep nekat riding ke sekolah.. pada saat itu, sesampai di sekolah nbsusanto sempet tak sadarkan diri beberapa saat (beberapa detik atau menit nggak tau) karena dagu mengeluarkan darah..setelah sadar oleh pak guru dan 2 orang temen dibawa ke RS dan langsung masuk UGD..ternyata dagu ini mendapat 3 jahitan karena nggasruk aspal dan helm half face tak mampu melindunginya..

E lhadalah, kemaren dapat kabar dari temen..kerabatnya kecelakaan tunggal di jalan juga..jatuh dari motor dan bagian kepala kena batu..si kerabat temen pun sempat tak sadarkan diri dan dibawa ke RS..bagian mulut pun harus mendapat jahitan..padahal kerabat temen itu juga mengenakan helm half face.. saat ngobrol dengan temen yang lain pun, saat dia denger analisis nbsusanto tentang pemakaian helm half face pada kerabat- temen yang kecelakaan itu, dia bersyukur karena sekarang pengguna helm full face..

Jikalau menggunakan helm full face mungkin akan berbeda..mungkin akan lebih meminimalisir efek jika sampai terjadi benturan..paling nggak, menambah keamanan di bagian dagu dan mulut..walaupun mungkin kalo nasib memang seperti itu, setidaknya ada ikhtiar dan usaha untuk meminimalkan efek yang terjadi..

Bukan maksud menyinggung penggunaan half face karena jujur hingga saat ini nbsusanto masih lebih sering pake helm half face dibanding helm full face..alasannya salah satu nya karena kaca pelangi helm half face nbsusanto lebih teduh dari kaca bening helm full face di siang hari..

Jadi, mau helm half face atau helm full face?yang pasti, gunakan helm pada saat mengendarai motor dan tetap safety riding..

Sekian dan terima kasih.. 🙂

*gambar helm full face dari pertamax7.wp.com

Wassalamu’alaikum wr. wb..

Advertisements

15 Komentar

  1. kalo helm yang cangkang terkesan keci apa om? kmren liat2 NHK kok kesannya gde gitu ya dliat dr blkg, kalo bakule nyaranke VOG ktnya lbh kecil,,emang beda2 ya walo ukurane sama2 M ato L misale, tergantung merek kah?

    • kayaknya kalo ukuran tiap merk emang ada perbedaan kang..kemaren nyoba helmnya temen KYT nggak tau seri apa, eh susah banget kepala mau masuk..padahal pake helm lain bisa masuk lumayan lega.. :mrgreen:
      emang kalo milih helm mending dicoba dan dicari yang paling nyaman.. 🙂

monggo tanggapannya.....