istirahat sejenak di masjid agung jawa tengah

assalamu’alaikum wr. wb..

menjelang lebaran, tentu banyak warga masyarakat yang mudik..setelah dolan ke Semarang dan dapet oleh-oleh 2 tulisan tentang jalur mudik yogya-semarang lewat magelang maupun  jalur mudik yogya-semarang lewat boyolali, masih ada oleh-oleh lagi, kini nbsusanto nyoba share tempat yang mungkin bisa dijadikan tujuan wisata saat lebaran, yaitu Masjid Agung Jawa Tengah yang terletak di kota Semarang..

masjid agung

masjid agung yang terletak di bagian agak timur kota Semarang (cmiiw :mrgreen: ) ini diresmikan pada akhir tahun 2006 oleh presiden SBY..berikut prasasti peresmiannya :

DSC02087

pada saat nbsusanto dolan ke masjid ini, 4 dari 6 payung besar di masjid ini dibuka dan sedang dilakukan perbaikan di beberapa tempat :

DSC02102

ketika memandang ke arah luar bagian depan masjid akan tampak taman yg lumayan enak dipandang seperti ini  :

DSC02137

selanjutnya saat melihat ke arah selatan akan tampak sebuah menara bertingkat 19 yang bisa dinaiki oleh pengunjung dengan bayaran 5000 rupiah per orang..oiya, pada lantai 2 dan 3 terdapat museum perkembangan Islam dan pada lantai 18 terdapat resto putar, serta di lantai teratas, yaitu lantai 19 sebagai menara pandang :

DSC02080

setelah masuk dan naik ke lantai 19, angin kencang pun menyambut dan beginilah suasana di lantai 19 :

DSC02174

di lantai 19 ini juga terdapat beberapa teropong yang dapat digunakan pengunjung dengan biaya seribu rupiah per orang untuk waktu pemakaian 1,5 menit :

DSC02166

dari puncak menara ini, terlihat penampakan kota semarang dari atas :

DSC02155

di salah satu sisi tampak jalan tol yang melintasi kota Semarang :

DSC02157

di sisi lain, tampak bangunan menjulang yang tampaknya pernah nbsusanto liat sebelumnya..setelah diinget-inget, kalo nggak salah itu bangunan gedung western star yg dikunjungi pas stulap kemaren :

DSC02151

dan tentu saja tak ketinggalan tampak atas dari bangunan Masjid Agung Jawa Tengah itu sendiri :

DSC02164

jika ke Semarang, masjid ini bisa menjadi salah satu alternatif tempat tujuan wisata lebaran tahun ini maupun di momen-momen lain..kalo di perjalanan pun lumayan lah bisa mampir sholat sekaligus ngaso sebentar.. 🙂

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

Advertisements

9 Komentar

  1. terima kasih telah menyajikan sesuatu yang terbaik, dan ini memberikan ide buat kita semua agar selalu belajar dari seseorang meskipun orang itu tidak kita kenal, dan sukses selalu buat anda yang telah menginspirasi kita semua!

  2. Mungkin kalau sekarang sudah mengalami perubahan ya mas.. saya pernah ke sini waktu tahun 2008 udah lama banget, hahaha..

    Sampeyan aslinya bantul toh mas? btw, bantul kampungnya ibuk saya juga mas, hehe

    • kemungkinan begitu walau renovasi sedikit demi sedikit untuk memperindahnya.. di taun 2008 kondisinya gimana kah? hehehe..
      iya mas saya asli bantul.. kampung di bantulnya dimana mas?

1 Trackback / Pingback

  1. ke masjid kubah emas dian al mahri di hari ahad | kankkunk - blognya nbsusanto

monggo tanggapannya.....