pentingkah jam digital di speedometer?

assalamu’alaikum wr. wb..

sekadar opini ringan..speedometer adalah salah satu bagian yang sering ditengok pada saat riding untuk sekadar ngecek kecepatan motor dan sisa bensin di tangki..di beberapa motor juga terdapat beberapa indikator tambahan seperti posisi gear ataupun tachometer..bahkan di beberapa speedometer motor juga terdapat jam digital..

^ speedometer Honda CBR 1000 RR a.k.a Fireblade ini sangatlah komplet..semua indikator ada..

ngomong-ngomong, penting nggak sih jam digital di speedometer?

sekadar basa-basi, seringkali di jalanan kita menjumpai orang-orang yang memegang hp pada saat riding..pernah juga ada orang kecelakaan gara-gara asyik maen hp sambil riding hingga menabrak orang..saat saksi mengatakan kalo si pelaku riding sambil maen hp, dia berkilah sedang melihat jam di hp nya..pernah denger juga ada seorang oknum polisi maen hp dan ditegur seseorang, alasannya juga sedang melihat jam tangan..

sampai saat ini hanya beberapa motor yang di speedometernya terdapat jam Β digital..

^ speedometer kawasaki ninja 250 r fi

^ speedometer tvs apache rtr 180

^ speedometer honda cbr 150 r fi

 

^ speedometer honda new megapro

^ speedometer bajaj pulsar 200NS

^ speedometer suzuki gw 250 inazuma

speedometer yang masih semi digital (tachometer analog) malah lumayan lengkap..sayang speedometer yg full digital di motor < 200 cc berharga terjangkau di Indonesia belum ada jam digitalnya..contohnya :

^ speedometer yamaha byson

^ speedometer honda cs1

^ speedometer suzuki fxr 150

^ speedometer tvs tormax 150

seandainya saja, di panel speedometer terdapat jam digital, cara mengelak orang-orang itu tadi akanΒ sangat kuno..terlebih juga lebih sedikit memakan waktu untuk langsung menengok jam di speedometer dibanding menarik hp untuk menengok jam maupun menengok jam di pergelangan tangan kiri sehingga orang-orang tidak perlu melihat layar hp untuk melihat jam..

cukuplah sisihkan 2 x 1 cm ruang di sekitar speedometer sudah cukup..sedikit tempat itu akan bermanfaat bagi sebagian orang..dan semoga saja ATPM mendengarkan..tak ada salahnya juga motor dengan speedometer analog dilengkapi jam digital.. πŸ™‚

sekian dan terima kasih.. πŸ™‚

wassalamu’alaikum wr. wb..

Advertisements

14 Komentar

  1. Ini yang jadi slaah satu pertimbangan ane waktu mau beli motor gan…
    ane dl pgn beli antara Megapro atau Byson,,akhir nya ane pilih megapro salah satu nya karena jam nya,, πŸ˜€ berguna banget fitur ini..saat ane naik verza yg ga da jam nya malah jadi kagok, jadi kehilangan sense of time, serasa di blackhole yang gag jelas arah nya….#LEBAY

  2. Menurutku enggak perlu nungguin ATPM bikinin jam digital di spedo, Pake jam tangan sudah cukup, atau pasang jam digital sendiri di spedometer..
    Berdasarkan survey, butuh 10 s/d 15 detik untuk mengambil HP dan melongok jam sampai menggembalikannya ke kantong, kalau motor jalan dalam kecepatan 40 km/h dalam 10 detik akan berjalan 600 meter.. (jarak meleng yang cukup panjang…!)

monggo tanggapannya.....