tes konsumsi bbm supra x 125 taun 2006, per liter 53 km

assalamu’alaikum wr. wb..

setelah si supra x 125 waras dan baut penutup tap oli tidak lagi bermasalah (walau harus naik 1 step), si supra pun menjalani rutinitas harian, yaitu membelah bantul dan yogya untuk sampai ke kampus.. *halah 馃槅 dan begitu pulang malem, kepikiran buat tes konsumsi bensin si supra..lumayan lah sekadar iseng-iseng pengen tau konsumsi BBM si supra yang menemani dari Mei 2006.. 馃榾

oiya sebelumnya berikut sedikit keterangan dari si Honda Supra X 125R generasi pertama (NF 125 SC) yang dites konsumsi bbmnya :

– mesin dan segala peranti berkait dengan mesin masih standar

– bbm premium

– terakhir dibawa servis ke AHASS sekitar 4000 km yang lalu sebelum dibawa touring ke pacitan, dan saat itu ganti busi..tapi ganti oli tetep tiap 2000 km

– bobot rider < 60 kg

dan mulai saja..berikut kilometer saat full tank dengan premium..oiya, sebelumnya nbsusanto menjanjikan pada si supra ini kalo saat isi full tank berikutnya sekalian mengakhiri tes ini untuk dipenuhi dengan pertamax..iseng aja siapa tau ngaruh..walau pengujian juga tetep pake premium.. 馃槅

buat kuliah 2 hari..lumayan juga, walau sedang tes konsumsi bbm, bukan berarti kecepatan maksimal 60 kpj atau shifting gear lebih cepet..tetep ala kebiasaan, bahkan kadang agak waton..nggak jarang dari gear 2 ke 3 sekitar 50-60 kpj, dan pindah dari 2 ke 3 di kecepatan > 60 kpj juga bukan hal yang tabu..pindah gear dari 3 ke 4 pun seperti biasa, nggak jarang di atas 80 kpj, dan pindah gear 3 ke 4 di sekitar 90an kpj juga bukan hal yang dihindari..walau untuk kecepatan tertinggi saat tes cuma sedikit di atas 105 kpj, mungkin 107 kpj atau berapa..embuh.. :mrgreen:

jalan yang dilalui pun nggak cuma satu tipe saja, yaitu jalan pinggir sawah dan jalan perkotaan..kota Yogyakarta pun sekarang belum tentu di lampu merah lancar.. 馃懣 berangkat dan pulang ala jam kuliah..berangkat pagi dan agak pagi..pulang siang dan petang..

dan hasilnya adalah..balik ke SPBU saat pengisian awal..seperti yang dijanjikan, si supra 125 diisi pertamax..dan berikut hasilnya :

tepat banget Rp 20.000 alias 2liter pertamax dan tangki bbm penuh banget..dan ketika melihat odometer :

dan kalo dihitung : (80514,3-80622,2)/2 = 53,95 kpl atau dibulatkan saja聽53,9 kpl..

angka ini cukup membuat nbsusanto cukup kaget..takutnya si supra udah boros banget soalnya nga pernah bener-bener diitung detail..tapi ternyata ya PP kampus sehari butuh sekitar 1 liter..

jadi..gimana ya..apa gara-gara diiming-imingi pertamax trus bikin si supra biru ini nggak rakus?atau faktor bobot rider juga? 馃槅 tapi inget pas touring ke pacitan itu bbm 7 liter cukup untuk jarak hampir 400 km..tapi kan ya jalanan luar kota walau keadaan jalan juga kayak gitu.. 馃檪

overall..alhamdulillah..puas juga konsumsi BBM si supra masih segitu dan kalo waras emang mantep ni supra biru..apalagi mengingat usia motor, kilometer yang ditempuh maupun seberapa ngawurnya nbsusanto bersama motor ini.. 馃榾 misi selanjutnya njajal yamalube carbon cleaner buat bersihin kerak di jeroan motor ini..tapi nunggu efek pertamax habis dulu lah biar ketauan gimana impresinya.. :mrgreen:

semoga diriku tetap bisa merawatmu selalu, nak..semoga angan yang tersimpan dan berkaitan denganmu ini bisa terwujud.. 馃檪

sekian dan terima kasih.. 馃檪

wassalamu’alaikum wr. wb..

Advertisements

31 Komentar

  1. kang. supra saya 2007 konsumsi bbmnya sekitar 35 Km/L itu tergolong irit apa enggak. uda pernah servis bongkar mesin. abis ini mau tune up sekalian ganti kamvrat. kata mekanink langganan saya kamvratnya minta ganti…

      • enduro resing ama yang biasa mesin cepet panas yang mana?
        klo ahass nyaranin pake supreme xx ato repsol yang 15w50. ada pengalaman make oli ini?

        • waduh nggak terlalu merhatiin, tapi sama-sama nggak kepanasen kok..enduro racing buat trip > 100 km juga tetep enak nggak kepanasen tu mesin.. 馃檪
          kalo motor supra x 100 dulu pake supreme xx lumayan enak..kalo pake spx1 orange (tg katanya formula repsol), di supra 125 2009 juga enak.. 馃檪

  2. memang bener” irit, kebetulan ane bru beli supra helm in FI buat adik, tenaganya lebih galak suprax125D yg lama gan… tp kok boros yaa, apa mungkin masi baru jd settingan boross…

  3. kcelakaan,,sy juga ngalami,mungkn skitar 7 x,maklum dlu suka ugal2an gas puoll,5x jatuh trsungkur karepe dwe,yg 1x srempetn,yg 1lgi tabrakan,alhmdulillah slmt,pdhal saat tu kcpatn di ats 80kpj lbih,si yaynk juga dh sllu ngingetin,tp ht ku gk mghiraukn,skrg udh gk brani ugal2lan slap slip kayak valentino rossi..hi hihiii,hualahhh opo kuwi,syang nyawa,tiap mo brangkt tk lupa bc fatehah dn ayat kursyi,insya Alloh aman,

    • sip..ati-ati di jalan kang..soalnya kadang walaupun udah ati-ati, ada juga orang lain yang ngawur..sekarang kudu bener-bener ati-ati dan nggak lupa ngawasin kiri kanan depan belakang.. 馃檪

  4. Sipp..artikelnya mengulas mtor lawas,gak boseni,supra x125 emg juos,bandel,saudaraku punya palah gak prnah gnti oli ,staun cuma 2x,tp tiap hri cuma jalan 6km pp,pdhal dh tk ingeti,bilangnya yg penting gak smpe garing,..y wislah wong rak tau gwe ngebut!!

    • wah ya kalo udah gitu mau gimana lagi..tapi kalo sehari cuma 12 km x 30 hari dapet 360 km / bulan..dikali 6 bulan dapet 2160 km..ya asal nggak dibawah standar dan nggak lebih dari itu semoga tetep awetlah.. 馃檪

monggo tanggapannya.....