Tentang iklan-iklan ini

tes konsumsi bbm supra x 125 taun 2006, per liter 53 km

assalamu’alaikum wr. wb..

setelah si supra x 125 waras dan baut penutup tap oli tidak lagi bermasalah (walau harus naik 1 step), si supra pun menjalani rutinitas harian, yaitu membelah bantul dan yogya untuk sampai ke kampus.. *halah :lol: dan begitu pulang malem, kepikiran buat tes konsumsi bensin si supra..lumayan lah sekadar iseng-iseng pengen tau konsumsi BBM si supra yang menemani dari Mei 2006.. :D

oiya sebelumnya berikut sedikit keterangan dari si Honda Supra X 125R generasi pertama (NF 125 SC) yang dites konsumsi bbmnya :

- mesin dan segala peranti berkait dengan mesin masih standar

- bbm premium

- terakhir dibawa servis ke AHASS sekitar 4000 km yang lalu sebelum dibawa touring ke pacitan, dan saat itu ganti busi..tapi ganti oli tetep tiap 2000 km

- bobot rider < 60 kg

dan mulai saja..berikut kilometer saat full tank dengan premium..oiya, sebelumnya nbsusanto menjanjikan pada si supra ini kalo saat isi full tank berikutnya sekalian mengakhiri tes ini untuk dipenuhi dengan pertamax..iseng aja siapa tau ngaruh..walau pengujian juga tetep pake premium.. :lol:

buat kuliah 2 hari..lumayan juga, walau sedang tes konsumsi bbm, bukan berarti kecepatan maksimal 60 kpj atau shifting gear lebih cepet..tetep ala kebiasaan, bahkan kadang agak waton..nggak jarang dari gear 2 ke 3 sekitar 50-60 kpj, dan pindah dari 2 ke 3 di kecepatan > 60 kpj juga bukan hal yang tabu..pindah gear dari 3 ke 4 pun seperti biasa, nggak jarang di atas 80 kpj, dan pindah gear 3 ke 4 di sekitar 90an kpj juga bukan hal yang dihindari..walau untuk kecepatan tertinggi saat tes cuma sedikit di atas 105 kpj, mungkin 107 kpj atau berapa..embuh.. :mrgreen:

jalan yang dilalui pun nggak cuma satu tipe saja, yaitu jalan pinggir sawah dan jalan perkotaan..kota Yogyakarta pun sekarang belum tentu di lampu merah lancar.. :evil: berangkat dan pulang ala jam kuliah..berangkat pagi dan agak pagi..pulang siang dan petang..

dan hasilnya adalah..balik ke SPBU saat pengisian awal..seperti yang dijanjikan, si supra 125 diisi pertamax..dan berikut hasilnya :

tepat banget Rp 20.000 alias 2liter pertamax dan tangki bbm penuh banget..dan ketika melihat odometer :

dan kalo dihitung : (80514,3-80622,2)/2 = 53,95 kpl atau dibulatkan saja 53,9 kpl..

angka ini cukup membuat nbsusanto cukup kaget..takutnya si supra udah boros banget soalnya nga pernah bener-bener diitung detail..tapi ternyata ya PP kampus sehari butuh sekitar 1 liter..

jadi..gimana ya..apa gara-gara diiming-imingi pertamax trus bikin si supra biru ini nggak rakus?atau faktor bobot rider juga? :lol: tapi inget pas touring ke pacitan itu bbm 7 liter cukup untuk jarak hampir 400 km..tapi kan ya jalanan luar kota walau keadaan jalan juga kayak gitu.. :)

overall..alhamdulillah..puas juga konsumsi BBM si supra masih segitu dan kalo waras emang mantep ni supra biru..apalagi mengingat usia motor, kilometer yang ditempuh maupun seberapa ngawurnya nbsusanto bersama motor ini.. :D misi selanjutnya njajal yamalube carbon cleaner buat bersihin kerak di jeroan motor ini..tapi nunggu efek pertamax habis dulu lah biar ketauan gimana impresinya.. :mrgreen:

semoga diriku tetap bisa merawatmu selalu, nak..semoga angan yang tersimpan dan berkaitan denganmu ini bisa terwujud.. :)

sekian dan terima kasih.. :)

wassalamu’alaikum wr. wb..

Tentang iklan-iklan ini

Posted on September 14, 2012, in Motor and tagged , . Bookmark the permalink. 27 Komentar.

  1. Wow, iritnya. Ane percaya gan Supra 125 keluaran pertama memang josss. Kapan hari nyoba punya teman, boncengan bisa nyentuh 107 km / jam. Z1 ane kalah ini kayaknya :)

    Suka

  2. punyaku,hsx2008 karbu ijeh mampu 55-58 km/l mas.. padahal yo sering yak2an jg kalo jiwa alaynya kumat.. kalo topspeed di gps HP nokiyem jadulku cuma 102,xx km/h.. tp di speedo 120an.. :twisted: parah bgt mlencenge.. :mrgreen:

    Suka

    • mantep bisa 55-58..punyaku tembus segitu kalo tak bawa ke luar kota sih.. :mrgreen:
      kalo top speed gps kurang tau..kalo via speedometer sih tembus 120 kpj juga..standar supra 125 lah.. :mrgreen:

      Suka

  3. Kiometer dah berapa ya?
    Kan bisa juga tahun 2006 tapi baru 35.000km.
    heheheh.
    Peace om

    Suka

  4. emang manteb gan…..bolak-balik kalimalang sudirman 2 liter seminggu gan..asoooyyyyyy

    Suka

  5. Sipp..artikelnya mengulas mtor lawas,gak boseni,supra x125 emg juos,bandel,saudaraku punya palah gak prnah gnti oli ,staun cuma 2x,tp tiap hri cuma jalan 6km pp,pdhal dh tk ingeti,bilangnya yg penting gak smpe garing,..y wislah wong rak tau gwe ngebut!!

    Suka

    • wah ya kalo udah gitu mau gimana lagi..tapi kalo sehari cuma 12 km x 30 hari dapet 360 km / bulan..dikali 6 bulan dapet 2160 km..ya asal nggak dibawah standar dan nggak lebih dari itu semoga tetep awetlah.. :)

      Suka

  6. kcelakaan,,sy juga ngalami,mungkn skitar 7 x,maklum dlu suka ugal2an gas puoll,5x jatuh trsungkur karepe dwe,yg 1x srempetn,yg 1lgi tabrakan,alhmdulillah slmt,pdhal saat tu kcpatn di ats 80kpj lbih,si yaynk juga dh sllu ngingetin,tp ht ku gk mghiraukn,skrg udh gk brani ugal2lan slap slip kayak valentino rossi..hi hihiii,hualahhh opo kuwi,syang nyawa,tiap mo brangkt tk lupa bc fatehah dn ayat kursyi,insya Alloh aman,

    Suka

  7. memang bener” irit, kebetulan ane bru beli supra helm in FI buat adik, tenaganya lebih galak suprax125D yg lama gan… tp kok boros yaa, apa mungkin masi baru jd settingan boross…

    Suka

  8. kl oli top one booss, ane gigi 2 sampe 80km/jam, gigi 3 100km/jam hehe

    Suka

  9. supra x 125 2006 biasa pake oli apa? ada rekomendasi oli yang cocok

    Suka

  10. kalo supra 125 ane pake enduro racing..enteng banget rasanya..kalo enduro biasa sedikit lebih berat dibanding enduro racing.. :)

    Suka

  11. enduro resing ama yang biasa mesin cepet panas yang mana?
    klo ahass nyaranin pake supreme xx ato repsol yang 15w50. ada pengalaman make oli ini?

    Suka

  12. waduh nggak terlalu merhatiin, tapi sama-sama nggak kepanasen kok..enduro racing buat trip > 100 km juga tetep enak nggak kepanasen tu mesin.. :)
    kalo motor supra x 100 dulu pake supreme xx lumayan enak..kalo pake spx1 orange (tg katanya formula repsol), di supra 125 2009 juga enak.. :)

    Suka

  1. Ping-balik: tes konsumsi bbm cs1, dibawa pecicilan cuma 35 kmpl pertamax « kankkunk – blognya nbsusanto

  2. Ping-balik: njajal yamalube carbon cleaner di supra x 125 taun 2006 « kankkunk – blognya nbsusanto

  3. Ping-balik: tes akurasi odometer supra x 125 dengan aplikasi runtastic « kankkunk – blognya nbsusanto

monggo tanggapannya.. :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 224 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: