dolan ke bendung sapon di kali progo

assalamu’alaikum wr. wb..

setelah lama nggak sepedaan sendiri di pagi hari, kemaren sabtu nbsusanto kembali sepedaan sendiri..tujuannya adalah ke bendung di sudo, batas bantul-kulon progo yang sebelumnya sudah pernah di-dolan-i..tapi kali ini berbeda karena sampai disana masih sekitar jam 5.20..ya maklum deket, paling sekitar 10 hingga belasan menitan lah perjalanan..niatnya sih pengen tau nama bendungnya buat nglengkapin tugas kuliah irigasi bangunan air..tapi lumayan juga buat dolan.. :mrgreen:

DSC03930

sesampainya di jembatan bendung sudo, masih sepi banget..ya maklum aktivitas warga pun belum terlalu banyak..

bendung sapon yang terletak di Dukuh Sapon, Desa Sidorejo, Kecamatan Lendah, Kabupaten Kulonprogo ini diresmikan pada tahun 2010 oleh menteri pekerjaan umum, yaitu bapak Djoko Kirmanto..

DSC03856

oiya, jembatan di bendung ini juga merupakan salah satu jalan alternatif untuk menyingkat perjalanan, misalnya dari srandakan bagian timur ke nanggulan, daripada harus memutar lewat jembatan srandakan, motor dan sepeda banyak yang memilih jalan ini..bapaknya nbsusanto juga bilang kalo menyingkat waktu perjalanan sekitar 10 menit..

DSC03933

pada dolan kali ini, nbsusanto mendapati kali progo airnya tak sebanyak pada saat dolan sebelumnya..ya wajar sih bulan september ini masih musim kemarau, jika dibandingkan bulan februari yang masih musim hujan..

DSC03843

DSC03844

DSC03849

DSC03852

DSC03863

tapi walaupun begitu, debit dari kali progo masih mencukupi untuk mengaliri jalur irigasi di kulon progo..

DSC03872

DSC03868

DSC03886

DSC03895

DSC03908

Daerah Irigasi Sapon mencapai 2.250 Ha yang berada di 3 kecamatan yaitu Panjatan, Galur dan Temon Kulon Progo..

data mengenai bendung sapon selengkapnya ada di  website PU tentang Bendung Sapon disini..

ya lumayan lah..kelengkapan tugas dapet, keringet dapet, refreshing juga dapet.. 😀

di bendung sapon

gambar dijepret dengan Sony W570..

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

Advertisements

6 Komentar

  1. ini yang kalau dari jembatan progo (srandakan) kalau dari arah barat belok arah utara terus to mas? & pemandangannya ajib lho kalau pas hijau 🙂

monggo tanggapannya.....