njajal yamalube carbon cleaner di supra x 125 taun 2006

assalamu’alaikum wr. wb..

setelah tes konsumsi bbm si supra 125 selesai beberapa hari lalu, saatnya mencoba khasiat jamu yamalube carbon cleaner yang menurut beberapa sumber dapat digunakan berbagai merk motor untuk emmbersihkan kotoran dalam mesin..sengaja dipilih jarak beberapa hari agar efek dari pertamax yang sempat masuk tangki si supra sudah hilang dan review ini berjalan dengan kondisi normal bbm premium.. πŸ™‚

produk carbon cleaner dari pabrikan Yamaha ini didapat di salah satu dealer Yamaha, tepatnya di Sumber Baru Agung Yogyakarta dengan harga seperti tercantum dalam HET, yaitu Rp 21.000,-.. belinya sebenernya juga cuma nitip temen yang ke beres Yamaha ini sih.. :mrgreen:

oiya, Yamalube Carbon Cleaner ini tersimpan dalam sebuah botol dengan kapasitas 75 mL..menurut berbagai sumber, YCC ini bisa dipakai untuk motor tidak hanya bermerk Yamaha..iseng-iseng nyoba lah di Supra 125.. :mrgreen: sempet cari beberapa referensi, dan nemu blognya kang kenthoet, blognya kang nichoz ahmad, dan di warung sejutaumat.com..ya walaupun yang dites motor Yamaha, tapi nggak papa lah..nekat aja malem-malem ngisiin YCC ke tangki Supra 125 yang sebelumnya diisi full tank pertamax premium πŸ˜†

berhubung 1 botol 75 mL katanya buat 5 liter BBM sementara tangki si supra 125 cuma 3,7 liter, yang 15mL disumbangin ke astrea 800 dan sisanya 60 mL dituang ke tangki supra..setelah selesai dituang, tinggal tidur lah.. :mrgreen: oiya, YCC memilikikaraktyer mirip bensin kayaknya, soalnya pas nyumbang YCC ke astrea 800 pake suntikan bekas wadah tinta printer yg ada karetnya, dan karetnya langsung kerasa seret karena membesar..

paginya saat si supra 125 diidupin dengan kick starter, cukup 1 kali pancal mesin udah hidup..langsung berasa efeknya kah?dan ketika diajak jalan dengan mode normal, memang terasa raungan mesin lebih halus hingga beberapa kali pindah gear saat hampir batas gara-gara tarikannya keenaken.. πŸ˜† oiya, setelah lebih dari sehari, efeknya kalo nghidupin terasa lebih enak walau belum tentu sekali pancal langsung hidup..tarikan awal emang nggak langsung nyendal, tapi lumayan ngisi setelah gas dibuka..saat pindah gear terasa agak keras, tapi tetep nyaman kok.. πŸ˜€ kalo diinget-inget, serupa dengan efek pengisian pertamax dimana motor lebih enak tarikannya..mungkin memang si supra 125 udah banyak keraknya?mboh lah..belum pernah dibongkar mesinnya..padahal udah > 81 ribu km..mungkin juga gara-gara taun lalu sempet rutin pertamax beberapa bulan akhir taun (cuma beberapa bulan tok, mahal, mulai taun ini balik premium lagi..sesekali pertamax pas pengen :mrgreen: )

dengan harga 21 ribu, lumayan lah YCC ini untuk motor yang jam kerjanya sudah tinggi..dan lumayan juga buat orang yang males ke bengkel buat servis motor.. :mrgreen: *males kalo bengkelnya waton, walau kalo masanya ganti oli ya diganti aja tanpa harus servis/ganti sendiri* walau mungkin nggak bersihin kerak sampai bersih, setidaknya daripada nggak dibersihin lah.. πŸ˜€

sekian dan terima kasih.. πŸ™‚

wassalamu’alaikum wr. wb..

Advertisements

28 Komentar

    • cuma disemprot oli sedikit kang..paling efek ngebul cuma bentar..kalo agak kebanyakan juga netes dari lubang di bawah knalpot..ya gimana lagi, belum tau cara lain..hehe.. πŸ™‚

  1. om kalo ngrumat knalpot supra ne apa masih dgn cara digrujug pake oli ato gmn? soale jaman skrg kyke dh jarang liat knalpot ngebul disiram oli,,opo ono cara baru yo? suwun

    • emang jarang sih kang..kalo ane masukin oli ke knalpot gitu juga jarang..malah belum tau kalo ada cara lain kang..atau cuma sekadar disemprot dikit jadi nggak terlalu ngebul mungkin.. πŸ™‚

monggo tanggapannya.....