kalibrasi antar aplikasi berbasis satelit di 1 alat pun berbeda..trus gimana?

assalamu’alaikum wr. wb..

seringkali di dunia maya terdapat perbincangan mengenai akurasi speedometer dibandingkan dengan GPS..terkadang yang digunakan adalah GPS sekelas Garmin..tapi bagi yang mau berGPS ria tanpa Garmin yang lumayan harganya, aplikasi di Android bisa dijadikan pilihan..tak jarang aplikasi macam Speedview, Runtastic, dll digunakan untuk membandingkan keakuratan speedometer kendaraan..tapi apakah cukup akurat?mumpung nbsusanto dapet pinjeman Android, lumayanlah dicoba.. πŸ™‚

awalnya nbsusanto agak pesimis dengan keisengan ini karena Android yang nbsusanto gunakan nggak ada kartu untuk koneksi internet..tapi tetep aja nekat, apalagi wifi di kampus lumayan juga buat download beberapa aplikasi..dan aplikasi yang nbsusanto adalah Runtastic dan GPS Speed Graph..awalnya pengen njajal Speedview, sayangnya pas mau didownload dari Play Store, katanya nggak cocok sama HP nya..yaudahlah..download yang lain..toh awalnya juga iseng tanpa kartu ini aplikasi pada bisa jalan nggak.. :mrgreen:

sebelum perjalanan dari kampus, iseng kedua aplikasi dibuka..dan masih tanpa Β kartu operator..cuma GPS satelit yang tertanam di Android ini diaktifkan..sebelum naik motor, kedua aplikasi ini di run dan percobaan pencatatan dengan GPS dimulai.. πŸ™‚ Β Android dicemplungin dalem tas dan tas ditutup..starter motor, dan perjalanan pulang pun terlaksana..

setelah menempuh waktu yang sepantasnya..halah..jogja lumayan padat merayap.. 😐 dengan diselingi mampir ke SPBU utara Tugu karena indikator bensin si supra udah kedip-kedip, perjalanan pun terus berlanjut..memang sengaja nbsusanto nggak ngecek ke dalem tas..males.. :mrgreen: dan setelah sampai di rumah berikut hasilnya :

hasil pencatatan dengan Runtastic :

hasil pencatatan dengan GPS Speed Graph :

walau sama-sama mengambil data dari satelit, tampak jarak yang tercatat oleh Runtastic sejauh 26,37 km lebih sedikit dibanding pencatatan GPS Speed Graph yang menunjukkan angka 26,8 km..lumayan beda 0,43 km.. 😯

tapi ada yang aneh juga..kecepatan rata-rata yang terekam di Runtastic adalah 26,2 kpj..sementara itu di GPS Speed Graph tercatat 26,1 kpj..padahal kalo dilihat, waktu pencatatan di Runtastic sedikit lebih lama karena Runtastic di-run terlebih dulu..

nah..kalo gini mana yang bener?gimana kalo dibandingin dengan Speedview?atau kalo sekalian dibandingin dengan Garmin?

kalo udah gini, nbsusanto balik aja ke odometer motor lah..walau angkanya mestinya beda lagi, tapi mesti lebih sering kepantau..masalah mana yang bener atau mendekati akurat yo mbuh lah..paling nggak, 1 liter buat 50 km masih sisa lah.. #ranyambung :mrgreen:

sekadar tulisan ringan dari pengalaman.. πŸ™‚

sekian dan terima kasih.. πŸ™‚

wassalamu’alaikum wr. wb..

Advertisements

9 Komentar

monggo tanggapannya.....