cs1 ini nggak dipake jalan kok air radiatornya netes?

assalamu’alaikum wr. wb..

hmm..ada yang aneh sama si ceswan..tapi nbsusanto juga nggak tau apa ini emang wajarnya motor ber-radiator atau nggak, soalnya motor-motor yang lain cuma air-cooled..perasaan pernah merhatiin mobil juga nggak segininya..awalnya sih udah ada postingan disini..cuma dulu nggak merhatiin sampe ada tetesan seperti ini nggak..eh lha kok kemaren pas liat ada kayak gini.. 😐

kalo diamati, tampak saluran pembuangan air radiator yang biasanya membuang kelebihan air radiator karena sirkulasi saat mesin panas..dan disitu tampak ada air yang hampir menetes..padahal motor nggak sehabis dari keluar rumah karena berhari-hari cuma nongkrong di dalem rumah..

tampak juga pada lantai, ada sedikit air di tempat motor ini mengahbiskan hari-hari di dalam rumah..

sorenya, si pemilik membawa si ceswan keluar, dan begitu pulang dan motor agak lama diparkir, nbsusanto pun mendatangi si ceswan ini dan melihatnya..

setelah diamati lagi :

ada bekas tetesan air tepat di bawah bagian pembuangan air radiator..apakah si pemilik makenya ekstrim?tapi nbsusanto yakin, seekstrim-ekstrimnya dia, masih lebih ekstrim kalo nbsusanto yang bawa si ceswan..dan selama ini paling panas adalah 4 bar..

memang sih di bagian pembuangan tampak air siap menetes, dan daerah sekitarnya pun tampak bekas air melintas..dan kok warnanya agak menguning ya?

mbuh lah..hingga si ceswan pun masuk rumah..dan ganti harinya..tampak di lantai seperti ini :

tetesan air radiator lagi..hmm..keliatan juga air siap menetes lagi..

bagian baut warnanya kayak gitu, efek dari terlintasi air radiator kah? mbuh lah..kenapa juga ini si ceswan..emang sih nbsusanto udah lama banget nggak pake ini motor..mau dibawa ke AHASS, kira-kira AHASS ngasih solusi apa ya?ntar kalo keulang netes lagi gimana?mungkin langkah awal beli persediaan radiator coolant aja deh..jujur, ini motor enak banget buat riding, posisi ridingnya nyaman..tarikannya lumayan halus..tenaganya cukup mantep.. ya walau lebih boros dibanding supra..tentu saja tetep nyaman supra.. *duwene* :mrgreen:

oiya, trus harus gimana?sayang kalo enaknya motor ini harus bermasalah di bagian pendinginan..

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

Advertisements

19 Komentar

    • nah masalahnya itu baru sekitar 3000 km motornya dipake gan..kalo emang udah lumayan usianya sih ane anggep wajar..tapi ya besok biar di cek bengkel aja deh..hehe..makasih infonya 🙂

      • Kebocoran biasanya di selang radiator yang menempel pada thermostat, Punya ane dl juga gitu gan malah km baru 700 km, akhirnya ane ganti pake klem yang lebih kuat masalah teratasi. kalo takut kenapa2 bawa aja ke ahass toh masih garansi

  1. Ceswan Ane kemarin juga kayak gitu Om,..
    persis seperti itu malah,…
    nah pas ANe bawa servis pertama di AHASS katanya klem2an atasnya kurang rapet, trus dibersihin dan dilem tribon ilang deh tuh bocor nya.
    sekarang tinggal satu masalah lagi, oli suka netes di lubang dekat saringan radiator (di blok mesin sebelah kanan).

        • Sebenarnya bukan seal mech nya yang rusak tapi seal oli yang letaknya sejajar dengan seal mechnya, kalo mau bongkar harus membongkar seal mechnya juga dan biasanya juga akan merusak seal mechanicalnya. kalo masih baru bawa aja ke ahass yang gede gan itu masuk dalam klaim garansi

monggo tanggapannya.....