kalo rombongan dikawal patwal ketemu ambulance, siapa yang ngalah ya?

assalamu’alaikum wr. wb..

sekadar coretan ringan, kalo misalnya, ada rombongan yang entah itu pejabat ataupun konvoi trus ketemu ambulans, siapa yang ngalah ya?

misalnya ambulans di atas sedang melaju membawa pasien dan menyalakan sirine nya untuk meminta jalan, kemudian ketemu dengan kawalan patwal misal seperti ini :

jadinya gimana?

secara di UU No 22 tahun 2009 Bagian Kedelapan tentang Hak Utama Pengguna Jalan untuk Kelancaran di Paragraf 1 “Pengguna Jalan yang Memperoleh Hak Utama” pada Pasal 134 berbunyi sebagai berikut :

Pengguna Jalan yang memperoleh hak utama untuk didahulukan sesuai dengan urutan berikut:

a. Kendaraan pemadam kebakaran yang sedang melaksanakan tugas;

b. ambulans yang mengangkut orang sakit;

c. Kendaraan untuk memberikan pertolongan pada Kecelakaan Lalu Lintas;

d. Kendaraan pimpinan Lembaga Negara Republik Indonesia;

e. Kendaraan pimpinan dan pejabat negara asing serta lembaga internasional yang menjadi tamu negara;

f. iring-iringan pengantar jenazah; dan

g. konvoi dan/atau Kendaraan untuk kepentingan tertentu menurut pertimbangan petugas Kepolisian Negara Republik Indonesia.

 

nah, kalo kendaraan di poin b atau c bertemu dengan d atau g, siapa yang harus ngalah?yang urutan lebih atas, diutamakan kah?

tadi baca di blognya sedulur koboys, yaitu pak dokter alvian disini, dimana pada saat ada ambulans yang terjebak dalam kemacetan, ada rombongan konvoi dikawal patwal dan rombongan konvoi itu masih bisa dengan mudahnya melenggang men-skip lampu lalu lintas..nah lho?

 

*gambar ambulans dari website PMI

sekian dan terima kasih.. πŸ™‚

wassalamu’alaikum wr. wb..

Advertisements

7 Komentar

    • yap, di satu sisi memang itu untuk istilahnya mengais rezeki..dan di sisi lain adalah masalah kemanusiaan dimana tim ambulans juga membawa seorang yang mungkin tulang punggung keluarga..memang sebaiknya lebih bijak dalam memilih.. πŸ™‚

    • joss..sik penting aman pak..nek sik ning ambulans kan ra waras mergo sakit, lha nek sik dikawal ra gelem ngalah berarti luwih sakit ra waras.. πŸ˜†

monggo tanggapannya.....