bocor bocor..tangki megapro bocor

assalamu’alaikum wr. wb..

sabtu malam, tanggal 3 November 2012..jam 7 lebih..ketika itu nbsusanto di dalam rumah dan babe baru pulang dengan mega pro nya..tiba-tiba babe manggil..kok ada bensin netes di motornya..tadi katanya di jalan kehujanan..awalnya oleh ibuk dikira tetesan air hujan..tapi yang ada adalah bau bensin..begitu nbsusanto memperhatikan si mega pro, nbsusanto pun paham..

seperti yang nbsusanto pernah obrolin sama babe dulu..ternyata beneran kejadian..tangki si megapro primus 160cc keluaran tahun 2008 ini akhirnya bocor di bagian kiri belakang..di kilometernya yang baru 41ribu an..

langsung deh dilakukan tindakan awal..yaitu menyelamatkan bensin di dalam tangki agar tidak terbuang..corong, gayung dan yang lainnya pun berkolaborasi..

nbsusanto pun kepikiran buat nyopot tangki..tapi awalnya bingung..nbsusanto pun aktifin chat fb dan menuju ke grup koboys..tutorial nyopot tangki pun diperoleh dari kang irpan juragan pertamax7Β yang juga pernah merasakan tangki bocor di megisonnya..setelah berhasil nyopot sedikit bagian bodi dan jok, lepas kabel sensor bensin dan selang bensin, kemudian 2 baut di tangki pun tercopot dari tempatnya dan si tangki dapat diturunkan..

si megapro tampak cungkring tanpa tangki..

kemudian tutup tangki dibuka dan isi bensin dikeluarkan..awalnya belum bisa nyopot saluran ke kran bensin..makanya tangki pun dibalik dan isi dikeluarkan..lumayan seember..dan di dasar ember tampak ada kotoran dari dalam tangki.. 😐

tampak juga kotoran saat tadi tetesan bensin ditampung gayung..Β setelah minjem kunci buat buka kran bensin, pencopotan dilakukan..dan hasilnya..kotor banget.. πŸ‘Ώ

dari sisi lain..

kemudian bensin yang di ember disumbangkan ke motor-motor lain..lumayan si supra 125 biru sampai full tank..lumayan kejatah 1 liter an.. :mrgreen: dan bensin pun tersisa..sengaja nggak semuanya dibagi karena bagian bawahnya emang kotor banget..

kepalang tanggung, sekalian dibuka pelampung bensin tempat sensor penunjuk bensin di panel meter..kotor juga.. πŸ‘Ώ

oiya, sebelumnya emang terasa ketika kran di posisi RES baru dibawa riding beberapa ratus meter kok udah terasa mbrebet, padahal kan di RES masih ada > 1 liter..ternyata gara-gara bensin yang masuk karburator kecampur kotoran ini..geblek.. masuknya darimana pula..atau emang mekanisme tutup tangki yang nggak bener..lha wong pas tangki diangkat dan dibalik hingga tutup tangki di bawah, bensin bisa menetes keluar..kotoran masuknya lewat itu kah?sempet juga ada obrolan sama babe tentang kualitas material untuk tangki..mbuhlah.. πŸ‘Ώ

babe nyoba ke tukang las tetangga desa buat tanya apa bisa nambal tangki, dan si tukang pun menyanggupi walau bisanya keesokan harinya setelah artikel ini terbit..semoga bisa tertambal dengan baik dan si megapro bisa normal lagi dikendarai babe..

sekian dan terima kasih..

wassalamu’alaikum wr. wb..

Advertisements

34 Komentar

  1. beberapa hari yang lalu tangki megapro primus mulai bocor 1 titik, saya pake lem gasket tribon buat nutup lubang, beberapa lapis, kering oles, kering oles lg, trs tutup pake lem araldit, test dulu, ga tau deh tahan ga. info : Lem gasket tahan bensin, bisa menutup celah, trs hasil akhirnya kaya silikon, makanya ditutup lg pake lem araldit.

    • waduh kurang tau mas..tapi tadi tak jajal cari katalog part megapro, ini bukan ya?
      “37800-KEH-600 FUEL UNIT SET”
      cari harganya nggak ketemu-ketemu mas..adanya yg 37800-KEH-601 FUEL UNIT SET itu 120 ribu mas..tapi nggak tau bener apa nggak.. πŸ™„

  2. Dulu pernah baca di majalah otomotif??? disarankan setelah ditambal, langsung dilapisi resin (bahan untuk bikin fiber glas), bisa diterapkan juga untuk tangki baru. Katanya tahan bensin, belum nyoba sih,

monggo tanggapannya.....