mbolang ke gunung api purba nglanggeran, gunungkidul

assalamu’alaikum wr. wb..

ceritanya sih dari awal semester mau ada wacana dolan sama temen-temen kuliah..tapi berhubung pada punya kesibukan sendiri-sendiri, ya sudahlah terpending..hingga muncul gagasan beberapa anak survey untuk nyari-nyari tempat dolan biar sekelas bisa main bareng..diajak buat kayak gitu, ya nbsusanto oke oke aja berhubung nggak ada acara lain..dan yang tempat yang dituju pertama adalah Gunung Api Purba Nglanggeran yang terletak di kabupaten Gunungkidul..

DSC06726

6 orang lelaki dengan 3 motor yaitu V-ixion, Pulsar 220 dan HSX125 pun memacu kendaraan melewati lewat jalan yogya-wonosari, kemudian di perempatan patuk belok kiri ke arah ngoro-oro..DSC06621hamparan persawahan di kanan kiri disertai langit biru membuat perjalanan semakin terasa nyaman..

DSC06625

tampak dari jauh pemancar televisi untuk kawasan yogyakarta di daerah Ngoro-oro..
DSC06626setelah sekitar satu jam perjalanan, akhirnya rombongan tiba di kawasan ekowisata gunung api purba nglanggeran, patuk, gunungkidul..

setelah membayar HTM orang termasuk parkir motor sebesar total 21 ribu rupiah, rombongan pun mulai berjalan kaki menyusuri jalan ini..

DSC06628jalannya cukup enak dilalui..ya tentu saja persiapkan minum untuk pendakian ini..

DSC06631

DSC06638

di perjalanan juga ditemui banyak plang untuk menyemangati pengunjung dan agar pengunjung tidak mengotori lingkungan..ya walau 2 plang di atas kata-katanya paling koplak.. :mrgreen:
DSC06635

yang pasti bebatuan yang dilalui apik banget..

nglanggeran (10)
nglanggeran (16)

oiya, di beberapa bagian, jalan cukup sempit, sebaiknya jangan bawa barang bawaan yang terlalu melebar.. πŸ™‚DSC06648
DSC06657

sebaiknya hati-hati juga karena sebagian jalanan bebatuan, sebagian cor-coran dan sebagian lagi tanah..
DSC06664

pemandangan sekeliling saat pendakian pun sayang untuk dilewatkan..
DSC06667

banyak percabangan jalan..sempet bingung milih hingga harus naik ke atas batu untuk memperkirakan jalanyang benar.. :mrgreen:
DSC06678

hingga akhirnya sampai di puncak.. πŸ˜€

DSC06685

tampak danau buatan yang belum lama diresmikan dan dibuat untuk mengairi kebun buah di kawasan wisata gunung purba nglanggeran ini..DSC06684dari puncak, tampak susunan bebatuan yang sangat menawan dan membuat berdecak kagum, disertai pemdangan alam yang indah..bukti kebesaran Yang Maha Kuasa.. πŸ™‚
DSC06686

DSC06710

DSC06691

DSC06692 DSC06694

di kejauhan pun nampak laut selatan..DSC06687
di puncak ati-ati, tebingnya curam, jangan terlalu minggir..

DSC_1644

kemudian kami pun berjalan turun..masih sambil menikmati pemandangan..tampak tower pemancar televisi ngoro-oro dengan latar langit biru..
nglanggeran (40)

sempat juga bertingkah anti mainstream, karena jalan yang sempit sempat terhenti karena ada rombongan lain foto-foto, kami pun turun lewat tebing yang agak lebih curam..tentu dengan berpegangan pada batu di tebing..lebih greget.. 😎

nglanggeran (49)
dan kami pun berjalan turun hingga ke pendopo awal perjalanan gunung ini..
DSC06776

berikut foto – foto lebih banyak di nglanggeran ini :

yang pasti, Gunung Api Purba Nglanggeran ini sangat layak untuk dikunjungi..bahkan sebenernya kalo mau ngecamp di bagian lapang menjelang puncak pun bisa..dan tempat ini bisa untuk menambah panjang perjalanan wisata di kawasan gunung kidul.. πŸ™‚

DSC_1675

oiya, official website dari gunung api purba nglanggeran ada 2, yakni :

gunungapipurba.com

kalisongku.wordpress.com

selanjutnya ke tempat wisata lain.. πŸ˜€

gambar dengan watermark @nbsusanto dijepret dengan Sony DSC-W570 dan watermark @hidayat_kake hasil dokumentasi dengan kamera Nikon D90..

sekian dan terima kasih.. πŸ™‚

wassalamu’alaikum wr. wb..

Advertisements

25 Komentar

    • kalo di puncaknya mungkin bisa sunrise maupun sunset mas..soalnya nggak kehalang..tapi kalo di gardu pandang sebelum puncak ya ada yang ngadep barat bisa liat sunset tapi sunrise nggak keliatan..mungkin seperti itu penjelasannya.. πŸ™‚

      • wah terimakasih banyak penjelasannya mas. πŸ™‚
        iya rencananya sih mau liat sunrise nya mas. Kira-kira kalau kesana gak pakai camping/nginep gtu berangkat jam berapa ya mas klo dari jogja? treckingnya berapa lama ya mas?
        maaf banyak nanya mas. πŸ˜€

        • waduh jam berapa ya..mungkin perjalanan motorannya 1 jam sampe nglanggeran..naik gunungnya mungkin jalan 30 menit cukup mas..jadi kalo sunrise sekitar set 6 mungkin bisa dari jogja jam 4.. *soalnya belum pernah kesana ngejar sunrise mas :mrgreen:

          • oh kirain naik gunungnya sampai beberapa jam,
            makasih banyak ya mas infonya,
            Isi blognya bagus, banyak hal2 yang menarik. ::)

            • itu cuma estimasi aja mas..kalo mau sambil menikmati perjalanan pas naik gunung tentu butuh waktu lebih lama mas.. πŸ™‚

              hehehe..makasih mas..ini masih belajar dan butuh masukan membangun.. πŸ™‚

  1. Selain pemandangan kelelawar yang bergelantungan, kita juga bisa ngeliat atap Goa Pindul yang kayak lukisan. Jadi inget pelajaran tentang abris sous roche, manusia-manusia purba yang hidup di goa dengan lukisan merah di dinding cihuuuyyy petualangan di dalam goa jadi semakin asyik!

    • bw killer, lha wong aku kalo pake modem di rumah juga belum karuan bisa ngeload semua gambar ini.. :mrgreen:
      wah tonjo ke baduy dalam..tapi kalo sama orang sono mah ampun deh kalo saingan daya jelajahnya.. πŸ˜†

monggo tanggapannya.....