test ride Honda CB150R Streetfire

assalamu’alaikum wr. wb..

ehm..honda cb150r udah dirilis sekitar setengah tahun lalu..tapi baru kali ini nbsusanto sempet njajal punya temen..ya walau mungkin udah banyak yang make dan ngrasain sendiri gimana rasanya nunggang kuda besi racikan AHM dengan mesin turunan CBR 150 ini..njajalnya pas mulai gelap, jadi bisa test lampu juga.. πŸ˜€

DSC05651

pertama kali naik ke joknya..masih wajar lah rasanya..dengan tinggi < 170 cm, nggak perlu bawa dingklik.. :mrgreen: feel megang stang juga nggak terlalu nunduk, seperti megang stang tiger dan nggak setinggi megapro..tapi mestinya kalo orang dengan tinggi beda, feel disini juga beda..

kemudian putar kunci kontak..seperti saat muter kunci kontak NVL dulu, ada jeda waktu buat inisialisasi..nggak langsung semua segmen digital nyala kayak supra 125 atau si ceswan..

DSC05642

melihat ke depan..lampu halogen 55 watt yang terpasang di cb150r ini terang banget ya..jauh dibanding lampunya supra 125 dan ceswan.. 😐 tapi ya itu, sayangnya nggak ada saklar on-off lampu nya..padahal kalo jalan masuk gang pas ada yang lagi nongkrong kan nggak enak rasanya.. πŸ™„ solusinya bisa seperti triknya mazped disini..

oke..kemudian start engine..suaranya kurang sangar..coba sangar dikit, lumayan buat mblayer.. 😎

kemudian tarik kopling dan mulai jalan..feelnya di awal tarikan beda dengan cbr150 fi yang pernah dijajal dulu..emang bener juga kalo motor ini di set beda dengan cbr150 oleh ahm..gir belakang yang lebih gedhe adalah salah satu penyebabnya.. πŸ™„

DSC05645

diajak jalan-jalan..treknya nggak panjang, seperti pas njajal satria fu dulu..di sekitaran fakultas teknik ugm..

okee..lanjut..diajak belok lumayan juga feelnya..yah walaupun bannya nggak gambot..cuma 80/90 di depan dan 100/80 di belakang..coba lebih gedhe lagi biar lebih mantep..nanggung je..velg belakang 2,5″ itu..naikin lagi lah ukurannya..pabrikan indihe dengan ukuran velg 2,5 pasang 120/80.. πŸ™„

DSC05643

kemudian di bagian jalan lurus..iseng aja digeber, terus sampai 11 ribu rpm dan masih naik di zona red line..limiter juga belum bekerja..tapi gas kemudian ditutup karena harus belok..ah penasaran sama limiternya bekerha di rpm berapa juga..padahal naik sampe red line gampang banget itu.. 😐

selanjutnya ngrasain pengereman..cakram depan-belakang cukup lah buat ngehentiin laju si dohc 150 cc ini..

kalo buat cornering miring..belum berani njajal..ya maklum motor orang dan jalanan nggak mendukung..coba kalo jalanan mendukung, walau motor orang ya tetep sikaaaat.. :mrgreen:

DSC05650

setelah impresi pas riding, di hari berikutnya juga ngrasain dibonceng oleh si pemilik cb150r ini..

pertama naik, rasanya joknya keras..kalo buat jarak jauh gimana ya?mungkin kalo ditambah busa lebih nyaman.. πŸ™„

kemudian kaki di foot step boncenger..rasanya dengan tinggi rata-rata, kaki lumayan nekuk ya?kalo buat jarak dekat nggak terlalu masalah, kalo buat jarak jauh, mungkin lebih nyaman yang pure sport touring seperti megapro, tiger, scorpio atau thunder..

kemudian, menurut pengakuan si pemilik, kalo bonceng terasa keras karena faktor shock belakangnya..dia bilang lebih empuk motornya sebelumnya, thunder 125..tapi pas nbsusanto dibonceng lewat jalan nggak rata, tetep nyaman rasanya..dan dia juga mengakuinya..kalo yang bener-bener bumpy jalannya, belum tau juga sih..tapi kalo jalanan bumpy banget, semua motor sama aja kayaknya, kecuali spesial trail gitu.. :mrgreen:

jalan jauh maupun tanjakan pun juga nggak masalah, si pemilik sebelumnya bawa si streetfire dari rembang sampai yogya juga nggak ada keluhan..diajak jalan 80 konstan enak..malah kemaren juga sempat dibawa ke suroloyo, puncak pegunungan menoreh..buat boncengan pun lancar untuk tanjakan..

overall, cb150r lumayan asyik juga sensasi berkendaranya..gampang banget dibetot sampai redline.. :mrgreen: dengan harga segitu, milih NVL atau CBSF?tergantung selera..kalo nbsusanto nggak milih keduanya.. πŸ˜†

DSC05649

*sayang pas test ride nggak foto-foto.. 😐 ya fotonya pas dolan ke dealer dulu deh..yang pas si owner cbsf ini masih galau nvl atau cbsf.. :mrgreen:

sekian dan terima kasih.. πŸ™‚

wassalamu’alaikum wr. wb..

Advertisements

33 Komentar

  1. aku wes tau nguber cb150…ternyata sibiru’07 masih bisa ..sayang jalan gak mendukung,, mungkin masih bisa tak salip..hihihi
    tapi emang manteb akselerasinya cb150

  2. berarti klo si cb ini diksih gir sama dengan cbr top speed makin yahud ya. cb 150 r ini kan akselerari lebih mantap dari pada nvl(menurut blognya iwb). klo gir sama dngan cbr speed jadi nambah dan makin menigngalkan nvl. dan akselari sama dengan nvl lah. karena ada penurunan akselari. mantap nih pokoknya pilih dohc lah karena suka dengan rpm tinggi.

monggo tanggapannya.....