dieng plateau trip : night riding yogya – dieng via magelang-temanggung-wonosobo

assalamu’alaikum wr. wb..

rabu malam..tepatnya tanggal 8 mei 2013..diwacanakan jam 11 malam berangkat dari yogyakarta menuju ke dieng..tepat waktu?yo ra lah pastinya.. 😆 dari sekitar jalan kaliurang berangkat jam 12 kurang dikit..berhenti di spbu jalan magelang untuk menunggu temen yang lain..dan sebelum jam setengah 1 akhirnya berangkat..

DSC_0542


perjalanan menyusuri jalan magelang bisa dilalui dengan kecepatan sekitar 60-80..jalan malam ini enaknya nggak terlalu rame..lebarnya jalan yogya-magelang pun secara tidak langsung membuat perjalanan sangat lancar karena walau ada truk melaju lambat tidak sampai menutupi seluruh bagian jalan..

sekitar jam 1 dinihari, kami sampai di magelang..transit di rumah seorang teman untuk menikmati hidangan sebentar dan mampir ke kamar mandi serta mampir ke minimarket untuk membeli beberapa bekal yang kurang..kemudian jam setengah 2 berangkat.. 😀

???????????????????????????????total ada 8 ekor motor mengangkut 14 orang..

perjalanan dari magelang ke arah wonosobo ini cukup lancar walau nggak selancar yogya-magelang..ya maklum begitu keluar dari jalan magelang-semarang ke arah temanggung, terasa jalanan yang sempit semakin sempit karena truk-truk besar penuh muatan melaju pelan dari 2 arah..ditambah dengan bus malam berkecepatan tinggi yang beberapa kali melintas..ya mending ngalah..kami hanyalah tamu.. 🙂

oiya, beberapa kali ketemu mobil patroli polisi dengan lampu strobo yang menyala terang..sangat terang..menyilaukan..apa warnanya nggak ada yang lebih adem ya?padahal banyak yang merasa kurang nyaman dengan silau lampu tersebut.. 😈

kemudian masuk temanggung..disini rombongan sempat terpisahkan oleh seekor bus malam..namun setelah beberapa lama menguntit, akhirnya di sekitar alun-alun temanggung yang menuntut kecepatan lebih rendah, akhirnya rombongan tersatukan kembali..

ah sayangnya perjalanan berangkat nggak ada dokumentasi pas di jalan 👿

selanjutnya menuju ke arah wonosobo..jalannya cukup gelap..disini kami mengandalkan lampu motor dengan beberapa kali high beam jika terlalu gelap..udara mulai terasa dingin disini..jaket yang nggak wind-proof nggak bisa menahan angin..tapi dinginnya perjalanan masih bisa tertahan karena harus konsentrasi..di beberapa tempat juga nampak lampu-lampu di kota di bagian bawah..ternyata udah nanjak toh.. 😯 *maklum nggak tau jalan 😆 * dan ternyata benar, sepagi itu pasar sudah banyak kegiatan..wah..

hingga akhirnya sekitar jam 3 dinihari, kami berhenti di spbu kawasan wonosobo..beberapa ekor motor minum disini..seorang teman menyarankan untuk istirahat terlebih dahulu disini..setelah bertanya jarak ke arah dieng yang tersisa 30 km, kami pun mengambil beberapa tempat untuk sebagian tidur maupun duduk-duduk dahulu..

DSC_0536hingga akhirnya adzan subuh terdengar, kami pun mulai persiapan lagi..ada yang sholat subuh dan ada yang membereskan perlengkapan pribadi yang sempat dikeluarkan..

setelah semua siap, kami pun menyalakan motor masing-masing..yeah..mengejar sunrise.. 😀

dengan formasi tetap, hanya 2 ekor di depan yang sering bertukar posisi karena saling berbagi jalan yang diketahui, jupi mx – vixion – jupi z – vixion – vario – pulsar 220 – jupi mx – cb150r – supra 125, digeber membelah pagi yang masih terasa gelap disertai bau nggak sedap yang menyertai selama jalur tanjakan..

dan akhirnya..sampai di gardu pandang tieng..yeah.. 😀

DSC_0664

selanjutnya lebih detail ke tempat yang dikunjungi.. 😎

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

About nbsusanto 1032 Articles
Nur Budi Susanto - https://dolanotomotif.com/ seorang blogger yang menggemari otomotif, jalan-jalan, fotografi, teknologi, transportasi, dan kereta api. silakan tinggalkan komentar, kritik, dan saran atas tulisan saya. boleh juga japri saya di kankkunkblog@gmail.com.

22 Komentar

  1. kamis kmaren ane baru ajaa kesana naik motor hehee.. 🙂
    ehh iyaa disana jalurnya lg longsor mas kmaren pas kesana lg di perbaiki.. 😉

    • wiih..via temanggung-wonosobo juga?
      yep..kemaren juga sempet denger info kalo jalur tepi tebing menjelang sampai bag atas sempet longsor..bagus lah kalo udah diperbaiki dan bisa digunakan sbg jalur wisata lagi.. 🙂

  2. tau neng dieng sko jalur pekalongan-kali bening (banjarnegara)-dieng. mantap mulus alus.. nek sore jarak pandang mentok 20m. mergo ketutup kabut.. tp keren mendaki gunung lewati lembah.. xixixi

    • wah apik ki jalan lain..wingi balik e sempet kepikir lewat wadaslintang, tp batal soale enek sik keburu enek keperluan..hahaha..soale nek lewat kebumen iku kan selain rodok adoh yo do ra reti dalan..

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*