menggagahi Ducati 1199 Panigale S

assalamu’alaikum wr. wb..

masih oleh-oleh dari IDW 2013..sebuah cerita tak terlupakan pastinya..mendapat kesempatan untuk mencicipi kuda liar besi racikan pabrikan italia..yap..seekor ducati.. πŸ˜€

ducatiidw2013122.jpg

awalnya tentu nggak punya nyali untuk njajal..yang pertama karena faktor mesin yang mempunyai kapasitas hingga 1200 cc..maklum sebelumnya pake motor maksimal 220 cc.. :mrgreen:

hal kedua..tak lain dan tak bukan adalah kalo mengingat harganya yang mencapai 9 digit..medeni kalo kenapa-kenapa.. 😯

tapi berhubung ada temen yang udah mencoba dan setelah itu berhasil meyakinkan diri, nbsusanto pun mendaftar dan mendapat kunci..yap..Ducati Panigale 1199 S.. πŸ˜€

pertama puter kunci kontak..keren..

ducati idw 2013 124

kemudian stater mesin..lha kok susah banget..kayaknya emang sedikit bermasalah..setelah dicoba beberapa kali dan dibantu sedulur koboys yang lain dengan manjer cukup lama, akhirnya si kuda besi ganas itu pun bisa nyala mesinnya..

suaranya..gahar..sangar..edan lah pokok e.. 😯

konfigurasi mesin L nya membuat nbsusanto tak pede start dengan gear 1..akhirnya gear 2 pun jadi pilihan..

di gas awal..responsif banget..diajak geber cepet banget..enak banget..beda banget dengan motor-motor yang pernah nbsusanto jajal sebelumnya.. #yoiyolah πŸ˜†

diajak menikung dengan kecepatan rendah, tentunya nggak miring, setangnya berat baget..ternyata emang bener ya kalo bawa moge enaknya belok miring..

ducati idw 2013 121

kemudian keluar dari belokan dengan kecepatan rendah..jebul ra penak..akhirnya pindah ke gear 1.. πŸ˜†

dibejek lagi..ternyata memang panigale ini karakternya smooth banget..

kemudian njajal sistem pengeremannya..wiiih..cukup pake rem depan udah cukup..bener juga testimoni dari beberapa biker yang lebih pengalaman kalo pengereman emang lebih enak pake rem depan..ya maklum lah, double cakram di depan dengan merk Brembo yo sangat tidak diragukan.. πŸ˜€

muter lagi..kali ini lebih berani eksplorasi gas..emang smooth..nggakΒ njondil-njondil walau tetep aja jauh lebih ganas dibanding motor 220 cc ke bawah.. :mrgreen:

ducati idw 2013 204

atau karena settingan panigale ini pada mode yang paling rendah dan kalau setting full race ganas banget?entahlah..

tapi di balik semua itu, Panigale 1199 S memang panas mesinnya..kayaknya bener kalo not recommended buat harian macet-macetan..selain posisinya yang nunduk juga bikin pegel kalo kelamaan.. :mrgreen:

kecuali kalo buat touring antar daerah atau track day di sirkuit..tapi yakin lebih pas kalo di sirkuit karena posisi nunduknya lebih enak buat mereng-mereng.. πŸ™‚

selain itu, terjawab juga kenapa bawa moge itu kencang..karena untuk mengurangi panas mesin..dan memang nggak terasa mesinnya ngoyo walau diajak ngebut..

ducati idw 2013 175

menjinakkan seekor ducati dengan muntahan tenaga maksimal 195 hp seperti di web resminya di trek pendek JEC?alhamdulillah bisa mengendalikan diri..

yaa..gimana ya..kayaknya memang kurang cocok buat harian..kecuali siap dengan segala resikonya.. πŸ™‚

matur nuwun Ducati atas kesempatan test ride nya..matur nuwun KOBOYS.. πŸ˜€

sekian dan terima kasih.. πŸ™‚

wassalamu’alaikum wr. wb..

Advertisements

14 Komentar

    • aku awalnya juga nggak berani mas..pengennya nampang di atas ducati aja..eh tapi kok lama-lama kegoda juga karena ada temen yang bisa nyoba.. :mrgreen:

      x ride aku belum pernah..katanya matic enak itu..

monggo tanggapannya.....