mengembalikan file gambar terhapus di android dengan aplikasi DiskDigger

assalamu’alaikum wr. wb..

ceritanya beberapa hari lalu nbsusanto sempat sepedaan dengan niat berburu foto sunset..kemudian foto dengan si purtu..setelah beberapa gambar, niatnya ada yang mau di upload..sebelumnya di watermark dulu..tapi ternyata secara nggak sengaja ternyata file aslinya terhapus.. 😡


awalnya nbsusanto kebingungan..namanya juga foto untuk mengabadikan momen..kalo mau foto lagi, tentu hasilnya nggak akan persis sama.. 😐 dan secara nekat nbsusanto pun buka playstore dengan mengetikkan kata kunci “undelete” dengan harapan mencari aplikasi yang dapat mengembalikan file seperti semula, seperti halnya “Recuva” yang biasa nbsusanto gunakan untuk PC..

buka beberapa deskripsi dan komentar dari beberapa aplikasi teratas..hingga pilihan jatuh pada DiskDigger..oiya, aplikasi ini mensyaratkan android harus sudah dalam kondisi “rooted”..berhubung si purtu sudah ter-root ROMnya, langsung deh download dan instal..walau dengan harap-harap cemas..

kemudian diminta untuk memilih memory mana yang akan di-scan untuk dikembalikan filenya..dipilihlah storage internal SD card karena nbsusanto menyimpan foto disana..

selanjutnya memilih tipe file yang akan dikembalikan..terdapat banyak pilihan, namun kebanyakan hanya dapat diakses oleh versi pro dari aplikasi ini..versi yang nbsusanto pake hanya  bisa mengembalikan file .jpg dan .png..nggak masalah..toh emang nyari yang buat ngembaliin gambar.. :mrgreen:

dan proses scan dimulai..oiya, ini untuk simulasi saja karena file yang pas sunset itu sukses dikembalikan..ini nampak gambar yang sudah terhapus namun masih berpotensi dikembalikan utuh, karena ada juga gambar yang cacat sebagian sehingga tak dapat dikembalikan secara utuh..

setelah gambar yang mau dikembalikan ditemukan, centang dan simpan untuk mengembalikan gambar..inget-inget saja mau nyimpen dimana..soalnya nbsusanto awalnya udah nyimpen kok tetep nggak ada..ternyata foldernya keliru.. 😳 :mrgreen:

hingga saat dibuka filenya..taaddaaaaa….

bisa dikembalikan dengan utuh.. 😀

walhasil gambar telah sukses diselamatkan dan bisa diakses lagi..alhamdulillah.. 🙂

link ke download DiskDigger untuk android disini..

yang pasti untuk mengembalikan gambar yang terhapus secara sengaja maupun tidak, aplikasi “DiskDigger” ini cukup mumpuni..oiya, sekali lagi android harus dalam kondisi “rooted” untuk menggunakan aplikasi ini.. 🙂

sekian dan terima kasih.. semoga tips dan trik ini bermanfaat.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

Advertisements

4 Komentar

monggo tanggapannya.....