mengatasi medium bootloop samsung galaxy ace gt-s5830

assalamu’alaikum wr. wb..

bootloop..yep kata tersebut menjadi salah satu momok bagi pengguna android..nah, beberapa waktu yang lalu ada seorang temen yang bilang kalo robot ijo yang dia pegang gagal masuk sampe home screen..setelah ditelusuri lebih lanjut, dia bermaksud melakukan rooting, namun secara tak sadar melakukan wipe seperti pada saat akan melakukan penggantian rom..kondisi recovery masih standar, belum cwm..mau cari rom flashable kok ya susah..alhasil langsung meluncur ke official lounge di kaskus..

dari kaskus tersebut diberikan link ke xda developer..badalah..disimak lagi..perlahan-lahan karena tutorial berbahasa inggris.. :mrgreen:

DWYOR – Do With Your Own Risk !

oke mari dimulai..tentunya dengan mendownload semua bahan yang dibutuhkan..bisa ditemukan disini.. *thanks to “hubix” @xda-developer* pastikan internet cukup mumpuni dan stabil karena file yang di download melebihi 100 MB..jangan lupa download Samsung KIES sebagai bahan tambahan agar terdeteksi..kemudian dibutuhkan juga Android SDK..PC ataupun laptop minimal sudah terinstal NetFramework 2.0, kalau belum ya instal dulu..

oke setelah software siap didownload, siapkan juga peralatan tempur fisiknya..tentunya berupa PC/laptop, Samsung Galaxy Ace, kabel data (disarankan kabel data bawaan) serta makanan maupun minuman untuk menunggu semua proses (optional :mrgreen: )..lebih baik sih pake laptop yang batrenya waras jadi kalo semisal listrik padam, proses tidak masalah..

setelah semua siap tempur..awali dengan doa dulu tentunya.. 🙂

– pertama-tama ekstrak Android SDK..Android SDK kemudian dibuka dan download SDK-Tools & Platform Tools di Android SDK..
– selanjutnya melangkah ke klik kanan pada “My Computer”, kemudian akses “Properties”, kemudian “Advanced system settings”, kemudian “Environment variables”, kemudian cari variabel “Path” dan klik “edit”..selanjutnya “variabel value” diganti dengan dimana kita menempatkan Android SDK Tools..sebagai contoh kemarin nbsusanto begini: (yang dipanah)

– kemudian jangan lupa instal “samsung kies”
– selanjutnya hp dalam kondisi mati dan sd card serta kartu sim dicopot..
– ekstrak firmware (nantinya berformat .md5) serta odin tools beserta ops yang sudah ada dalam link di atas..
– file yang berformat .ops tersebut diganti nama menjadi “Cooper_v1.0.ops”
– buka ODIN multi downloader..

– klik “OPS” dan masukkan alamat dari file “.ops” kemudian klik “PDA” dan masukkan alamat dari file “S5830DXKT7_S5830OLBKT3_S5830DXKT5_HOME.tar.md5”..
– colokkan samsung gal ace ke komputer..
– masuk ke downloading mode dari samsung galaxy ace, yaitu dengan pencet “power”, “home” dan “volume down” dan tahan hingga masuk..
– jika odin terdeteksi, maka kotak paling kiri dari 8 kotak akan berwarna hijau (kotak yang dipanah), kemudian klik “start”..proses akan berjalan kurang lebih 5 menit..
– setelah proses selesai, hp akan merestart sendiri dan indikator berubah warna menjadi biru yang menandakan sukses dan firmware Gingerbread 2.3.6 telah terinstal..
– lepaskan colokan hp..kemudian pasang sim card dan micro sd..proses selesai.. 🙂

tambahan..terkadang dalam keadaan standar memang ada yang kurang sehingga beberapa user pengen hp nya di root, instal cwm, ganti rom dan lain-lain..sekalian aja kemaren nbsusanto juga root samsung gal ace ini serta instal recovery cwm..berikut caranya :

recovery standar

rooting :
– masukkan file “universal_gb_root_v25.zip” pada sd card..
– matikan hp..kemudian masuk ke recovery dengan memencet dan menahan tombol “power” dan “home” hingga masuk ke menu recovery..
– pilih “update from sd card” dan pilih file “universal_gb_root_v25.zip” hingga proses selesai (update completed)..
– pilih “reboot” dan samsung galaxy ace telah “rooted” 🙂

instal CWM :
– masukkan file “recovery-clockwork-5.0.2.6-galaxyace.zip” pada sd card..
– matikan hp..kemudian masuk ke recovery dengan memencet dan menahan tombol “power” dan “home” hingga masuk ke menu recovery..
– pilih “update from sd card” dan pilih file “recovery-clockwork-5.0.2.6-galaxyace.zip” hingga proses selesai (update completed)..
– pilih “reboot” dan samsung galaxy ace telah memeiliki recovery CWM 🙂

setelah recovery dalam CWM, cukup mudah untuk mengganti custom rom..kemaren dicoba oleh temen juga cepet banget..yang pasti kalo ganti rom kuncinya masukka file custom rom ke dalam micro sd >> wipe 3 macam (data, dalvik, cache) >> install zip from sd card >> pilih “namafileinstaller.zip” >> yes >> tunggu proses >> reboot >> selesai..fyi, temen nbsusanto sekarang pake os jellybean 4.2.2 dari cyanogenmod.. 🙂

pastinya DWYOR “Do With Your Own Risk”..ikuti semua langkah dan jangan sampai terlewatkan.. 🙂

thanks kaskus, xda-developer dan lain-lain.. 😀

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

About nbsusanto 1032 Articles
Nur Budi Susanto - https://dolanotomotif.com/ seorang blogger yang menggemari otomotif, jalan-jalan, fotografi, teknologi, transportasi, dan kereta api. silakan tinggalkan komentar, kritik, dan saran atas tulisan saya. boleh juga japri saya di kankkunkblog@gmail.com.

1 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*