belajar optimalkan touch focus pada kamera robot ijo android

assalamu’alaikum wr. wb..

mungkin bagi kebanyakan yang hobi fotografi sudah tau berbagai trik yang mantep untuk optimalisasi sehingga gambar jadi ciamik tanpa software..nah nbsusanto yang baru belajar juga tertarik untuk mengoptimalkan si robot ijo untuk foto-foto..belajar dengan si purtu, pastinya jangan dibandingkan dengan kelas yang lebih tinggi..apalagi dengan hasil editan software..ampun lah nbsusanto mau njajal edit malah kacau.. 😆


fokus ditempatkan pada matahari sehingga menimbulkan efek gelap di bagian lain..mungkin bisa dibandingkan dengan gambar lain dimana fokus ditempatkan pada tempat yang gelap, dalam hal ini fokus ditempatkan pada bagian yang lebih gelap dari matahari, sehingga efek yang terjadi gambar menjadi lebih terang..

dengan titik fokus di tempat lain yang lebih terang..

kuncinya seperti metering “spot” kalo di kamera digital biasa..mode ini memang akan membuat tangkapan kamera menghasilkan warna dan pencahayaan bergantung pada seberapa terang titik fokus jepretan..

jadi secara gampang yang nbsusanto tau, jika titik yang dijadikan fokus jepretan ini memiliki tingkat kecerahan lebih rendah dari titik-titik lain, maka gambar yang dihasilkan akan menjadi lebih terang sebagai konsekuensi agar titik tersebut nampak..namun, jika titik fokus lebih cerah dibanding titik lain maka titik lain akan menjadi lebih gelap sebagai konsekuensi agar gambar tidak terlalu terang dan terfokus.. *haluah aku yo bingung dhewe 😆

nah..mending langsung dipraktekkan saja..syaratnya ya robot ijo ber-autofokus..kalo belum ada fitur tersebut ya belum bisa dioptimalkan seperti ini..

berburu sunset semakin asyik setelah tau ilmu ini..ya walaupun pernah pas udah duduk ngambil gambar dan nggak jauh dari situ ada orang lain hunting dengan DSLR..nggak masalah asal percaya diri..masalah hasil seenggaknya cukup untuk dokumentasi pribadi.. :mrgreen:

semua gambar di artikel ini diambil dengan Himax Pure II..sebatas resize dan watermark..

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

Advertisements

Be the first to comment

monggo tanggapannya.....