mengejar waktu pagi ke taman nasional bromo tengger semeru

assalamu’alaikum wr. wb..

akhirnya bisa tidur semalam, ya setidaknya sedikit mengembalikan energi yang terkuras setelah perjalanan 390an km yogyabromo..namun bersiap untuk bangun sebelum subuh..ya untung-untungan ngejar sunrise di penanjakan walau kemungkinannya sangat kecil.. :mrgreen:

sebenernya 4 orang udah siap-siap..tapi berhubung masih ada yang mau gabung, kami pun keluar rumah dulu dan manasin motor..ya sekalian merencanakan hari ini harus gimana, kemana serta jam berapa..

sekitar jam 4 akhirnya berangkat..lumayan jalan masih terasa basah dan di beberapa tempat terasa lumpurnya..dengan jalan yang masih sempit dengan kombinasi tanjakan-turunan serta tikungan ke kanan maupun ke kiri, kami pun berusaha tetap konsentrasi membelah jalanan..jika keadaan memungkinkan kecepatan sedikit ditambah agar tidak kesiangan sampai di atas..memang rasanya deg deg ser kalo ketemu jalan berlumpur yang masih terasa licin dan mengingatkan malem sebelumnya sempet sedikit selip ban depan :mrgreen: masih dengan formasi nvl di paling depan, diikuti mx, kemudian tricolore dilanjutkan rombongan dari malang yang bertemu menjelang penginepan..masih terus melaju hingga di salah satu daerah, kalo nggak salah sekitaran wonokitri, yang cukup datar…cciiittttttt………..bruuukkkkk…….

nvlnya ambruk! waduh! di belakangnya mx sempat kaget dan sempat selip walau masih bisa menyeimbangkan motor..dan kami pun minggir serta menolong temen yang jatuh dari nvl tersebut..waduh tobat ki kok yo pas boncengan..sebelumnya tuker boncengan dengan mx..setelah 2 orang teman tersebut sudah aman dan rider nvl mengatakan siap melanjutkan, nvl coba dinyalakan..kunci kontak di off-on kan kemudian starter..waduh kok nggak nyala..engine stop pun sudah dalam posisi on..kembali restart kunci kontak..tetep gagal dinyalakan..mulai gugup disini..apalagi nvl nya nggak ada engkolnya..nbsusanto yang bingung mencoba tenang..mengingat-ingat apa yang harus dilakukan..kemudian terpikir menyalakan mesin dengan memutar roda belakang saat transmisi di gear non-netral..kemudian baru teringat………jebul gear belum netral! saat coba dinetralkan dan dinyalakan……..greeengggggg..lha bisa nyala dengan lancar…. wedhuuuuuusssssssssss..singoooooo!!! pekok tenan! jebul ming koyo ngono masalahe…… ๐Ÿ˜ณ :mrgreen: ๐Ÿ˜†

alhamdulillah nvl bisa nyala..lanjutkan perjalanan pelan-pelan..menuju loket pintu masuk taman nasional bromo tengger semeru..berhenti disitu bayar tiket masuk, beli persediaan air minum tambahan, cek temen yang jatuh, cek nvl serta isi bensin tricolore sebanyak 1 liter seharga 7500 rupiah dan mx juga minum 2 liter..

10 ribu per orang..

3 ribu rupiah per motor..

sekalian ngecek nvl yang ambruk..wah kotor banget..penerangan juga masih kurang optimal..ya setidaknya untuk mengecek masih aman untuk lanjut atau nggak..setelah diyakini aman, perjalanan pun dilanjutkan..

masih tanjakan dengan kombinasi tikungan..hingga di suatu titik setelah tikungan, dari rombongan malang ada yang ban bocor..waduh..bingung mau lanjut cari kawasan berpenghuni lagi atau balik ke tiket masuk..diskusi beberapa waktu pun berlangsung..mengingat kondisi mendung juga, nampaknya mimpi mengejar sunrise penanjakan harus dikubur dalam-dalam..diskusi masih berlanjut hingga ada warga yang melintas..akhirnya ditanyakan ada kawasan yang ada tukang tambal ban cukup dekat atau tidak dengan lokasi saat bocor..oleh warga tersebut dikatakan bahwa tidak jauh menanjak ada tambal ban..daripada kelamaan, nbsusanto pun mengajak temen yang tadinya jatuh dibonceng nvl untuk naik ke tricolore dan melanjutkan perjalanan agar yang lain segera mengikuti..

keadaannya masih sama yaitu tanjakan dan tikungan..namun kegelapan sedikit demi sedikit terkikis..mulai terasa kalau pinggir jalannya itu jurang..lha kok nggak nyampe-nyampe..mungkin secara jarak tempuh nggak cukup jauh, tapi secara waktu tempuh nggak bisa dibilang cepet..hingga akhirnya nemu kawasan banyak warung..setelah dilihat ternyata percabangan ke arah penanjakan jika naik atau lautan pasir jika turun..

sudah jam 5 lebih..belum sholat subuh..celingak-celinguk sambil nunggu rombongan untuk mencari tempat yang layak untuk sholat..kemudian rombongan datang..ngobrol dengan pemilik warung..lha kok ndilalah pemilik warung tersebut mempersilakan sholat di warungnya sekalian istirahat dan memeriksa kondisi temen yang jatuh serta menunjukkan tambal ban..

si temen luka dibagian lutut..dibersihkan dan diberi pertolongan pertama seadanya..obat merahnya lupa dibawa dari penginepan.. *pelajaran kalo lain kali harus tetep bawa p3k walau nggak berharap ada kejadian ๐Ÿ˜ berhubung sudah lebih terang, si nvl diamati lagi..

nampak bagian jalu di handle stang bengkok..plat bomer depan melengkung..knalpot tergores..namun bodi aman..ya itu mengorbankan lutut seorang temen..si nvl rider juga sudah merasa pasti jatuh sehingga berusaha memposisikan kondisi jatuhnya agar tidak merusak motor..entah kalo kondisinya sangat tidak siap mungkin berbeda..si nvl rider pun yakin kalo nggak boncengin, bodi nvlnya kegores..untung juga jatuhnya di tengah..lha pinggirnya jurang..medeni..

metik dari rombongan malang pun segera ditangani..siipppp..

pose sik..mumpung ada fotonya..biasanya kemana-mana banyak dokumentasi tempatnya, ada foto orang lain, eh foto sendiri jarang banget ada..maklum nggak fotogenik.. ๐Ÿ˜†

waduh gapuranya..sudah menanti..

jalannya pun asoyyy.. ๐Ÿ˜Ž

kayake kalo naik landcruiser hardtop semakin tonjo! ah yo ora ding..mending naik motor..ngirit.. :mrgreen:

disini nbsusanto pun mendapati fakta bahwa mas aziz warung dohc 100% bener..GL series adalah raja jalanan bromo!ย bonceng 3 pun enteng saja..wheeerrrrr…perlengkapan ridernya pun sangat sederhana, yaitu hanya dengan kupluk kepala, jas hujan seadanya, kaos berlapis sarung, celana 3/4 dan dengan sepatu boots..meliuk-liuk membelah setiap sudut tikungan serta tanjakan-turunan..ngebut..edyaaan..padahal kami mau agak kenceng aja nggak berani.. ๐Ÿ˜ฏ memang dengan mesin yang simpel namun bertenaga dan banyak mekanik yang sudah menguasai serta partnya yang bejibun, wajar saja kalo warga kawasan bromo memilih GL series sebagai penopang pencari nafkah..

si nvl yang sempet coba dibenerin jalunya pun beres..siap melanjutkan perjalanan.. ๐Ÿ™‚

foto dulu 2 orang yang jatuh dari nvl..pokoke tetep #akurapopo dan #waniperih dab! ๐Ÿ˜†

lanjutkan perjalanan! insya Allah di artikel berikutnya.. ๐Ÿ˜€

oiya, terimakasih kepada ibu pemilik warung di pertigaan penanjakan-lautan pasir..pertolongan njenengan sangat besar bagi kami..semoga rejeki njenengan dilancarkan..matur nuwun sanget dan maaf sudah merepotkan serta mengotori warung..semoga di lain waktu kalo ke bromo bisa mampir ke warung njenengan.. ๐Ÿ™‚

sekian dan terima kasih.. ๐Ÿ™‚

wassalamu’alaikum wr. wb..

Advertisements

Be the first to comment

monggo tanggapannya.....