mengamati lebih dekat honda new supra x 125 fi

assalamu’alaikum wr. wb..

kemaren akhir pekan ada misi di kediaman mas aziz warung dohc di karawang yang dilaksanakan oleh mas dipo dan nbsusanto dengan dipantau oleh adhanihoree..lha kok ndilalah kebetulan ada acara dari ahm tentang riding experience honda new supra x 125 fi..lumayan sekali kayuh banyak yang bisa tercapai termasuk ini salah satunya.. πŸ™‚

undangan jam 10, namun mas aziz sekeluarga beserta mas dipo dan nbsusanto datang telat..nah ternyata sudah banyak blogger ibukota dan sekitarnya yang sudah hadir..

ada mbah muhsin, om kobay, om mitra, kang heru mazped, kang nur sijidewe, kang ato, dan masih banyak lagi..

setelah perkenalan melalui presentasi mengenai apa yang ada pada new supra 125 fi, menuju ke lokasi test ride..disediakan 3 ekor new supra 125 fi untuk digeber serta 1 ekor lagi untuk digerayangi..supra yang menurut data spesifikasi diklaim mempunyai output power lebih besar dibanding pendahulunya dengan beberapa desain baru di bagian mesinnya..termasuk perbandingan kompresi yang kembali ke 9,3:1 seperti hsx gen 1..

sambil menunggu giliran test ride, nbsusanto mengamati lebih dulu..

sepintas mirip supra x 125 generasi 2 nf 125 td / nf 125 tr dan nggak tau kode apa untuk varian injeksi yang sempat muncul beberapa lama sebelum disuntik mati..dual keen headlamp, lampu senja di dekat sein, sein di tebeng.. namun di sisi lampu depan, nhsx-fi 2014 ini menggunakan lampu 25 w x 2..

namun ada bedanya..yaitu lem belakang yang sudah mengadopsi full LED..seperti hsx helm in.. *jadi inget pengen ganti lampu belakang tricolore sekalian dudukannya dengan LED karena udah prothol Β belum kesampean πŸ˜†

melongok ke panel speedometer..ternyata sama dengan supra x 125 helm-in..pake full analog..padahal secara tampilan di bagian speedometer itu apiknya pake digital ala hsx 125 gen 1 dan hsx 135 gen 2..demi mengejar harga? entahlah..

melongok roda depan..masih dengan velg palang 5..masih dibalut dengan ban 70/90-17 seri FT 138..namun alurnya beda dengan model lama..kemudian peranti rem depan menggunakan cakram hidrolis 1 piston seperti si helm in..model cakram pun mengadopsi model flat..lagi-lagi sama dengan helm in..kemampuannya? nanti dibahasnya di artikel test ride.. πŸ™‚

roda belakang velg palang 5 juga dibalut ft 138 80/90-17 model baru..dengan rem cakram single piston untuk varian cw..gear belakang pun sekarang mengadopsi 39 mata (cmiiw ini juga kalo gak salah denger :mrgreen: )

model knalpot ala hsx helm in..blok mesin masih dilabur warna hitam sejak jaman hsx 125 gen 2..lagi-lagi seperti hsx helm in dimana tidak ada karet pada bagian kick starter..berbeda dengan pendagulunya..bagian bawah mesin pun seperti hsx helm-in tidak ada pelindung dari cipratan air, berbeda dengan hsx gen 1 dan gen 2..spion sudah tidak lagi sama dengan hsx gen 1, gen 2 maupun helm in..malah lebih mengarah model yang sama dengan gen nc 110 absolute revo dan blade, beat maupun cs1..

bagian kunci kontak..pembuka jok terdapat disini sehingga nggak harus melepas anak kunci saat membuka jok.. cukup putar pada “seat” dan kemudian ditekan..

kunci lebih panjang dibanding hsx gen 1 dan hsx gen 2..nggak tau si helm-in sepanjang ini nggak..belum pernah megang soalnya.. :mrgreen: jadi terasa lebih aneh lagi kalo dibanding kunci jaman hsx tahun 2001 misalnya (nf 100 / c100 series) πŸ™„

nah di bagian tengah nampak ada sesuatu yang menonjol dan bisa sedikit diputar..itu gantungan barang..jadi nggak perlu masang gantungan lagi..

melongkok ke bagasi..posisi aki kembali ke sini..berbeda dengan si helm in yang berada di tebeng..namun ukuran aki sekarang 3A, berbeda dengan pendahulunya yang 3,5A padahal menanggung beban injeksi dan lampu depan yang lebih memakan listrik dibanding pendahulunya..kemaren sempat ditanyakan kenapa pake lebih kecil dan dijelaskan oleh pihak AHM bahwa yang dirubah adalah pada sistem pengisiannya sehingga kondisi aki tetep bagus dan selalu dalam kondisi prima..nbsusanto kurang mudheng gimana pastinya..serahkan pada ahlinya dan biarkan pengguna yang membuktikannya.. :mrgreen:

siksik..itu di bagian kiri ada apa ya?

ada charger hp dengan kapasitas 12V 1A..memang bukan hal baru karena TVS Dazz sudah mengaplikasikannya..namun bedanya jika Dazz soket berada di luar, di HSX ini ada di dalam bagasi sehingga aman saat hujan sambil ngecharge..namun sayangnya tidak disertakan konektor dari soket ke kabel hp sebagai bawaan pada motor..sebenernya gampang sih cari di toko karena ini persis dengan penyulut korek di mobil..namun kalo nggak mau ribet kan sebenarnya bisa..atau mungkin bisa dijadikan bonus?

dengan adanya fitur ini, maka saat motor dicuci, bagian dalam bagasi tidak boleh kena air agar tidak konslet..memang sih kalo pemilik juga sudah dipeseni hal tersebut saat pembelian..namun kalo motor sedang dipinjam orang lain dan motornya dicucikan? kan orang lain belum tentu tau resikonya.. πŸ™„ mmm..mungkin masukan saja bagi AHM agar bagasi pada new hsx 125 fi ini ditambah dengan penutup seperti pada vario 110 techno..sekadar meminimalkan resiko saja soalnya kalo nyuci dan tutup bagasi dibuka tetep sama aja.. πŸ™„

namanya juga produk baru..pasti ada kelebihan dan kekurangannya, asalkan pada versi lebih baru selalu diperbaiki tanpa harus downgrade dan jadi lebih mahal..toh bisa pake cara efisiensi biaya karena mass product.. πŸ™‚

tuh tmcblog sampe ala rossi mengamati new supra 125 fi ini.. πŸ˜†

mengenai impresi ridingnya insya Allah di artikel selanjutnya.. πŸ™‚

sekian dan terima kasih.. πŸ™‚

wassalamu’alaikum wr. wb..

Advertisements

1 Komentar

monggo tanggapannya.....