sekilas riding impression honda new supra x 125 fi

assalamu’alaikum wr. wb..

setelah mengamat-amati new supra x 125 fi, akhirnya dapet juga giliran tes ride..3 motor nhsx-fi dengan road captain vario 110 dan sweeper seekor beat siap untuk menyusuri jalanan di kawasan gubug udang situ cibubur..jalan aspal dengan beragam kombinasi ada yang mulus, berlubang, ada polisi tidur ada tanjakan serta beberapa belokan nampaknya bisa memberikan sedikit gambaran..


secara berbarengan 3 rider memakai safety gear..disini nampak dua blogger di kanan menggunakan helm apik merk nolan dan airoh..jaket pun mereka bawa sendiri..

new supra 125 fibeda dengan nbsusanto..berhubung nggak ada rencana ikut test ride, tiba-tiba aja ikut, nggak bawa persiapan sama sekali..helm, jaket, knee protector serta glove menggunakan fasilitas yang dipinjamkan oleh AHM..bahkan sepatu pun pinjem kang at0zzย karena nbsusanto ke acara ini cuma pake sendal.. :mrgreen:

oke mari dimulai..start engine..suara yang terdengar lebih mirip blade series dibandingkan hsx 125 series.. ๐Ÿ™„

setelah aba-aba dari road captain dan 2 ekor hsx 125 melaju, nbsusanto pun mengikutinya..langsung geber seperti kalo bawa tricolore.. :mrgreen: di gear 1 sempat terasa ada lag..tenaga motor sempat terasa ada jedanya sepersekian detik..namun setelah itu tenaga yang tersalurkan cukup padat dan berisi..akselerasi cukup nampol..ya walau nggak seganas bebek 125 lain, namun terasa adalah tenaganya..efek gear 39? ataukah masih baru?

blogger gathering - test ride supra 125 fi (38)

nafas gear cukup panjang dimana gear 1 menyentuh 40 dan gear 2 menyentuh 60 dengan enak masih mau nambah..sayang mau eksplorasi gear 3 jalan tidaklah kosong..padahal beberapa rider sebelumnya sempat menggeber nhsx125 hingga gaspol karena jalanan lengang..wooo.. ๐Ÿ˜

ya sudahlah..pendam keinginan untuk njajal top speed..fokus ke hal lain..jalanan sedikit menanjak, tetap ditahan di gear 3..masih bisa naik dengan enteng..harusnya memang begitu dengan gear belakang yang lebih besar dan perbandingan kompresi balik ke 9,3:1..

kemudian jalanan berlubang dan polisi tidur..bantingannya tidak seempuk hsx 125 versi sebelumnya..terasa lebih keras, namun motor masih tetap stabil dan nggak kehilangan kendali..

selanjutnya saat menikung..jujur saja, nhsx fi ini terasa stabil saat menikung..lebih stabil dibanding hsx 125 versi sebelumnya..diajak belok nurut..dibawa agak miring pun nggak susah..nbsusanto sempat menikung ke kiri dengan memiringkan motor hingga sepatu yang posisinya sedikit di luar footstep bersentuhan dengan aspal..padahal jalanannya nggak lebar..nurut aja ini hsx.. *jangan ditiru, walau kalo bawa tricolore terkadang begitu juga ๐Ÿ˜†

kemudian impresi pengereman..seperti biasa njajal rem mendadak saat lubang, tikungan maupun polisi tidur..nah, disini sangat terasa kalau nhsx-fi ini remnya pakem..pakem banget..apalagi rem belakang, jauh dibandingkan hsx gen 2 yang sama-sama sudah mengadopsi cakram belakang..nggak cuma nbsusanto yang merasakan lebih pakemnya vakram belakang nhsx-fi ini, beberapa rider lain pun berpendapat sama..jadi lebih pede saat butuh tiba-tiba ngerem..

overall, dari segi handling dan performa, nhsx 125 fi ini memang terdapat perbaikan dan bisa dijadikan salah satu pilihan bebek..

new supra x 125 fi

walau yang lain bilang nhsx125 masih kurang nampol, mas aziz warungdohc sukses mengangkat ban depan new honda supra x 125 fi ini..lhaiyo mas aziz kan suhu master dari honda anf125 series.. ๐Ÿ˜†

sekian dan terima kasih.. ๐Ÿ™‚

wassalamu’alaikum wr. wb..

Advertisements

monggo tanggapannya.....