recuva, cara kembalikan file terhapus pc/hp

assalamu’alaikum wr. wb..

recuva..sebenernya nbsusanto udah pake software ini sejak lama.. beberapa kali mencari file yang menghilang dari memory biasanya.. salah satunya saat kopdar koboys dulu.. nah, kali ini mencoba share mungkin saja ada yang membutuhkan.. misalnya saja file di gadget seperti pc / memory / laptop / android yang hilang bisa dicoba recovery.. ya walaupun kalo di android yang sudah di root bisa pake aplikasi diskdigger..

mengembalikan file terhapus dengan recuva (1)

iseng sedang nyari file yang kayaknya udah diresize kok nggak ada di komputer.. keinget sempat mindah file lewat flashdisk.. kali aja ada yang udah ke resize biar nggak ngulangin gawean..

mengembalikan file terhapus dengan recuva (10)

buka software recuva.. langsung next saja..

mengembalikan file terhapus dengan recuva (2)

bisa dipilih lebih spesifik jenis file yang akan dicoba untuk dicari lagi.. misalnya gambar, musik, dokumen dan lain-lain.. kali ini nbsusanto mencari gambar.. kemudian next..

mengembalikan file terhapus dengan recuva (3)

akan lebih afdol lagi kalo lokasi pencarian dipersempit.. misalnya di memory di luar folder atau di dalam folder tertentu, atau foldernya sudah terhapus.. kalo folder terhapus, specific location bisa dipilih huruf drive memory yang ada dalam list windoes explorer.. kemudian next..

mengembalikan file terhapus dengan recuva (4)

untuk pencarian yang lebih mendalam, centang “enable deep scan” kemudian next.. oiya, ini membutuhkan waktu lebih lama dibandingkan tidak mengaktifkan deep scan..

mengembalikan file terhapus dengan recuva (5)

tunggu saja.. waktu pencarian bergantung pada besaran memory / partisi.. semakin besar tentu semakin lama.. semakin sering terisi juga semakin lama tentunya..

mengembalikan file terhapus dengan recuva (6)

kemudian akan nampak file-file yang sempat ada di dalam memory dan masih belum hilang sama sekali jejaknya.. untuk file yang masih bisa dikembalikan seperti awalnya, akan ada state “excellent”.. sementara itu “good” mungkin masih bisa dikembalikan walau mungkin ada cacat.. nah kalo “poor” berarti sudah rusak.. sebenernya asalkan file belum tertimpa file baru umumnya masih ada harapan dikembalikan..

mengembalikan file terhapus dengan recuva (7)

untuk mengembalikan file, centang pada file yang dimaksud.. oiya, nama file biasanya sudah berubah.. jadi manfaatkan saja preview nya.. klik recover dan pilih lokasi file akan dikembalikan.. akan lebih baik kalo lokasi tujuan recovery ini di drive / partisi lain.. kemudian OK..

mengembalikan file terhapus dengan recuva (8)

selanjutnya tunggu saja prosesnya.. umumnya tidak terlalu lama untuk file gambar.. setelah muncul tombol ok, klik saja.. setelah itu cek langsung ke lokasi pengembalian file..

mengembalikan file terhapus dengan recuva (9)

taraaaaa..file sukses dikembalikan dengan resolusi dan file size seperti sebelumnya.. 😎

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

Advertisements

25 Komentar

  1. Maav ini detail nya…sy mau mngembalikan sebuah foto yg dikirim dari chat whatsup.foto itu ada di memori internal tapi terhapus.sy coba pakai recuva tapi hp saya tidak terdeteksi di browse recuva..hanya terdeteksi di PC…

  2. Bagaimana jika hp saya tidak terdeteksi di recuva…saya sudah aktifkan usb debugging tapi tidak terbaca juga.trimakasih balasan nya

  3. Kalau tanda merah pada file yg mau di kembalikan itu artinya apa?? Terus meskipun bisa di kembalikan, tapi ga bisa di buka,, itu kenapa ya?? Mohon pencerahannya

  4. just sharing : it sbnere banyak skali software yg bisa dipakai kang, antara lain system mechanic recovery, tune up utilities un delete, recovery disk manager, recuva, easus recovery, power data recovery, pc inspector recovery & msih bnyak lg so yg pnting adalah kemudahan yg diberikan software tersebut & familier penggunaan software it sndiri cm memang ada yg bayar & freeware,…heeheee

    • nah itulah kang.. memang banyak.. salah satunya yang udah aku sering pake dan cukup mumpuni ya recuva.. freeware juga.. kemaren njajal pake tune up utilities juga mumpuni.. tapi ya itu cuma dapet trial atau harus bayar.. 😀
      matur nuwun share nya kang.. 🙂

monggo tanggapannya.....