trimaskenthir dolan ke timur : perjalanan dari JLS pacitan ke yogyakarta (selesai)

assalamu’alaikum wr. wb..

melanjutkan artikel sebelumnya perjalanan dari kediri ke pacitan..memang rasanya eman kalo nggak mampir di jembatan soge..jembatan yang seperti jembatan gantung namun sebenernya itu hanya hiasan..woooo.. :mrgreen:

jembatan soge (2)

pesona jembatan di muara sungai..selatannya langsung laut..lagi-lagi hanya tricolore yang nampang beserta rombongan lain.. #akurapopo πŸ˜†

jls - pantai pacitan

tak mau lama terlena, kami pun melanjutkan perjalanan..masih di jalur lintas selatan dengan pantai di pinggir jalan..

bromo tengger semeru (307)

berhenti lagi..kelakuan..yo begini..menikmati perjalanan dan pemandangan sepanjang jalan.. πŸ˜†

jls - pantai pacitan (2)

mau foto kok ya di pinggir pantai ada bendera partai dan caleg..woooo..menganggu pemandangan.. πŸ‘Ώ

pantai pacitan

mendung mulai menggelayut manja di angkasa..langsung memakai jas hujan dan siap melanjutkan perjalanan..

bromo tengger semeru (631)

berangkaaattt!!!

bromo tengger semeru (322)

bromo tengger semeru (325)

langsung tarik gas dan melaju begitu saja? tentu tidak..berjalan pelan untuk menunjukkan kalo tikungan JLS ini tepat saat laut nampak.. :mrgreen:

bromo tengger semeru (330)

mulai meninggalkan tepi laut..apakah keeksotisannya berakhir?

bromo tengger semeru (336)

tentu tidak! masih membelah pegunungan. 😎 *alay jangan dituru πŸ˜†

bromo tengger semeru (339)

nampak beberapa dinding perkuatan tebing..di sisi luar jalan ini juga tebing yang diberi perkuatan untuk menopang jalan..ciamik memang..

bromo tengger semeru (341)

tumben baru banyak fotonya..hihihi.. :mrgreen:

bromo tengger semeru (344)

akhirnya sampai di penghujung JLS pacitan..entah kapan jalan itu disambung dengan jalan lain yang entah lewat mana..ceritanya juga di PHP awan mendung karena di JLS sampai sini nggak hujan.. 😐

masuk ke kota pacitan..istirahat makan di alun-alun..maklum kelaparan karena makan berat sudah sedari pagi..

masjid agung pacitan

mampir ke masjid agung pacitan..jadi ingetΒ dolan ke pacitanΒ dengan temen sekelas kuliah taun 2012 lalu..dibela-belain turun kesini pas jumatan.. :mrgreen:

setelah selesai makan, lanjutkan perjalanan..kalo nggak salah set 5 berangkat..ada pilihan lewat jalur memutar yang tanjakannya tak terlalu curam..tapi tetep milih naik te tanjakan sedeng..disini temen nanya ada spbu nggak..setau nbsusanto setelah tanjakan sedeng..seperti biasa biarkan indikator bensin mepet dulu.. :mrgreen: terus naik..hingga setengah jam kemudian sampai di spbu..lagi-lagi spbu yang sama dengan pas dolan bareng temen sekelas maupun bareng koboys.. :mrgreen: isi premium 17 ribu rupiah ke tricolore..si mx juga isi bensin..

spbu pacitan

disini ketemu rombongan touring..safety gear lengkap dan ada yang pake strobo..sempat terjadi guyonan 5 orang ini..seorang temen bilang kalo nggabung aja biar strobonya terpakai..toh bawa orang sakit kan.. *mbuahmu! πŸ˜† mereka pun berangkat..

selang beberapa menit setelah persiapan kami selesai (maklum mampir ke kamar kecil juga) kami juga berangkat..menyusuri jalan pacitan..hingga ploang arah yogyakarta via pracimantoro, wonogiri..jalannya masih mulus tentunya hingga di batas provinsi..di tikungan setelah batas provinsi, seperti yang nbsusanto duga..jalannya mesti beda..di wonogiri nggak selebar dan semulus pacitan.. 😈

tempo pun berkurang..beberapa lubang jalan nampak..kami pun zigzag menghindari lubang..ya walau di beberapa ruas jalan sudah cukup bagus, setidaknya dibandingin pas lewat sini sebelumnya, jalan pracimantoro ini sudah sangat mendingan..lubang yang ada nggak parah-parah banget..di lokasi temen pernah jatuh karena lubang 2 taun lalu pun sudah bagus jalannya..lumayan lah..

melewati plang museum karst..memang kawasan ini cukup kaya akan ilmu pengetahuan.. πŸ˜€

lanjut lagi..jalanan mulai gelap..kami sudah masuk wilayah DI Yogyakarta..hingga menjelang maghrib sempat ada yang kelilipen, yang lain salah jalan..wah tanda untuk berhenti dulu ini..sekalian sholat biar lebih tenang di jalan.. πŸ™‚

setelah sholat dan sekadar minum pelepas dahaga, kami pun emlanjutkan perjalanan..jalanan sudah gelap..masuk wonosari si nvl sempat bingung karena pengalihan jalur..nbsusanto lagi-lagi mengambil alih posisi di depan..memang kalo belum pernah lewat, apalagi malam hari akan bingung saat lalu lintas ke barat dibelokkan ke utara di salah satu jalan..

kemudian masuk ke jalan wonosari-yogya..keadaan nggak terlalu padat dan cukup lancar..sempat berhenti di kawasan bukit bintang karena permintaan temen, namun melihat kondisi yang sangat ramai di sana, kami nggak jadi mampir dan memilih melanjutkan perjalanan menuruni bukit patuk..tak lama kemudian sudah sampai di jalan datar..jalannya cukup ramai tapi masih wajar..hingga mendekati ring road, nbsuanto pun sein kiri meminta rombongan berhenti..ya sekadar berpamitan karena nbsusanto akan belok kiri dan langsung menuju bantul sedangkan yang lain menuju sleman..

setelah berpisah, nbsusanto memacu motor melewati ringroad selatan kemudian masuk jalan bantul..nggak terlalu kencang tapi nggak pelan..hingga sekitar jam 8.30, nbsusanto sudah sampai di rumah..

bromo tengger semeru (639)

hari ketiga = 5761,6 – 5463 = 298,6 km..

total selama 3 hari = 5761,6 – 4877,2 = 884,4 km..

alhamdulillah..perjalanan yang cukup gendheng dan berkesan..walau masih sedikit ngganjel nggak dapat sunrise di penanjakan..tapi mungkin memang besok harus diulangi ke bromo lagi dengan persiapan yang lebih matang.. πŸ™‚

sekian dan terima kasih.. πŸ™‚

wassalamu’alaikum wr. wb..

Advertisements

19 Komentar

monggo tanggapannya.....