perbandingan headlamp new vario 110 fi dengan new scoopy fi

assalamu’alaikum wr. wb..

selain menjajal riding experience dari new vario 110 fi, nbsusanto bersama sedulur koboys juga sempat membandingkan nyala lampu berteknologi LED vario 110 Fi dengan motor lain..malam hari seusai sesi hiburan, sedulur koboys beserta staff mekanik AHM menuju ke bagian lapang yang merupakan tempat parkir motor..

IMG_2447

nah, kebetulan di rombongan ada seekor Scoopy Fi yang sudah mengadopsi lensa proyektor dengan tipe bohlam HS1 35 watt di lampu utamanya..pemilihan scoopy Fi sebagai pembanding vario 110 fi ini tentunya karena inovasi di headlamp yang belum banyak diadopsi motor di indonesia..projector yang ada pada scoopy Fi ini, walau belum full proyektor, memang sudah dapat memfokuskan cahaya sehingga titik fokus lebih terang dan terdapat cut off untuk mengurangi resiko silau yang dialami pengendara dari lawan arah..

perbandingan lampu vario 110 led dengan scoopy fi (40)

nah, vario 110 Fi ini menggunakan LED 2 x 2,2 watt untuk nyala lampu utama dual keen eyes nya..saat lampu jauh dinyalakan terdapat 4 buah lampu LED yang menyala, sehingga daya total adalah 2 x 4,4 watt (lampu jauh) + 2 x 2,2 watt (lampu dekat) = 13,2 watt..sangat kecil mengingat biasanya headlamp dual keen eyes mengadopsi 2 x 18 watt atau 2 x 25 watt..sementara itu umumnya lampu bebek menggunakan bohlam M5 dengan daya listrik 25 watt, 32 watt ataupun 35 watt..sedangkan umumnya bohlam HS1 menggunakan daya 35 watt..bahkan daya yang dikonsumsi saat lampu dekat lebih sedikit dibandingkan LED Luxeon yang banyak beredar dengan konsumsi daya umumnya 10 watt..

namun apakah lampu berdaya kecil ini terang?

hari mulai malam..langsung dijejerkan dua motor tersebut..pancaran lampu di sebelah kanan adalah lampu vario 110 fi, sedangkan sebelah kiri adalah pancaran lampu scoopy fi..

perbandingan lampu vario 110 led dengan scoopy fi (51)

nah, nampak bahwa pancaran lampu new vario 110 fi cukup fokus dan terang..bahkan mengalahkan terangnya scoopy fi yang menggunakan proyektor serta lampu 35 watt! 😮

kemudian mencoba lampu jauh..

perbandingan lampu vario 110 led dengan scoopy fi (49)

 

nampak bahwa pancaran lampu jauh scoopy fi lebih tinggi dibanding pancaran new vario 110 fi, dengan kondisi tinggi pancaran saat low beam sama tinggi..

perbandingan lampu vario 110 led dengan scoopy fi (8)

saat mencoba pancaran lampu vario 110 fi di rerumputan..masih terang.. o_O

perbandingan lampu vario 110 led dengan scoopy fi (29)

pancaran lampu dekat vario 110 fi ini juga tidak menyilaukan! 😮

setelah bareng-bareng diamati, nbsusanto pun berpendapat bahwa penempatan led yang agak tersembunyi di atas ini mengandalkan pantulan dari reflektor untuk memancarkan cahayanya..mas aziz warung dohc pun berkomentar bahwa desain reflektor vario 110 fi memang ciamik..apalagi dari kejauhan sepintas nampak seperti dual keen projector eyes..yep, hanya sepintas saja namun cukup keren..di siang hari pun pendaran cahayanya cukup jelas di mata pengendara lain tanpa terasa silau..

perbandingan lampu vario 110 led dengan scoopy fi (32)

namun ada sedikit catatan untuk lampu led vario 110 fi ini, yaitu cahaya lampu yang berwarna putih..memang di saat cuaca malam hari cerah, lampu ini akan terasa terang..namun seperti dari pengalaman banyak orang, saat hujan maupun kabut lampu putih tidak mampu menembusnya, berbeda dengan lampu kekuningan yang sanggup menembus kabut serta air hujan..memang kemaren nggak hujan sehingga nggak bisa diuji, namun dari teori warna nampaknya juga tak jauh berbeda dimana sorotan cahaya penerang bagi pengendara vario 110 fi ini tidak nampak di jalanan yang akan dilaluinya..

jika memang kurang mampu menembus hujan maupun kabut, sebenernya bisa diatasi dengan bagian mika headlamp dilapisi scotlight bening kekuningan, sehingga cahaya yang terpancar menjadi putih kekuningan..namun alangkah baiknya jika ke depannya sudah menggunakan mika kekuningan dari pabriknya atau pergantian warna led menjadi lebih kekuningan..

perbandingan lampu vario 110 led dengan scoopy fi (89)

tapi overall, desain lampu LED vario 110 Fi ini memang patut diacungi jempol..setidaknya dari sisi hematnya penggunaan daya listrik untuk lampu, sehingga tidak terlalu membebani aki, dengan pancaran cahaya lampu yang bisa menyaingi lampu 35 watt.. 🙂

*semua foto minjem kamera admin lovemotobike.com, karena si sony w570 baru dicas..kagok juga make canon eos 600D dengan fix lens 50 mm.. ngapunten kalo gambarnya mawut.. :mrgreen:

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

Advertisements

18 Komentar

  1. nah loh, di teori pancaran LED menembus apapun om. beda sama bohlam…
    hujan pun lebih jauh tembusnya (saya sudah coba saat keadaan hujan)
    contoh lain, komunitas aquascape juga lebih milih LED daripada lampu tube, karena pancarannya sampe ke dasar aquarium. LED sinarnya rata dan jauhh..

    trims

    • nice info.. kemaren berasumsi karena pada umumnya cahaya kekuningan lebih bisa menembus hujan/kabut dibandingkan putih ataupun kebiruan.. saya sendiri belum njajal dalam kondisi hujan.. 🙂

3 Trackbacks / Pingbacks

  1. Bukti Lampu Led Lebih Terang Dari Lampu Bohlam/Halogen | Nichoz Blog
  2. Kesalahan pemilihan warna lampu depan dari LED pabrikan jadi merugikan pengendara | Mengupas berita soal rider dan motor
  3. Lampu depan dengan LED justru jadi merugikan pengendara karena pemilihan warna yang salah | Mengupas berita soal rider dan motor

monggo tanggapannya.....