nokia x series, benarkah mutlak overprice?

assalamu’alaikum wr. wb..

sudah beberapa lama sejak nokia meluncurkan ponsel dengan os android yang dilabeli nokia x series..ya, sebuah terobosan dari nokia untuk tetap bertahan di antara smartphone dengan os android maupun ios setelah os windows phone belum mampu mengembalikan kejayaannya..

nokia-x-dual-sim-2

yep, nokia x seri terendah dirilis di indonesia dengan harga sekitar 1,6 juta, beda tipis dengan windows phone termurah mereka, lumia 520..

mungkin kalo dibandingkan dengan hp made in china, spesifikasi dari nokia ini jelas kalah mutlak..contohnya melawan himax pure 2, cross a7s maupun beberapa pembanding tulisan mas jahe disini..

berhubung ingin membandingkan secara harga, nbsusanto pun mengumpulkan spesifikasi beberapa hp android dari tabloid pulsa serta gsm arena..setelah spesifikasi beberapa hp tersedia, nbsusanto memilih beberapa hal yang biasanya menjadi hal paling umum untuk dipertimbangkan saat memilih gadget android dalam hal spesifikasi..

perbandingan Nokia X dengan Android made in China dengan harga hampir sama :

perbandingan nokia x dengan android made in china

terasa overpriced bukan? hp made in china pada umumnya menggunakan prosesor dual core > 1 GHz serta serta kapasitas baterai yang cukup besar..kebanyakan pula telah menggunakan RAM 1 GB.. 🙄

nah, mari coba membandingkan dengan ponsel branded semacam  samsung ataupun sony di harga yang sebelas dua belas..ambil contoh pembandingnya yaitu:

perbandingan nokia x dengan android samsung sony

 

mengamati tabel di atas, terlihat jika Nokia dikomparasikan dengan hp Sony maupun Samsung ternyata spesifikasinya berimbang..bahkan menang di beberapa aspek dengan harga mirip..

nbsusanto mencoba bersikap netral..memang kalo dibandingkan dengan hp yang tidak sebesar brand sony, samsung dkk, nokia akan terasa sangat overproced..toh hp made in china sekarang juga kualitasnya tidak kalah..apalagi dukungan komunitas hp non branded di berbagai forum misal kaskus cukup ampuh..

namun, jika dibandingkan dengan sony dan samsung, sebenarnya nokia masih berimbang..jika dikatakan overpriced, berarti merk terkenal memang terlalu mahal bukan? nah, jika membandingkan aftersales, biasanya outlet hp branded lebih mudah ditemui..kompensasi di situ kah? yang pasti, dukungan komunitas untuk hp branded dari forum luan negeri umumnya melimpah, misalnya dari xda-developer..

balik lagi ke peminat hp android..mau yang harga murah dengan spek mumpuni atau brand bagus dengan spek cukupan jika seharga hp non branded? kalo nbsusanto sih cari yang value for money nya tinggi.. 😉 *elus-elus si purtu :mrgreen:

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

Advertisements

13 Komentar

  1. kalo soal ini, nokia x emang ditujukan buat para fansboy nih, kayak merek2 terkenal lainnya. android berurusan dengan aftersales sepertinya hanya soal hardware deh, IMHO, kalo masalah software de el el, mending pilih android yang komunitasnya banyak n rame, ada kenapa2 tinggal oprek, cwimiew kwetiauw :mrgreen:

monggo tanggapannya.....