yamaha R25, redline 14ribu rpmnya memang menjanjikan!

assalamu’alaikum wr. wb..

kemaren, 20 mei 2014, secara resmi tudung penutup motor terbaru yamaha dibuka..yap, setelah berbagai sliweran spyshot jalanan, akhirnya motor tersebut dapat dilihat bebas dalam keadaan diam..

yamaha R25 (1)

melengkapi barisan YZF series, dimana moge nya juga bakalan dimasukin via CBU, akhirnya YIMM memperkenalkan yamaha R25 ini..

yamaha R25 (8)tampilannya lumayan lah dengan dual keen eyes..namun memang cukup berbeda dengan sport yamaha pada umumnya yang mengaplikasikan rangka deltabox, dimana R25 ini menggunakan rangka teralis..

yamaha R25 (9)

khas yamaha, buritan nungging dan garis desain yang meruncing..sayangnya belum mengaplikasikan banana arm serta monocross tanpa linkage, padahal adeknya, yamaha R15, telah mengaplikasikannya..

yamaha R25 (4)

headlampnya mengingatkan pada kombinasi garis desain ducati panigale, yamaha r6 2004 serta honda cbr 600 2013..dengan tambahan lampu di atas..lampu senja kah?

yamaha R25 (1)

melongok ke bagian panelmeter..wuedyan nampak redline di 14 ribu rpm.. o_O padahal sensasi 11 ribu rpm cs1 aja udah enak banget.. πŸ™„ tanda mesin sangat overbore dan selalu ngajak ke putaran tinggi..enak nih.. :mrgreen:

tachometer pun rada nyleneh dengan angka ganjil sebagai penunjuk..umumnya kalo nggak setiap angka ada, ya penunjuknya di angka genap..tampilan cukup lengkap, setidaknya terlihat speedometer digital, tripmeter, odometer, indikator gear, jam, indikator bbm, indikator panas mesin berupa bar, lampu netral, indikator fuelpump..

mencoba mengamati spesifikasi mesin yamaha R25 jika dibandingkan dengan honda CBR 250R dan kawasaki Ninja 250 Fi:

yamaha R25 spesification
yamaha R25 full spesification

yamaha R25 menawarkan klaim power terbesar dibandingkan kompetitor..36 ps di 12 ribu rpm..bahkan power maksimum tersebut didapat pada rpm lebih tinggi dibandingkan pesaingnya..bener-bener mesin teriak ini..ya walau sebenarnya ninja 250 r juga berpotensi berkitir pada rpm yang lebih tinggi lagi karena panjang strokenya lebih pendek dibandingkan yamaha r25..

berbicara tentang torsi..yap, jika dibandingkan cbr 250r tentu kalah..kalo buat stop n go memang duo dual silinder tersebut kalah dari si single silinder..namun yamaha r25 diklaim mempunyai torsi lebih tinggi dibandingkan ninja 250 fi pada putaran mesin yang sama, 10 ribu rpm..

yang patut menjadi perhatian adalah tingginya rasio kompresi, yaitu 11,6:1..hal ini tentu menunjukkan bahwa sebaiknya yamaha r25 meminum bbm beroktan tinggi, misalnya pertamax plus ataupun sejenisnya..ya walau di spyshot sempat ada r25 minum premium, sebaiknya dihindari kalo nggak kepepet.. *konsumsi bbm nya berapa yak? penasaran*

yamaha R25 (2)

overall, desain benar-benar baru dari yamaha r25 memang menjanjikan dari sisi performa yang diklaim..ya walaupun belum diketahui performa realnya..tapi pastinya nggak akan terlalu jauh dari klaim..terlepas dari adanya pemotongan fitur tak semelimpah di R15 dan tampilan yamaha r25 yang menurut penilaian beberapa kawan kurang joss terlalu jauh dari konsep yang keren,dengan harga sekitar 53 juta rupiah, r25 bisa dijadikan salah satu pilihan penggemar mesin teriak di rpm atas..mungkin strateginya seperti mobil honda ya, harga mungkin bisa kompetitif, fitur tidak semelimpah merk lain, namun punya keunggulan di mesin..ibaratnya, duit mahar pembelian larinya sebagian besar untuk mesin.. :mrgreen:

*maap nggak pengen, masih lebih milih honda CBR 250RR 4 silinder atau kawasaki ninja XZ R 250 4 silinder..dijamin lebih teriak-teriak πŸ˜† *

gambar dari blognya mbahbons, mbah dukun, pertamax7 dan google

sekian dan terima kasih.. πŸ™‚

wassalamu’alaikum wr. wb..

Advertisements

monggo tanggapannya.....