jalur mudik yogya-jakarta, lebih enak lewat jalur selatan!

assalamu’alaikum wr. wb..

perjalanan dari jogja menuju jakarta menggunakan jalan raya..biasanya jalur yang dipilih adalah yogyakarta ke barat mengikuti jalur selatan, kemudian di sekitar purwokerto belok kanan mengarah ke utara melalui bumiayu tembus brebes kemudian ke barat melalui cirebon dan mengikuti pantura maupun tol cikampek menuju jakarta..

jogja - jakarta via brebes

namun jalur ini biasanya macet..ditambah jalan di sekitar bumiayu yang selalu rusak parah..bergelombang..naik bus pun seperti naik kapal yang terayun ayun seperti dirasakan nbsusanto saat plant tour ke AHM dulu..

jogja - jakarta via bandung

nah pas dolan sekalian angkut-angkut barangnya mas aziz dulu, disarankan untuk lewat jalur selatan jawa dengan jalur banyumas ke barat lewat cilacap, masuk jawa barat di banjar kemudian lewat nagrek lanjut masuk ke tol cileunyi..ndilalah dipo sependapat..

start dari yogya, ikuti saja jalan yogya – wates kemudian setelah sampe wates, turuti saja jalan wates – purworejo hingga pertigaan ring road purworejo..mending ambil kiri lewat ring road purworejo..setidaknya skip macet yang mungkin terjadi dan tentu saja lebih pendek jaraknya..disini jalanan masih cukup wajar tidak begitu banyak berlubang walau memang tidak mulus..

jogja - jakarta via jalur selatan - bandung (124)

keluar dari kota purworejo disambut pemandangan di utara yang ciamik.. barisan pegunungan serta sawah yang menghampar luas lebih enak dipandang mata dibanding berbagai bangunan..

jogja - jakarta via jalur selatan - bandung (97)

nah bergerak semakin ke barat ukuran jalan ya seadanya..lubang jalan ditemui di beberapa tempat, namun kondisi masih sama saja di antara kawasan purworejo-kebumen-banyumas..

jogja - jakarta via jalur selatan - bandung (98)

jangan lupa untuk memperhatikan plang arah bandung..soalnya kalo belok kiri masuk ke cilacap kota dan malah muter-muter..tenang saja patokannya lampu merah di atas jembatan liat lagi plangnya, pasti mengarahkan serong kanan..

jogja - jakarta via jalur selatan - bandung (102)

masuk ke jalanan dengan tepi kiri perbukitan dan tepi kanan jurang..mengingatkan pas ke bromo via batu..ya itulah kawasan lumbir yang secara administratif masuk wilayah kabupaten banyumas..

jogja - jakarta via jalur selatan - bandung (1)

nah saat masuk ke kawasan karangpucung, cilacap, jalan yang dilalui cukup halus dan apik dengan kanan kiri adalah kawasan perkebunan..oya disini ada beberapa warung jika bermaksud untuk istirahat sejenak..

jogja - jakarta via jalur selatan - bandung (6)

tapi harus tetep waspada karena di beberapa titik mendadak jalan rusak lagi..yang pasti lebih baik jaga tempo kendaraan selain agar tidak kaget juga untuk mengurangi resiko capek.. 🙄

jogja - jakarta via jalur selatan - bandung (8)

beginilah kondisi jalanan di jawa tengah..mau di tengah hutan maupun di antara pemukiman sama aja..ancur..ati-ati dengan lobangnya..tentu saja waspada dengan simpang-simpang kecil karena ada kemungkinan kendaraan masuk keluar simpang tanpa kode..

jogja - jakarta via jalur selatan - bandung (33)

tambahan lagi, tetap selalu berhati-hati saat di tikungan..marka tanpa putus yang artinya tidak boleh dilanggar.. lebih baik sabar saja melintasinya.. ditambah disini juga tak jarang dilewati oleh truk bermuatan besar serta beberapa bus dan travel yang lewat jalur selatan..

jogja - jakarta via jalur selatan - bandung (37)

sampai akhirnya nampak tanda perbatasan jawa tengah dan jawa barat..pas hampir perbatasan saja jalannya mulai bagus.. 🙄

jogja - jakarta via jalur selatan - bandung (40)

setelah melalui jembatan sungai citanduy yang merupakan pembatas jawa tengah dan jawa barat, nampak penanda masuk jawa barat..jalan di kawasan banjar ini lebih menjanjikan kok.. :mrgreen:

jogja - jakarta via jalur selatan - bandung (45)

nah di banjar inilah jalannya mulai menanjak..memang belum tanjakan yang terjal, tapi alangkah baiknya tetap berhati-hati.. saran nbsusanto sih kalo bahan bakar mulai menipis lebih baik isi BBM dulu di sekitar sini daripada nanti kena macet dan jarang tempat isi bbm..

jogja - jakarta via jalur selatan - bandung (54)

jalan nggak datar dengan tepi bervariasi terkadang hutan, kebun maupun pemukiman..jalanan mulai menyempit dan garis tanpa putus memisahkan lajur jalan..

jogja - jakarta via jalur selatan - bandung (78)

masuk jalur gentong..untuk ke arah bandung via jalur baru..lumayan untuk mengurangi kepadatan saat tanjakan dan tikungan..jadi penasaran, jalur keretanya gimana ya kalo medannya pegunungan seperti ini? sempet liat di sygic memang jalurnya berkelok-kelok.. 🙄

jogja - jakarta via jalur selatan - bandung (89)

di tasik tak banyak berubah..jalanan terasa sempit apalagi saat bertemu dengan kendaraan besar macam bus dan truk yang tak jarang lewat sini..tapi tak bisa dipungkiri pemandangan alam di jalur ini memang uapik banget.. 🙂

jogja - jakarta via jalur selatan - bandung (107)

masuk ke area nagrek..sebaiknya pilih jalur baru untuk meminimalisir kemacetan yang mungkin terjadi di tanjakan tersebut.. *sayangnya kemaren skip jalur baru karena dikira pertigaan setelahnya.. 😆

masuk ke bandung..mulai enak karena jalan mulai lebar..lewat rancaekek dan selanjutnya sudah tidak sesempit dan semenanjak daerah nagrek.. tapi kalo mudik pake mobil, sebaiknya masuk tol cileunyi-padalarang untuk menghindari kemacetan di kawasan bandung.. mending bayar Rp 52.500 untuk perjalanan > 150 km dari gerbang tol cileunyi via tol cipularang sampai tol jakarta (tarif saat itu)..

kondisi tol padaleunyi dan cipularang ya cukup normal..dengan 2 jalur utama dan jalur tepi untuk kondisi darurat serta ada tambahan jalur pada saat tanjakan memang tidak bisa dianggap lebar seperti saat sudah masuk tol sekitar karawang..namun cukup lah untuk batasan kecepatan 60 – 80 kpj.. rest area arah jakarta hanya ada di km 125 selanjutnya km 97 kemudian baru setiap sekitar 10 km ada rest area..sementara untuk arah bandung, rest area terakhir di km 87 jadi maklum saja setelah pintu tol banyak mobil berhenti di pinggir jalan..

jogja - jakarta via jalur selatan - bandung (113)

kemacetan di tol ini mungkin terjadi saat ada perbaikan jalan ataupun saat ada kecelakaan..kalo dalam kondisi normal perjalanan cepet.. oya tentunya bukan saat musim mudik atau libur panjang, tetep aja lumayan padat.. kalo mas aziz bilang pernah dari karawang sampai bandung cuma sekitar 1 jam.. 😯

jogja - jakarta via jalur selatan - bandung (114)

selanjutnya masuk pintu tol halim..nah disini sering banget macet..khas di pintu tol manapun lah ya..maklum mental rebutan dan ogah antri..padahal kalo mau antri bisa lebih cepet dan nggak amburadul.. 😐

jogja - jakarta via jalur selatan - bandung (118)

yah begitu masuk jakarta kemacetannya khas lah..klakson disana-sini.. 😆

lama perjalanan bergantung kecepatan dan seberapa lama istirahat..kemaren nbsusanto karawang – wates butuh waktu 14 jam termasuk 2 jam lebih untuk istirahat dan makan dengan perjalanan yang cukup santai..bagi yang sudah biasa nyopir luar kota mungkin jauh lebih cepet.. 😀

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

Advertisements

monggo tanggapannya.....

  1. Ping-balik: jalur mudik yogya-jakarta, lebih enak lewat jalur selatan! | kankkunk.wordpress.com

  2. yup jalur di jawa tengah memang begitu.. mesti ada lubangnya.. tapi bener, pemandangannya itu lho melihat ke utara ada pegunungan dan kanan kiri persawahan.. biasa mudik sampe mana om? 😀

  3. Ping-balik: liburan akhir tahun, tol cipularang dialihkan akibat bergesernya jembatan cisomang | kankkunk - blognya nbsusanto

  4. Ping-balik: alternatif jalur selatan banyumas-jogja via daendels yang eksotis | kankkunk - blognya nbsusanto

  5. Mas, kami dari palembang, skr di jepara mau k yogya rute yg aman & cepat lewat mana mas, trus dr yogya k jakarta sama, rute aman & nyaman lewat mana, trm ksh.

    • kalo dari jepara ambil arah semarang aja mas.. kemudian bisa lewat magelang saja kalo jalur yang umum dilalui dan lumayan enak.. kalo mau ke jakarta ada opsi via bandung atau tol cipali.. itu sama saja kok..

  6. Mas jalur yang mas lewati itu full bisa di pakai jalur motor gx ya???? soal y mau gas Jogja jakarta pake motor… dijawab secepatnya mas.heee

  7. Rute ini bisa dipakai untuk kendaraan roda dua gak ya bro?
    Saya dari jogja naik motor. rencana saya menghindari rute jalan nasional/provinsi, jadi trip santai aja sih.

    • bisa kecuali bandung-jkt yang via tol.. katanya di selatan tol ada jalan yang bisa untuk santai tapi belum pernah tau kondisinya gimana..
      kalo trip bener-bener santai dan jalan siang, dari jogja bisa lewat jalan daendels.. memang purworejo ke barat jalannya masih rusak, tapi suasananya tidak seramai jalan utama.. nanti tinggal pilih lewat kota cilacap atau lumbir.. lewat kota cilacap tembusnya banjar dari selatan..

    • dari sekitar jakarta? kalo lewat selatan jalur relatif lebih halus, tp waspadai nagrek karena jalan sempit kalo ada kendaraan muatan berat otomatis macetnya bakalan parah.. kalo lewat utara mungkin enaknya bisa mengurangi macet via tol cikapali walau harus waspada mengingat tol baru kelengkapannya belum lengkap.. selanjutnya kondisi perkerasan jalur brebes-purwokerto nampaknya belum banyak berubah..

    • bbm berangkat dari wates sampe sekitar ciamis habis 150 rb (bensin masih 6500 per liter) kemudian sampe karawang nggak isi full lagi.. ya jarak mungkin sedikit lebih jauh drpd lewat utara.. tapi waktu bisa beda..

  8. sekitar 2 bulan yg lalu saya ke jakarta via selatan itu & kapok lewat jalur itu.daerah nagreg banyak lubangnya di jalanan ckck.
    mending lewat pantura saja coz jalannya dah bagus & medannya rata 🙂

      • ga ngeh aku pas lewat nagreg coz malem turun hujan pula ditambah macet pula.
        jalur purwokerto brebes masih nyaman meski berlubang tapi ga terlalu nggunung kek nagreg 🙂

        • kemungkinan jalur lama.. pas itu aku juga lewat jalur lama lumayan nanjaknya.. malah ada kejadian telat pindah gear sampe bau kampas kopling.. :mrgreen:
          ya memang tanjakannya purwokerto brebes nggak seekstrim nagrek.. cuma lubangnya memang.. sayangnya lewat jalur itu malem hari jadi nggak bisa liat aslinya gimana.. :mrgreen:

          • kondisi jalan saat ini ngga bisa langsung di bandingkan untuk jalur utara maupun selatan, jika ada jeda waktu.
            Awal april 2015 saya pakai jalur selatan ke Purwokerto PP, jalannya ngga bisa di bilang bagus…beberapa tempat malah jelek terutama daerah wanareja, sidareja, cilacap. Tp saat ini ngga tau mungkin sudah dilakukan perbaikan.
            Tapi jalur selatan memang memiliki sensasi tersendiri saat melaluinya

            • ke purwokerto dari mana mas?
              memang kawasan cilacap hingga banyumas lumayan lubangnya.. walau kalo diteruskan hingga purworejo juga berlubang, meski agak mendingan..

  9. Jalur Selatan lewat Banjar & Karangpucung menuju Jogja terasa nyaman tapi berkelok2 jalanannya dan tidak banyak Truk2 & Bis2 malam…Kalo jalur Utara menuju Jogja lewat Cikampek-Indramayu masuk tol Kanci enaknya jalanannya lurus aja ga banyak berkelok2 tapi harus berhadapan dengan bis2 malam & Truk2…Overall semua jalur menuju Jogja ada kenikmatannya tersendiri (dalam perjalanan). Lewat Selatan OK Lewat Utara Ok.. tergantung anda mau lewat mana. Di coba kedua2nya…monggo he he he..

    • yap setuju.. kemaren naik bis juga lewat utara.. bener saja statemen nya temen, lewat utara cukup padat, tapi jalan cukup lebar walau jalan dari purwokerto arah brebes banyak jalan berlubang.. lewat selatan relatif tidak sepadat utara, hanya saja jalannya sempit dan cukup terasa tanjakan turunannya, apalagi jika macet di kawasan nagreg.. 🙂

  10. waduh waduh gan pasti seru banget ya bagi pecinta turing … dan pastinya dapet pengalaman berharga … dan pasti itu banyak RAZIA POLISI juga ya di jalan :v … ati ati asal klakon … 😀

  11. minta sarannnya nih…. Mudik tahun ini rencana ane ma klg mau mudik ke Yogya, perkiraan tgl 23 Juli 2014. enak lwat selatan atau utara yah?

    • kalo udah mepet rata rata tetep macet kang.. mungkin kalo lewat selatan macet di sekitar bandung.. kalo udah masuk jawa tengah ada alternatif lewat jalur daendels selatan kang..

    • sulit jawabannya mas rudi soale pasti macet dibeberapa simpul. untuk jalur selatan itu setelah keluar bandung sampai kurang lebih tasik itu bisa padat merayap karena jalannya kecil untuk jalur selatan jawa (arah bandung-jogja)
      untuk jalur pantura juga ga jauh beda kemacetannya dan beberapa titik kemcetan biasanya keluar bandung arah sumedang, masuk semarang, jalur semarang-jogja biasanya dulu macaet di daerah muntilan magelang deket2 borobudur tapi sekarang ada jalan tol yang semarang-jogja denger2 kepecah sebagian masuk tol untuk roda 4 nya.