inilah seninya memelihara mobil lawas alias motuba

assalamu’alaikum wr. wb..

pernah mengalami kendaraan bermasalah di tengah perjalanan? mungkin kebanyakan dari pengemudi mobil tua (motuba) pernah merasakannya, semisal : sein nggak bisa nyala, setir mendadak keras, wiper nggak mau beroperasi, selang radiator bocor atau yang konyol seperti kabel gas terlepas dari dudukannya.. πŸ˜†

oke, sekilas contoh-contoh itu yang pernah dialami oleh nbsusanto..kalo masalah lampu kurang terang dan ac kurang dingin tampaknya memang ituΒ wajar karenaΒ melihara motuba..kalo mau yang terang dan anyep ya pake mobil anyar.. :mrgreen:

gimana rasanya menghadapi masalah-masalah itu?pertama kali biasanya bingung..ya kalo bengkelnya deket, lha kalo jauh? πŸ™„

pengalaman yang bener-bener tak terlupakan adalah pas nyopir jogja-solo-jogja bawa dhenok esty..perjalanan berangkat normal-normal saja..eh lha kok pas pulang tiba-tiba setir menjadi berat banget buat dibawa belok..pas keluar gang sempat hampir nggak belok kalo nggak diputer sekuat tenaga..akhirnya bisa juga jalan dan belok walau berat, dan ini terjadi selama perjalanan dari sukoharjo sampai bantul..belum berakhir disitu, hujan lebat pun mendadak turun, e lhadalah wiper seret kalo dipaksa gerak terus..walhasil kalo tiba-tiba wiper berhenti ya nbsusanto ngalah dengan turun dari mobil dan benerin wiper..masih ditambah lagi kesasar karena belum hafal jalan, iseng sih lewat kota nya.. πŸ™„

alhamdulillah sampai bantul dengan selamat setelah berkali-kali turun dari mobil dan sempat istirahat untuk ngecek mobil di rumah saudara di sleman.. nbsusanto berusaha tenang konsen dan minta suasana tenang di dalam mobil..memang butuh tenang, sabar dan nggak kesusu..setelah dibawa ke bengkel, ternyata didapat diagnosis kalo ball joint nya bermasalah..doohhh.. -_-

selanjutnya yang paling konyol dan koplak..lagi-lagi bawa si dhenok esty..ceritanya baru keluar dari bengkel setelah diberesin handling dan rem yang bermasalah..dari rumah, sebenernya terasa injakan gas si dhenok esty agak aneh dan terasa ada jedanya..tapi ya itu..nekat lah si dhenok esty dibawa muter-muter buat njajal..pertama sih ya masih nggak papa diajak belok-belok dan ditarik ke 3 digit..hingga akhirnya sampai di jalan tembus sentolo-galur..pas tanjakan, iseng dari rpm rendah nbsusanto gas pol..pas hampir sampai puncak tanjakan, lha kok terasa nggak ada tekanan balik dari gas..woooo..opo iki..dijajal-jajal juga nggak mau.. 😐

alhamdulillah sih masih ada sisa tenaga buat nanjak dan dhenok esty masih bisa melaju sampai turunan..hingga akhirnya sampai jalan datar yang ada sedikit tempat di pinggir, nbsusanto memutuskan untuk minggir, berhenti dengan ngecek..pertama kali mestinya bingung..buka kap mesin..mau sms tetangga yang lebih tau tentang mobil kok nggak enak kalo mau ngrepotin..alhasil cuma ngabarin orang rumah kalo si dhenok esty bermasalah di jalan..iseng deh liat-liat kabel gas deket karbu, dan ditarik-tarik.. :mrgreen:

lha kok malah nemu masalahnya, ternyata kabel gas lepas dari dudukannya..pas dijajal masang dan baut dikencengin, wealah jebul bisa..setelah mencari-cari kira-kira kekencangan baut yang paling pas, dijajal nginjak gas..dan setelah pas, kap mobil ditutup..perjalanan dilanjutkan sampe rumah..e lhadalah sampe rumah liat hp ada 5 missed calls dari adek yang di-sms untuk bilang ke orang rumah..dan dia pun di rumah menyambut dengan pertanyaan yg intinya “jare bermasalah, lha kok ditelpon nggak diangkat”, ya maap bro, setelah itu nyopir nggak megang hp lagi.. :mrgreen:

kemudian ada lagi..pas dolan ke pantai drini sekeluarga itu..naik si dhenok esty juga..perjalanan berangkatnya sih asyik-asyik aja..lewat panggang..hingga siangnya pulang..diputuskan lewat wonosari..nampak mendung menggelayut..tak lama kemudian rintik hujan mulai turun..awalnya sih masih nggak masalah..wiper juga masih bertugas sebagaimana mestinya..jalanan di depan masih nampak cukup jelas..mulai turun jalan wonosari yogya..hujan semakin deras mengguyur..disini mulai terasa ngerinya..kaca berembun karena ac nggak mau menyemburkan angin untuk menghilangkan embun di kaca depan..jujur, nbsusanto hanya bisa liat lampu kendaraan lain dan marka jalan tanpa bisa melihat kiri kanan depan belakang dengan jelas.. 😯

kurang syahdu gimana..padahal jalan wonosari kan berbelok-belok dan menurun..akhirnya buka kaca samping dan berbasah-basah melongok untuk memperkirakan jalan.. πŸ™„ bapak sih bilang kalo nggak bisa liat jalan menepi aja..tapi nbsusanto menolak dan tetep nekat walau harus ekstra hati-hati..bukan apa-apa, malah lebih takut untuk minggir walau tetep berupaya menyembunyikan ketakutan nggak liat jalan..lha wong nggak tau kondisi tepi jalan..padahal tepi jalan deket bukit bintang itu jurang.. 😐

esteem

alhamdulillah sampai bawah dengan selamat..asli ngeri pol..sampe bawah langsung berani menepi dan istirajat sambil menunggu hujan mereda..

yang terbaru belum lama ini..pas mau ke toko berburu beberapa part kecil semacam filter oli dan filter bensin, nggak sengaja liat indikator suhu kok hampir mentok..woh..ndilalah kok ya pas melirik kesitu..alhasil langsung minggir, matikan mesin tapi biarkan kipas radiator tetap menyala..buka kap mesin..jebul selang radiator bocor.. O.o

selang radiator bocor

 

untungnya perginya sama tetangga yang sering utak-atik kendaraan..tentu responnya lebih cepat dibanding nbsusanto saat buka toolkit namun nggak menemukan alat yang dicari..langsung cari pinjeman obeng dan silet..dipotong bagian bocor yang ternyata efek getas karet di ujung..setelah yakin tersambung tanpa bocor, diisi cairan pendingin radiator..ndilalah baru beli beberapa hari sebelumnya langsung ludes lebih dari setengah wadah galon liquid coolant.. πŸ™„

tentunya sebelum berangkat memang perlu dilakukan pengecekan di berbagai hal, semisal oli mesin, oli power steering, radiator coolant, bensin, ac, lampu serta berbagai hal lain..

???????????????????????????????

memang, peralatan untuk pertolongan pertama semacam obeng maupun kunci berbagai ukuran sebaiknya dilengkapi dan selalu dibawa..begitu pula minyak rem, oli power steering, radiator coolant serta mungkin oli mesin jika suatu waktu menyusut..kalo motuba bermasalah, kuncinya memang harus tetap tenang dan lakukan penanganan pertama sebisanya, mungkin aja itu memang yang seharusnya dilakukan..kalo pun nggak bisa ditangani, setidaknya menuju ahlinya bisa lah kendaraannya dikendalikan.. πŸ™‚

semoga bermanfaat..

sekian dan terima kasih.. πŸ™‚

wassalamu’alaikum wr. wb..

Advertisements

19 Komentar

  1. woh masih banyak pengalamanku kalau motuba… sudah 3 kali ganti motuba aku bro jepang dan eropa… yang super konyol ya..kap mobil sedannya buka.. lah kan gak bisa lihat tuh… belum sampai disitu..master rem meletus..rem blong..terpaksa kepala menjulur keluar jendela sambil mesin dimatikan dan baru berhenti setelah keluar tikungan… hebat to..ditikungan gak pakai kaca depan…xixixixi :mrgreen:
    *kisah nyata ora guyon kie…

1 Trackback / Pingback

  1. salah satu upaya peremajaan kota yang paling besar adalah pembangunan rumah susun. Model hunian vertikal menjadi model perumahan masa depan yang paling relevan bagi masyarakat kota-kota besar terutama di Jakarta.

monggo tanggapannya.....