Cara Cepat Penghitung Kecepatan Motor Berdasarkan Putaran Mesin

assalamu’alaikum wr. wb..

kebanyakan dari biker yang penasaran dengan akurasi speedometer motornya menggunakan GPS sebagai pembanding berapa persen akurasinya..memang itu akan akurat saat cuaca, gadget serta kondisi jalanan mendukung..sayangnya, tidak selalu begitu..nah, bagi yang penasaran dengan akurasi speedometer, dapat melakukan perkiraan berdasarkan putaran mesin yang bekerja..

screenshot penghitungan kecepatan berdasarkan putaran mesin

yep..gambar di atas adalah screenshot dari rumus yang nbsusanto susun di excel online..sebenernya pengen bikin software penghitung kecepatan berdasar putaran mesin ini dengan format .exe pake visual basic..ndilalah kok vb nya nggak ada..pun begitu harus belajar ulang main vb setelah bertahun-tahun pernah sedikit belajar dasar dulu.. :mrgreen:

berikut link menuju file excel online yg nbsusanto susun dari berbagai referensi : excel perhitungan kecepatan berdasar putaran mesin

mudah saja penggunaannya..parameter yang dibutuhkan adalah ukuran ban belakang serta rasio gear lengkap dari motor yang akan dihitung pada rpm yang diinginkan..penggunaannya setelah load link selesai, klik “edit workbook”  kemudian “edit in excel online” kemudian masukkan parameter yang diminta..disini koma [,] diganti dengan titik (.) karena dari excelnya disono..data kecepatan akan langsung muncul di kolom kecepatan (mungkin tergantung kecepatan internet juga)..setelah selesai cukup ditutup saja.. 😀

mengenai akurasinya?yang pasti ini menggunakan konversi 1 inch = 2.54 cm, yang hanya 2 angka di belakang koma..

namun, perhitungan ini juga membutuhkan akurasi dari tachometer yang akurat..ya setidaknya mendekati akurat, mengingat jarum tachometer juga tidak bisa diliat pasti posisinya karena analog..inilah kekurangan dibandingkan dengan metode perbandingan akurasi speedometer menggunakan GPS..

keuntungannya, tentu saja bisa menentukan perkiraan kecepatan tanpa harus ngebut..namun kalo memang membutuhkan akurasi sebagai perbandingan, bisa saja cara ini diaplikasikan..

oiya, maturnuwun pada mas kenthoetboreup yang di artikelnya mengingatkan rumus-rumusnya yang dulu juga pernah baca dimana gitu tapi lupa.. :mrgreen: serta tentunya pada gearingcommander.com yang menginspirasi pembuatan file excel ini yang hasilnya sama, hanya saja disana tentu sudah banyak librarynya.. 😀

sebenernya sih awalnya pengen ngitung perkiraan speed yamaha r25, tapi berhubung spesifikasi gear ratio belum keluar, belum bisa ngitung.. :mrgreen:

mohon maaf masih sangat banyak kekurangannya..semoga bermanfaat.. 🙂

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

Advertisements

5 Komentar

monggo tanggapannya.....