menyusuri rel kereta api jalur selatan jawa. jalan-jalan men!

assalamu’alaikum wr. wb..

jalan-jalan men! yep, sebuah rangkaian kata yang dipopulerkan oleh jebraw yang menandakan petualangan..emang ke tempat yang pernah dipublikasikan jebraw dan naya di acara jalan-jalan men?

susur rel kereta api jalur selatan (31)

tidak..tapi nggak kalah menariknya..yaitu susur rel kereta api jalur selatan jawa! ๐Ÿ˜Ž sebenernya tugas dari dosen ini..tapi sebut saja “dolan” bersama beberapa partner.. ๐Ÿ˜†

semua jalur selatan kereta api jawa disusuri? tentu tidak..bisa gila kalo semua disusuri jalan kaki..walau pemandangannya pasti ciamik.. ๐Ÿ™‚

susur rel kereta api jalur selatan (1)

perjalanan yang berlangsung beberapa hari ini dimulai dari kawasan banyumas..sekitar ratusan meter atau satu kilometer di timur stasiun tambak..

susur rel kereta api jalur selatan (3)

kalo ketemu kereta ya harus minggir dan jaga jarak..ngeri juga deket kereta yang sedang ngebut..

susur rel kereta api jalur selatan (4)

ketemu jembatan? ah 15 meter..begitu memastikan nggak ada kereta hampir lewat ya sikat! ๐Ÿ˜Ž walau pertama lewat ngeri-ngeri sedap..mau liat ke depan takut terperosok..kalo liat bawah terus nggak bisa memastikan rel aman dari kereta.. :mrgreen:

susur rel kereta api jalur selatan (5)

saat berada di bagian galian dan melihat kereta berbelok itu keren banget momennya.. ๐Ÿ™‚

susur rel kereta api jalur selatan (9)

terkadang naik ke bukit di sebelah rel..sekadar pengen tau..

susur rel kereta api jalur selatan (13)

ketemu dengan jembatan kereta api dengan rangka batang di bagian atas..nggak jauh berbeda sih sensasinya..liat bawah ada sungai dan harus tetep menjejakkan kaki pada bantalan kereta..

susur rel kereta api jalur selatan (14)

sampai di stasiun ijo..bukan untuk naik turun penumpang, namun untuk berhenti sejenak bagi kereta dengan kelas lebih rendah saat bertemu kereta kelas lebih tinggi..misalnya kereta ekonomi berhenti di jalur lain saat kereta eksekutif lewat..tidak hanya saat diselip, namun saat bertemu juga..maklum jalur ini masihย single track..

susur rel kereta api jalur selatan (15)

yak di timurnya terdapat terowongan ijo..dengan panjang 580 meter membelah bukit kapur..

susur rel kereta api jalur selatan (16)

kebetulan saat sampai di depan terowongan ini, ada kereta lewat..begitu kereta keluar dari terowongan, terpaan angin terasa sangat kencang..nyali ciut..bahaya kalo lewat dalam terowongan..akhirnya cari jalan naik bukit untuk skip terowongan ini.. :mrgreen:

susur rel kereta api jalur selatan (20)

pemandangan dari atas bukit ke arah barat..sejauh mata memandang rel kereta menyatu dengan alam..

di atas terowongan ada sebuah pedesaan..lumayan juga melewati perkebunan serta jalan setapak..dengan dipandu gps sygic untuk menunjukkan arah ditambah bertanya warga untuk memastikan, kami berjalan terus ke arah timur..cukup jauh dan tak ada tanda-tanda dekat dengan ujung terowongan..hingga akhirnya di tempat yang cukup lapang untuk memandang ke arah kejauhan….

susur rel kereta api jalur selatan (21)

mulai nampak ujung terowongan..ternyata nggak nyasar.. :mrgreen:

susur rel kereta api jalur selatan (89)

kalo pake kata-katanya mbah melon seperti ini, “kalau tanah yang kupijak ini tidak nyata, lewat jalan mana aku harus menemuimu?” dan memang menguasai! ๐Ÿ˜Ž

susur rel kereta api jalur selatan (23)

tapi jalan menuruni bukit ini lebih abstrak dibanding saat naik..nggak ada tangganya.. ๐Ÿ˜†

susur rel kereta api jalur selatan (25)

disambut hujan..untung pas di pos jaga terowongan..dapat cerita dari petugas kalo dulu sebelum dibangun drainase di kiri-kanan rel, terowongan nggak bisa digunakan saat hujan deras..

susur rel kereta api jalur selatan (27)

lanjut perjalanan esoknya..nemu kejanggalan di sambungan kereta..harusnya tiap jarak tertentu, rel disambung dengan plat dan baut..namun disana rel yang ada lubangnya disambung dengan las..padahal maksud dari sambungan plat dan baut ditujukan untuk menyiasati pemuaian sehingga rel nggak bengkok..memang, apa ada di lapangan seringkali berbeda dengan yang didapet di bangku kuliah..

susur rel kereta api jalur selatan (34)

dapat pengetahuan baru juga kalo perkuatan tanah di rel kereta bisa menggunakan kombinasi rel bekas dengan susunan batu..istilahnya kombinasi antaraย gabionย denganย rail pile..

susur rel kereta api jalur selatan (36)

nemu juga hal yang aneh..adaย underpassย box culvert yang tepat di sampingnya ada perlintasan sebidang..trus maksudnya ini gimana ya? ๐Ÿ™„

susur rel kereta api jalur selatan (43)

selanjutnya sampai di Stasiun Gombongย yang mempunyai 5 jalur dan terdapat gudang pupuk pusri..

susur rel kereta api jalur selatan (45)

di timur stasiun gombong terdapat jembatan yang lebih aman untuk dilewati dengan adanya jembatan yang bisa dilewati orang jalan kaki dan sepeda..

susur rel kereta api jalur selatan (46)

kemudian dapat pengetahuan baru lagi..penjepit rel dengan bantalan yang ada di jalur selatan ini bermacam-macam..nah kebetulan di salah satu titik terdapat 3 penjepit dalam 1 tempat..penjepit yang umum digunakan saat ini adalah gambar yang tengah..

susur rel kereta api jalur selatan (48)

saat melewati jembatan, nampak juga kalo kelengkapan rel keretaย mretheli..baut yang hilang..kayu bantalan yang sudah keropos..duh.. ๐Ÿ˜

susur rel kereta api jalur selatan (54)

hingga akhirnya bertemu kembali dengan jalan raya kebumen – banyumas..sudah selesai? tentu belum..baru juga sampai Stasiun Karanganyar..

susur rel kereta api jalur selatan (59)

berlanjut terus..nggak ada yang menarik banget hingga menemukan wesel lagi..tanda hampir masuk stasiun..

susur rel kereta api jalur selatan (95)

sampai di Stasiun Sruweng..untung pas nggak panas-panas banget..cukup nyaman lah untuk jalan kaki.. :mrgreen:

susur rel kereta api jalur selatan (62)

jalan ke timur lagi..di kanan-kiri rel mulai ditemui rumah-rumah perajin genteng..

susur rel kereta api jalur selatan (68)

benar saja sampai di daerah Soka yang terkenal dengan Genteng Soka nya..dibuktikan dengan sampai di Stasiun Soka..

jalan lagi..denger suara sirine palang penutup jalan..tanda kereta lewat..ditunggu-tunggu ternyata..

plasser and theurer machine

bukan kereta biasa..sebuah Plasser and Theurer Machine..sebuah kereta khusus untuk perawatan rel, yaitu untuk memasang rel ataupun menata batuย ballastย rel kereta..

plasser and theurer machine (2)

nunggunya lama ternyata lewat sekelebat tok.. ๐Ÿ˜†

susur rel kereta api jalur selatan (74)

lanjutkan perjalanan..nampak jalur kereta harus ditinggikan karena sawah ini berada di daerah cukup rendah..ada tikungannya pula..

susur rel kereta api jalur selatan (80)

melewati jembatan yang membuktikan kalo timbunan cukup tinggi..

susur rel kereta api jalur selatan (77)

di ujungnya ada jembatan..nggak main-main panjangnya cuma 100 meter..langsung ciut nyalinya setelah ada temen yang njajal jalan baru 5-10 meter hampir jatuh.. :mrgreen: ย akhirnya melintas sungai ini dijemput mobil dan lewat jembatan umum yang letaknya jauh banget dari jembatan kereta.. ๐Ÿ™„

susur rel kereta api jalur selatan (82)

setelah setengah jam jalan kaki dan naik mobil lewat jalan kecil akhirnya sampai di ujungnya..bisa lebih cepet kalo udah apal jalan dan pake motor.. :mrgreen:

susur rel kereta api jalur selatan (84)

kemudian sampai di Stasiun Kebumen..nampak bangunan lawas.. ๐Ÿ™„

susur rel kereta api jalur selatan (88)

hingga sampai di perlintasan jalan Kebumen – Banyumas..akhir dari jalan kaki menyusuri rel 5 hari..

ya lumayan dapet banyak pengetahuan baru tentang rel kereta walaupun yakin ini masih cethek..semoga ke depannya bisa belajar dan dapat berbagai ilmu serta pengetahuan baru lagi.. ๐Ÿ™‚

sekian dan terima kasih.. ๐Ÿ™‚

wassalamu’alaikum wr. wb..

Advertisements

24 Komentar

  1. weh keren mas bro,dket jembatan pertama dri tmbak ada rumah kcil kanan jlan wrna biru..mbok suatu saat njengan jalan2 lagi,pengen minum,mampir kerumah mas bro..ya alakadarnya,seng pentin keno go seduluran

    • wah menarik mas.. kemarin sempet ada wacana emang mau ke sekitaran sana lagi tapi belum tau kapannya.. ๐Ÿ˜€
      tambak ke timur mas? yg jembatan kreta ada jalan tanah sekitar sawah itu?

  2. Wii terowongan ijo.. terowongan kereta terpanjang di pulau Jawa.
    Mantab bisa jalan-jalan susur rel. Sekalian aja di lanjuti Mas dari Kebumen ke stasiun Prembun – Stasiun Kutoarjo.

    • buahahaha.. kalo yang sekitar itu jatahnya temenku mas.. aku jatahnya ya segitu.. ๐Ÿ˜€
      sayangnya udah lupa rasanya naik kereta.. 10 taunan nggak naik kereta penumpang.. ๐Ÿ™„

  3. keren perjalanannya mas :thumbup:

    Kalo di Malang subuh2 pernah lihat petugas meriksa rel naik supra yg dikasih sespan ๐Ÿ˜€
    entah gimana detil modip nya, pas ketemunya di perlintasan yg gelap

    • belajar sekaligus dolan mas.. :mrgreen:

      wah joss.. emang ada kendaraan operasional pengecekan yang hasil modif an.. kalo yang nggak di rel tapi buat ngecek rel pernah denger pake KLX.. kalo yang motor modif kemaren sempet liat lupa dari siapa supra plat F juga pake sespan disesuaikan lebar rel.. :mrgreen:

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. cerita telat 7 jam bersama kereta api indonesia | kankkunk - blognya nbsusanto
  2. fajar utama jogja, ketika kereta malam ludes tak bersisa | kankkunk - blognya nbsusanto

monggo tanggapannya.....