touring pake motor matic? siapa takut! 8-)

assalamu’alaikum wr. wb..

fun riding ahm – koboys goes to pacitan..nah, dalam acara tersebut disediakan semua lini injeksi made by ahm.. *pcx cbr nggak ikut πŸ™„ * streetfire dipakai rc dan sweeper..masih ada berbagai bebek..tapi mosok ya pake bebek..kalo pake bebek mending tricolore lah.. :mrgreen:

touring jogja-pacitan vario 110 fi (2)

mau njajal vario 110 dari awal, eh kok udah ada yg booking..hampir saja milih blade repsol sebelum akhirnya melihat vario 125 iss yang masih lowong..langsung sikat! πŸ˜† sebenernya, belum pernah touring pake motor matic..paling cuma dalam kota..jangan bandingin kalo bawa tricolore.. :mrgreen: oke skip..

pake matic, tentu ada konsekuensinya..engine brake tentunya lebih terasa kalo bawa sport atau bebek..belum kalo faktor peredaman jalan yang bergelombang, roda 14 inch matic tentu nggak senyaman 17 inch sport dan bebek..tapi berhubung sudah mantep ya segala resiko siap saja.. 😎

IMG_2447

perjalanan pun dimulai..tentu di awal penyesuaian dulu..lumayan lewat jalan kabupaten dan kena macet di lampu merah..fitur mesin mati otomatis di Vario 125 ISS ini pun berfungsi normal..berhenti 3 detik mati, di gas langsung nyala dan nggak menghambat..memang benar fitur seperti di mobil matic keluaran terbaru ini cukup berguna kala macet..hanya saja memang butuh kondisi kelistrikan yang optimal..

mulai memutari ring road barat..performa vario 125 ini cukup mumpuni..setidaknya nggak menyusahkan rombongan..kemudian lewat jalan imogiri timur, mengambil arah selopamioro dan naik menuju JJLS panggang..yep, inilah jalan yang ditunggu..sanggupkah matic menaklukkan jalanan ini? 😎

nah..ternyata matic juga bisa menaklukkan tanjakan di sekitar jalur panggang dengan enaknya..bueh..lha vario 125 rasanya seperti supra 125 yang di-matic-kan.. πŸ™„

untuk urusan tikungan, memang agak susah ya..sebenernya faktor pembiasaan aja..maklum biasanya pake bebek atau sesekali sport kalo nikung agak kenceng.. :mrgreen:

kemudian mengenai konsumsi bbm..nah ini mungkin sedikit bedanya..biasa pake bebek, pake matic rasanya lebih boros..walau di kasus ini beda sedikit, tapi pake vario 125 maupun vario 110 tampaknya turunnya indikator bensin lebih cepet daripada tricolore.. πŸ˜†

z100_3902

kalo ngomong kenyamanan berkendara..pasti menyesuaikan dengan postur pengendara..yang pasti, butuh pembiasaan mengenai tuas rem..apalagi bagi penganutΒ front brake only dimana kalo nggak kepepet nggak pake rem belakang seperti nbsusanto ini..lha kalo pake matic perlu disesuaikan tetep make rem belakang..lha konstruksinya beda sama bebek maupun sport.. :mrgreen: enaknya sih, kaki bisa selonjoran santai ataupun sesekali tekuk ke footstep belakang..toh tinggal tarik gas.. :mrgreen:

overall, pengalaman > 100 km pake matic ini memberi nbsusanto punya gambaran baru, kalo jarak jauh bukan berarti matic nggak enak, tapi butuh pembiasaan..ya mengenai performa juga butuh penyesuaian riding style..tapi kalo disuruh milih, ya masih mending jarak jauh pake tricolore.. πŸ™‚

sekian dan terima kasih.. πŸ™‚

wassalamu’alaikum wr. wb..

Advertisements

monggo tanggapannya.....

  1. Gan saya mau touring dari jakarta ke padang
    Tapi pas lebaran touring ya gan
    Kalau ada kabarin ya gan
    Motor matic beat gan

  2. pak saya mau tanya nggeh.. kalo beat versi lama yg beli tahun 2010 itu bisa di ajak buat naik ke jalanan wisata pacet air panas atau kakek bodo ndak ya? itu beatnya buat goncengan 2 orang dan berat total antara 130 kg..

  3. Waduh, apa enaknya pake matik, ga bisa nendang2 dijalan, apalagi bnyk bus/truk berbodi panjang kali lebar, motor kopling jauh lbh aman.

  4. Permisi gan ane mau tanya nih kalau gk ada halangan hari sabtu ane mau ke jambi dari pekanbaru kira2 bisa gk gan pakai motor matic beat???

    • wah belum pernah ke jambi maupun pekanbaru.. tapi sebagai gambaran kemarin ada yg touring pake matic jakarta-padang via bengkulu juga secara umum lancar kok.. nampaknya asal sehat tak ada masalah berarti..

  5. Cuma ga biasa aja ini.
    Ane udah terbiasa pk matik wtf, sebelumnya pk megapro 7tahun dan juga ini motor udah turing pulang k sumatra… Tdnya juga skptis sama vario 125 ini, tp sekarang, justru ane malah ga nyaman pk motor sport buat turing, apalagi setelah nyobain bbrapa matik yg aga besar, macam pcx n skywave 250.
    Kalo menurut ane, matik itu nyaman tp ga asik, ga asiknya itu adalah ga ada sensasi liar saat menaik-turunkan persneling…. Semuanya rata kaya mesin potong rumput. Tp nyamannya itu semua serba santai, turing itu kan cuma 60-100kpj di indonesia. Kaki bisa selonjoran, kalo mo minum ada rak didepan, tanpa harus berhenti untuk minum, dulu d megapro ane pasang tempat minum sepeda d setang, tp ga nyaman karna terpapas sinar matahari langsung.
    Makanya saat ini ane lg ngumpulin buat upgrade minimal k pcx ato diatasnya.
    Lebaran ini insya Allah, ane akan pulang k sumatra barat pk vario 125…..

  6. klo matic berdasarkan pengalaman:
    1. asalkan bukaan gas diurut.
    2. feeling pengendara untuk mengetahui bukaan gas (putaran mesin pas) (bahasanya susah iki. hehehe)
    3. Jalan ga macet2 amat
    Bisa irit.
    (Mio smile)