berjibaku dengan lumpur di jalan menuju pantai jungwok naik avanza..berani??

assalamu’alaikum wr. wb..

bulan lalu, temen-temen kuliah merencanakan dolan angkatan ke pantai jungwok..sebenernya sudah ada survei awal, namun masih ada hal yang belum fix sehingga harus survey lanjutan agar acara berjalan dengan lancar..3 orang dengan mobil avanza putih pun berangkat..wonosari ke selatan hujan..masuk ke jalur wediombo sudah reda..tapi..

offroad menuju pantai jungwok (1)

yep..jalur masuk dari wediombo ke jungwok yang masih tanah berbatu menjadi tantangan..awalnya yakin masih bisa melewatinya..berikut video-videonya :

akhirnya setelah beberapa lama, kami pun berhenti dulu dan nbsusanto pun jalan kaki untuk memantau jalan di depan, berani lanjut atau nggak..

jalan sempit..ini kalo di depan semakin parah tambah susah untuk putar balik..

kondisi jalan seperti itu ditambah sempat bertanya pada warga yang lewat, semakin masuk semakin parah..ditambah ada info masih ada beberapa mobil terjebak di pantai jungwok..langsung kami berusaha mundur dan putar balik..

offroad menuju pantai jungwok (3)

tidak semudah itu..harus berkali-kali didorong untuk keluar dari tanah lunak..avanza putih pun dipenuhi noda coklat..apalagi dengan jalan sesempit itu..terpikir gimana putar baliknya?

yep, diputar 180 derajat! ya memang nggak murni 180 derajat didorong, tapi memang memanfaatkan momen putar serta tanah licin..kalo nggak begitu, nggak bisa keluar..1 orang memegang kemudi dan 2 orang mendorong pun nggak kuat..beruntung ada 2 orang warga lewat yang membantu..alhamdulillah akhirnya bisa putar arah..alhasil balik ke arah barat dan nbsusanto beserta teman yang mendorong mengawal jalan kaki agar suatu waktu butuh didorong ya tinggal dorong saja..

offroad menuju pantai jungwok (4)

wokee..beberapa lama kemudian akhirnya bisa balik ke jalan aspal lagi..memang rodo kenthir kami waktu itu..untung nggak jadi berangkat pake grand livina temen lain..kalo iya kan susah dengan fwd dan ground clearance yang lebih rendah dibanding toyota avanza.. πŸ™„

kami pun akhirnya menuju ke rumah pengelola pantai jungwok..alhamdulillah menunggu sebentar, beliau sudah di rumah dan mengutarakan maksud kami sowan..balik dari jungwok sudah gelap..langsung pulang?

wayoo..jalan gelap banget..tanpa lampu PJU..kebanyakan pakeΒ high beam..ditambah salah jalan..harusnya bisa tembus wonosari dari selatan, lhadalah malah ambil ke timur lewat semanu (cmiiw lupa tepatnya) yang udah hampir masuk perbatasan jawa tengah karena yang di dalam mobil nggak liat simpang jalan..apalagi gps si purtu malam itu susah lock..percuma juga dipancing navitel maupun sygic tetep gagal..

untungnya prinsip ambil jalan gedhe bisa balik ke jalan utama..bener-bener pengalaman yang greget ini.. πŸ˜†

mengenai pantai jungwok..insya Allah di artikel selanjutnya.. πŸ˜‰

sekian dan terima kasih.. πŸ™‚

wassalamu’alaikum wr. wb..

Advertisements

7 Komentar

  1. itulah enaknya kalau teredia beberapa program didalam satu alat gps, kalau salah satu program dianggap kurang akurat kita bisa ganti ke program yang lain. ane aja yang belum pernah ke bali dengan pakai gps sangat percaya diri blusukan ke kota denpasar dan kota2 lainnya yang saya singgahi tanpa bertanya, yg penting rekam sebelumya tempat2 yg bakal kita tuju dan setting yang benar (pake mobil hindari jalan kecil dsb) agar menghemat waktu pencaharian, jadi tinggal pilih aja. oiya termasuk ke pantai klayar ane pake program polnav.

    • nah nice share mas.. πŸ˜€ cuma dari pengalaman ati-ati aja sama jalan searah soalnya kadang ada yang belum ada di aplikasinya.. atau kalo kebetulan ketemu jalan direnovasi siap ganti rute.. πŸ˜€

  2. wuih bagus pake avanza yang ground clearance tinggi dan rwd. fyi ane pake gps murah <1jt merk s**per s****g sf410i 5inch dari tahun 2010 dengan program didalamya polnav, navitel, igo amigo, garmin dan papago sampai sekarang nggak pernah bikin kecewa. ane lebih suka pake program polnav dan papago karena simpel dan ada indikator/info sisa km dan waktu tempuh. gps ini pada waktu hujan lebat tetap cepat ngelocknya. imo

    • untung batal pake livina.. :mrgreen:
      joss apik mas.. memang sebenernya kalo di mobil atau memang menginginkan optimal ya pake gps yang sebenernya.. cuma kalo aku dari sisi kepraktisan dan adanya memang itu.. :mrgreen: kemaren juga ngobrol sama temen pake papago emang enak.. πŸ˜€

    • fitur keren apa ya misalnya?
      jadi pake aplikasi garmin? atau harus se alatnya? ya kali kalo bandingin pake alatnya jelas beda. ini kan memanfaatkan fitur di handphone. wajar kemampuan lock kalah dari gps asli. ~

monggo tanggapannya.....