shockbreaker belakang YSS Top Up untuk tricolore

assalamu’alaikum wr. wb..

setelah berusia 8 tahun, saat tricolore dibawa melewati speedhump dengan kecepatan wajar terasa nggak stabil dan ngebuang..enaknya kalo sekalian ngebut malah nggak terasa..untuk nikung juga terkadang kurang gimana gitu..dulu pernah ditanyain ke ahass sekalian ganti bearing roda depan, eh katanya shockbreaker belakang waktunya ganti.. 😐

shock belakang yss supra x 125 (2)

sudah diampet-ampet beli kok tapi ya memang sudah mempengaruhi handling..terasa nggeol kesana kemari.. ditambah pula memang sudah bocor mengotori knalpot..

shock belakang yss supra x 125 (54)

selain bocor kiri-kanan, kalo nggak salah shockbreaker yang kiri juga sudah nggak wajar bentuknya, agak bengkok.. 😐 ya gimana, makanan tricolore bukan cuma aspal mulus, jalan ancur pun tetap disikat! 😎 walhasil googling mencari referensi shockbreaker yang pas buat tricolore..awalnya ngobrol dengan juragan pertamax7, dia nyaranin pake shockbreaker tiger revo atau verza..ya apik sih, tapi harganya duh dek.. 😐 kalo pake shockbreaker belakang ori ahm, juga masih di atas 300 ribu.. liat liat kok kayaknya yss keren..akhirnya tanya ke dulur koboys yg mantan pembalap, yaitu panji theo tentang shockbreaker belakang yang recommended buat bebek..menurut pengalamannya sih, yss top up sudah cukup enak..katanya di sentul pun nurut..akhirnya keesokan harinya hunting di happy motor jogja..dengan mahar empat lembar proklamator, yss top up pun dimasukkan dalam tas..ya beda dikit dengan shockbreaker honda genuine parts.. :mrgreen:

shock belakang yss supra x 125 (20)

pengennya sih warna merah di antara pilihan merah dan silver..biar lebih pas sama warna tricolore..ndilalah diambilkan dari awal yang merah.. 😀

shock belakang yss supra x 125 (18)

langsung dibawa ke garasi warung dohc yang alatnya cukup lengkap dan bisa belajar bongkar pasang sendiri.. :mrgreen: *itu yg di dalem shockbreaker bawaan tricolore yg udah dilepas 🙄

shock belakang yss supra x 125 (1)

merahnya pas..yess.. 😀

shock belakang yss supra x 125

kelengkapannya..ada ring ganjel, stiker sama kertas petunjuk berbahasa thailand.. 😐 toh pnp juga.. :mrgreen:

shock belakang yss supra x 125 (7)

dibandingkan dengan shockbreaker belakang bawaan tricolore, nampaknya yss top up ini lebih pendek 1 cm..

shock belakang yss supra x 125 (8)

tapi kata mas aziz kalo dipasang belum karuan lebih rendah karena tergantung seberapa amblesnya shockbreaker..sekalian setel paling keras aja biar enak buat manuver.. :mrgreen: cara pasangnya pun ala sotoy nya ardiantoyugo.. cah gendheng.. 😆 hari berikutnya langsung dibawa ke pantai jungwok..awalnya tentu enak melibas aspal mulus gunungkidul..tapi ya nggak berani ngebut miring miring lha cukup rame dan berpasir.. :mrgreen: tapi setelah wonosari ke selatan, mulai lebih sepi..nah, miring-miring jadi semakin pede..bener-bener nurut diajak nikung tanpa kehilangan banyak kecepatan.. 😎 lepas dari aspal arah wediombo, masuk jalan berbatu menuju pantai jungwok..walhasil suspensi cukup meredam jalan yang sama sekali nggak rata..walau disetel paling keras dan shockbreaker sampe bersuara, tetep masih layak dan nggak ngebuang..mungkin kalo disetel lebih soft akan lebih meredam.. :mrgreen: kemudian untuk review dalam kota..melibas speedhump dengan kecepatan yang sama saat make shockbreaker bawaan, sudah nggak ada gejala ngebuang..apalagi agak kenceng seperti kalo biasanya berusaha agar nggak ngebuang pake shockbreaker bawaan.. 😀 dipake nikung memang uenak banget..sampe beberapa kali sisi luar sepatu bersentuhan dengan aspal sebagai tanda masih dalam kemiringan yang aman, tetep aja nurut..malah sekali saat nikung ke kanan, terdengar gesekan besi dengan aspal..weh..jadi inget pas balik dari bromo via pacitan itu..lha nggak terasa je..pas itu memang nggak terlalu menonjolkan sepatu keluar footstep.. :mrgreen:

laut bekah gunungkidul (188)

yep, overall shockbreaker yss made in thailand ini cukup mumpuni untuk penggunaan harian mengarah ke ketidaknormalan pemakaian.. :mrgreen: dengan harga 11-12 dengan shockbreaker pabrikan, yss top up bisa jadi alternatif lain..gaya dapat, fungsi dapat.. 😉

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

Advertisements

33 Komentar

  1. Punya saya habis ganti yss dtg hybrid,, menurut saya agak keras dari standar, tapi buat boncengan nyaman,. Mantul nya dikit, jg empuk, untuk jalan jauh masih blum di tes..

  2. mas itu roda belakang saya tertarik, tolong bisa sebutin spek. nya mas. hehehe oh ya… makasih buat penjelasan shockbreaker nya. aku juga mau ganti coz supraku udah atos yang belakang.

  3. Warna motor kita sma bgt mas!!!!
    Aq tahun 2006. Blm pernah ganti sok beker.jd udah kras bgt.rncananya mw gnti dgn sok yss jg…asik ya mas? Ga da mslah kan?

    • nek punyaku dibanding shock standar supra sedikit lebih pendek mas.. tapi kalo udah dipasang dan dibebani mungkin bisa sama kalo disetel di paling keras.. atau coba tanya aja barangkali ada yang sama persis/lebih panjang dibanding standar motor sampeyan, soalnya waktu saya beli itu nggak kepikiran ngukur.. :mrgreen:

    • paling nggak beda jauh mas hargane..
      soal bodi.. wis terlanjur ada kedernya mas bro.. tapi beberapa waktu lalu tak telateni, bongkar bodinya dan pasang dengan hati, lumayan berkurang kok mas.. faktor bongkar-pasangnya jebul.. mungkin kalo aku bongkar pasang telat dan bodi terlanjur retak atau terbiasa keganjel bisa sudah semakin parah..

    • hooh bim..awalnya hampir beli standar tapi kok harganya beda dikit.. 😆

      yep..nggak berani maen-maen di part ini..soale menyangkut masa pake dan kemampuan kestabilan libas jalan rusak.. 😀

monggo tanggapannya.....