kenapa memilih toyota avanza?

assalamu’alaikum wr. wb..

sudah beberapa hari blog sama sekali nggak update.. artikel yang menghuni draft pun sudah seret.. mohon dimaklumi karena sebenernya kalo niat itu selalu ada bahan.. cuma ya masalah klasik.. :mrgreen: skip skip skip.. kemaren nbsusanto berencana memberikan beberapa referensi untuk mobil low mpv 7 seater yang cukup mendapat tempat di hati konsumen.. kali ini nbsusanto mencoba membahas Toyota Avanza, yang merupakan rajanya penjualan MPV sejak pertama kali diperkenalkan..

offroad menuju pantai jungwok (4)

toyota avanza.. yap, sesosok mpv yang dibekali 2 tipe mesin, yaitu 1300 cc dohc vvt-i serta 1500 cc dohc vvt-i dengan penggerak roda belakang..

mobil ini saat ini untuk harga pasaran second plat AB di wilayah yogyakarta berkisar 125 juta untuk keluaran tahun 2011.. tentu tergantung tipe serta kondisi kendaraan.. untuk plat B tentu harga lebih miring lagi..

dari berbagai testimoni yang didapat dari temen serta impresi nebeng, berikut beberapa plus minus dari mobil ini :

kelebihan :

– nama besar toyota.. tidak bisa dipungkiri, faktor merk memegang pernanan penting di kancah otomotif indonesia.. namun bukan tanpa alasan mengingat nama besar toyota tentu menjamin tersebarnya jaringan aftersales serta suku cadangnya.. apalagi yang memikirkan harga jual.. tentu mitos toyota mudah dijual semakin menguatkan faktor ini..
– penumpang di baris ketiga masih cukup leluasa jika dibandingkan dengan lawan-lawannya..
– ground clearance cukup tinggi dibanding low mpv lain..
– rear wheel drive.. sebenernya ini relatif, tapi dibanding mobil sekelasnya, rwd avanza lebih menjamin enak untuk menanjak serta offroad ringan seperti saat nbsusanto berjibaku dengan lumpur di jalan menuju pantai jungwok..

offroad menuju pantai jungwok (1)
kalo pake mobil fwd ground clearance rendah nangis ini.. 😐

namun tentunya ada beberapa kekurangan toyota avanza yang dikeluhkan.. di antaranya :
– plat bodi yang lebih tipis dibanding lawannya di kelas low mpv dengan harga yang setara
– fitur cukup minim kecuali klan tertinggi
– timbal balik dari keunggulan rwd, konsumsi bbm lebih boros dibanding mobil fwd
– cukup limbung saat dibawa ngebut
– suspensi yang kurang nyaman

offroad menuju pantai jungwok (3)

nah tentunya itu baru sedikit pendapat dari yang dirasakan nbsusanto dan testimoni beberapa teman.. mungkin ada yang mau nambahin? oiya, satu lagi yang menurut nbsusanto merupakan kekurangan avanza, yaitu terlalu mainstream di jalanan.. maklum nggak terlalu suka dengan barang yang banyak yang punya, makanya supra 125 yg dipilih pun yang tricolore.. 😆

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

About nbsusanto 1033 Articles
Nur Budi Susanto - https://dolanotomotif.com/ seorang blogger yang menggemari otomotif, jalan-jalan, fotografi, teknologi, transportasi, dan kereta api. silakan tinggalkan komentar, kritik, dan saran atas tulisan saya. boleh juga japri saya di kankkunkblog@gmail.com.

7 Komentar

  1. alasan beli avanza faktor jual kembaliny yg masih bagus n sparepart pasti lbh mudah n cepat ato murah juga?

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*