menggerayangi daihatsu terios tx 2011 : tampilan dan akomodasi

assalamu’alaikum wr. wb..

terios.. minibus suv keluaran daihatsu yang merupakan kembar tak sama dengan toyota rush.. beberapa waktu lalu nbsusanto dapet kesempatan njajal daihatsu terios tx 2011..  nah kebetulan pagi-pagi nggak ngantuk, ya sudah pancal saja teriosnya.. sekalian sedikit memberi testimoni mobil ini..

daihatsu terios tx 2011 (61)

kesan pertama liat mobil ini.. yep, aura jipnya memang tak bisa dipungkiri..dipadu dengan velg 16 inch dengan balutan ban dunlop berukuran 215/65 membuatnya tampak gagah.. dengan headlamp projie, walau belum HID, roofrail yang sudah menjadi bawaan dari varian tx, serta motif grill depan yang simpel membuatnya semakin membuat aura penjelajahnya kental.. ditambah bemper ala variasi tentu lebih joss..

daihatsu terios tx 2011 (59)

untuk ban cadangan, ternyata velgnya juga merupakan alloy wheel, bukan kaleng.. terdapat rear wiper juga.. sayang untuk versi 2011 belum ada spoiler seperti terios 2013 ke atas.. lebih keren lagi sebenernya kalo ada footstep bemper belakang.. ~

daihatsu terios tx 2011 (18)

sepintas nampak bangku depan..terlihat sederhana saja dengan warna beige..jok kain membuatnya nampak elegan namun harus hati hati karena mudah kotor dan agak susah dibersihkan..

daihatsu terios tx 2011 (26)

bagian konsol depan.. standar saja tampilannya..pengaturan AC pun hanya berupa pengaturan kecepatan blower dan tingkat dinginnya AC..sayangnya head unit terios 2011 masih standar, memang double din, hanya belum support usb misalnya, mungkin ke depan pemilik bisa dikomporin ganti aftermarket atau head unit terios 2013 yg sudah touchscreen dan support usb.. 😀 tampilan stir pun standar saja..tidak ada fitur tilt steering seperti yang ada di suzi esteem..

daihatsu terios tx 2011 (16)

panelmeter terdapat speedometer, tachometer, indikator panas mesin, odometer, 2 tripmeter, indikator pompa bensin, indikator electronic power steering, indikator handrem, indikator tekanan oli, indikator aki, indikator sein kiri-kanan, indikator lampu, indikator lampi jauh, lampu pegingat seatbelt pengemudi serta lampu penanda apakah pintu sudah tertutup rapat semua atau belum.. cukup informatif sebenarnya.. oiya, saat semua pintu sudah ditutup dan kunci kontak on, semua pintu otomatis terkunci.. untuk power windows, dapat dikendalikan dari sisi pengemudi.. untuk kaca sisi pengemudi juga otomatis dimana jika dipencet agak lama akan turun full, ditarik agak lama akan menutup sempurna..terdapat pengatur kaca spion elektrik, namun belum mengadopsi pelipat spion elektrik..

daihatsu terios tx 2011 (45)

untuk kursi di samping pengemudi, terdapat kaca rias mungil beserta lampu kecil untuk sekadar melihat penampilan.. ada juga wadah kacamata di dekat spion tengah..

daihatsu terios tx 2011 (34)

tentu fitur bawaan terios tx.. ac double blower.. lumayan lah bagi penumpang di baris belakang..

daihatsu terios tx 2011 (32)

abaikan layar di headrest baris pertama karena itu variasi..aslinya ya headrest biasa.. sementara itu jok baris kedua juga terdapat seatbelt untuk 3 penumpang.. jok baris kedua ini pun bisa digeser maju mundur.. tapi untuk kenyamanan baris ketiga, sebaiknya barisa kedua dimajukan.. kemudian untuk melipat baris kedua cukup geser 1 tuas saja..

daihatsu terios tx 2011 (43)

duduk di jok baris ketiga.. untuk terios 2011 belum ada seatbelt dan headrest..untuk postur 169 cm nbsusanto, posisi duduk cukup tegak dan rawan nyundul..posisi kaki untuk jarak jauh mungkin agak kurang nyaman.. ya gimana lagi terios memang tidak terlalu panjang..

daihatsu terios tx 2011 (41)

kalo mau lega ya kursi baris kedua dilipat.. barang ditaruh untuk alas selonjoran.. 😆

daihatsu terios tx 2011 (37)

butuh tempat lega untuk barang dengan hanya bawa 5 orang? lipat saja baris ketiga.. yg pasti kemaren adek nbsusanto yang 165 cm an bisa tidur di karpet itu.. mbuh piye rasane.. 😆 cuma ya memang kelemahannya terios lagi, kalo baris ketiga dipakai, bagasi cukup kecil..mungkin avanza xenia lebih lega bagasinya..

daihatsu terios tx 2011 (66)

secara tampilan dan fitur, jika dilihat dari harganya memang ya cukupan lah bagi yang mendambakan tampilan jip namun dana tak cukup untuk menebus suv yang lebih gagah.. sementara itu impresi mengemudi insya Allah di artikel terpisah.. 😀

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

Advertisements

16 Komentar

    • nglepas maksudnya mas? kayaknya copot baut udah bisa lepas deh.. dulu pas masang cover jok kayaknya nggak susah dan cepet buat bawa keluar joknya.. tp pas itu ahlinya sih.. hehehehe..

1 Trackback / Pingback

  1. menjamah honda brv, sanggupkah menggulingkan rushter? | kankkunk - blognya nbsusanto

monggo tanggapannya.....