menggerayangi daihatsu terios tx 2011 : driving impression

assalamu’alaikum wr. wb..

setelah melihat dan duduk di jok baris kedua terios, saatnya pindah ke pengemudi.. test drive lah sekalian.. menggali apa saja yang ada pada terios tx 2011 dari sisi pengemudi..

daihatsu terios tx 2011 (66)

kebetulan sempat mencicipi beberapa rute dengan terios tx ini.. yaitu ke gunungkidul dan ke keramaian *cenderung macet* kota jogja.. tapi belum afdol rasanya kalo belum buka kap mesin..

daihatsu terios tx 2011 (53)

 

menggunakan mesin 1500 cc DOHC VVT-i berkode 3SZ-VE dengan tenaga puncak 109 hp pada 6000 rpm dan torsi 14,4 kg-m pada 400 rpm, seperti yang digunakan Rush, Avanza 1,5, Grand Max 1,5 serta Luxio.. mengadopsi Electronic Power Steering sehingga memang benar terasa stir lebih enteng..

daihatsu terios tx 2011 (54)

 

ban dengan diameter velg 16 inch memang membuat lebih pede ketika melibas jalanan.. ditambah rem cakram di depan serta tromol belakang dan suspensi depan MacPerson dengan coil spring dan stabilizer.. sementara itu suspensi belakang berupa 5 link rigid axle dengan coil spring..

yuk mari nyalakan mesin.. di pagi hari seperti fitur kendaraan dengan autochoke, mesin terios berada pada 1500 rpm hingga beberapa saat kemudian turun dan langsam di 1000 rpm.. tutup pintu.. suaranya senyap.. jelas beda dengan kebiasaan bawa esteem.. cuma memang dasar mesin alus.. kurang tonjo kalo untukΒ mblayeri pengguna jalan yg ngawur.. :mrgreen:

pancal ke belakang untuk keluar garasi.. terdengar suara “tiit” sensor parkir menandakan jarak sekitar 1 meter dengan benda di belakang.. lumayan.. kemudian muter stir.. enteng.. dan jalan.. disini memang terasa rasio gear terios pendek-pendek sehingga perlu sering-sering pindah gear.. di jalan datar, jalan 60 kpj pun sering make gear 4.. beda dengan bawa esteem.. ya memang beda karakter karena jenis mobil pun berbeda.. :mrgreen: oiya, saat pertama bejek gas terasa adaΒ lag untuk tenaga keluar..ataukah karakter injeksinya ya?

lanjut naik ke gunungkidul..tentu lewat jalur panggang, salah satu jalur favorit nbsusanto, selain untuk menghindari kemacetan jalan wonosari juga karena pemandangannya apik.. 😎 cuma memang jalannya sempit dan beberapa tanjakan lebih enakan jalan wonasari.. :mrgreen: sebenernya memang disini uji mesin si terios.. percuma saja bukan kalo misalnya tampilan gagah tapi buat nanjak susah.. πŸ˜†

daihatsu terios tx 2011 (9)

 

terios cukup enak melibas tanjakan panggang.. pake gear 2 cukup walau kalo mau respon cepet ya gonta-ganti gear.. hanya saja pas tanjakan di belakang kendaraan lain, ndilalah pelan dan terlalu bahaya untuk nyelip, terpaksa pindah ke gear 1.. sebenernya kalo berani nyelip mungkin bisa.. cuma ya nbsusanto nggak berani ambil resiko karena baru saat itu bawa terios nanjak.. 😳 saat ketemu jalan lurus datar juga nggak berani mbejek terlalu ngebut.. paling 80 km/jam saja.. :mrgreen:

enaknya pake mobil tinggi itu, saat roda kiri harus turun dari aspal, tetep pede saja.. beda dengan bawa sedan rasanya.. efek negatifnya ya kadang kemepeten ke kiri.. πŸ˜† suspensi ya cukupan lah.. tidak terlalu keras tidak terlalu empuk.. yang pasti beda banget naik sedan dan minibus..

daihatsu terios tx 2011 (58)

nah berhubung njajal jalan yang nggak lebar dengan tikungan dan tanjakan turunan, terasa jika pilar A yang cukup besar menyebabkan blind spot parah..saat nikung ke kanan harus nggeser posisi kepala agar arah depan kanan tetap terlihat jelas karena jika tidak, tertutup oleh pilar A.. 😈

selanjutnya ndilalah juga nyetir malem dalam kota..kebetulan malem takbiran jalan cukup rame cenderung macet..untung pedal-pedal serta rem di terios cukup enak..lampu proyektor terios cukuplah untuk menerangi kegelapan malam..sayang belum dapat kesempatan njajal keluar kota malam hari..AC cukup dingin..diatur putaran bower di 1 dan tingkat kedinginan paling kecil pun sudah dingin di malam hari..

mengenai konsumsi bbm.. nggg.. kemaren belum ngukur.. 😳 tapi rasanya iritan ini dibandingin esteem.. ya gimana si esteem nggak boros, bawaannya kalo sedan itu ngebut terus.. πŸ˜†

overall, terios tx memang cocok dijadikan pilihan bagi yang berminat SUV 7 seater dengan budget yang tidak terlalu banyak..ya memang mesin terios kalo lebih powerful tentu lebih enak.. tapi kalo powerful, jeneh memakan SUV kelas di atasnya dari Toyota.. πŸ˜†

sekian dan terima kasih.. πŸ™‚

wassalamu’alaikum wr. wb..

Advertisements

17 Komentar

    • wani lewat dalan remuk.. ra kroso medhun seko aspal.. tp ra sealus sedan.. :mrgreen:
      roofrack ngono mudik wis menguasai lek.. 😎
      wakakakaka alon alon lakyo oleh lek.. sopo reti enek inventaris plat merah dilelang.. πŸ˜€

    • 11/12 kang.. sekene terios ya lumayan worthed kok asal kondisi mulus.. luwih wani perih sik jelas.. jarene baby foetuner.. jarene lho.. wkwkw
      yo naksire pajero wajar sih kang.. sopo sik ra pengen.. hahahaha.. sopo ngerti enek rejeki pajero kang.. πŸ˜€

    • yap.. bagasi legaan avxen.. jok baris ketiga avxen juga ada seatbelt headrest, terios nggak ada.. πŸ™„
      kalo gagahnya memang nyuss.. tambah tanduk depan dan bemper belakang lebih tonjo lagi.. yg pasti turun dari aspal nggak takut.. πŸ˜€

monggo tanggapannya.....