kamera saku sony cybershot w570, memang bisa diandalkan

assalamu’alaikum wr. wb..

kalo update blog ini, apalagi kalo artikel jalan-jalan, kebanyakan gambar yg muncul dengan deskripsi tidak begitu banyak.. gambar-gambar tersebut nbsusanto upload karena sebagian besar memang jepretan sendiri dengan kamera sendiri.. nah, salah satu amunisi nbsusanto untuk jepret menjepret adalah kamera saku sony cybershot dsc w570..

sony cybershot dsc w570 (3)

ya awalnya nbsusanto kalo foto-foto pake hp sony ericsson k770i.. kalo pun diminta dokumentasi acara ya dipinjemi kamera.. dipikir-pikir kamera kayaknya kebutuhan.. toh udah mulai ngeblog juga walau masih bisa make foto temen serombongan dolan.. tapi ya ada yang kurang kalo nggak punya sendiri.. apalagi pertengahan 2012 ada studi lapangan ke pulau bali.. sempat terpikir beli android sony ericsson yang kameranya masih ajib.. namun, akhirnya manteb beli kamera saku.. gugling dan nemu beberapa pilihan, yang pasti nominasi yang sempat masuk ada sony, nikon, canon, dan panasonic dengan harga di bawah 1,5 juta saat itu.. udah bawaan suka dengan hasil jepretan kamera sony, akhirnya mengerucut ke sony dan panasonic, setelah itu akhirnya mantep ke sony..

sony cybershot dsc w570 (14)

dimahari berapa yak dulu.. lupa.. kayaknya 1,4.. dapet sd card 4GB merk vgen dan tripod mini (tripod po dolanan, lupa naruh dimana πŸ˜† ).. spesifikasinya sih standar saja.. 16,1 MP, 5x optical zoom, lcd 2,7″, lensanya wide 25 mm, sweep panorama, carl zeiss vario tessar serta adanya optical image stabilizer.. mempunyai 12 scene mode, EV dari -2 hingga +2 dengan step 1/3, beberapa mode white balance serta beberapa fitur standar lain..

sony cybershot dsc w570 (15)

diklaim 220 jepreten untuk kondisi sesuai dengan petunjuk di buku petunjuk (flash sekali nyala setiap 2 jepretan, per gambar jeda 30 detik, zoom dipakai, setiap 10 jepretan kamera di-mati-hidupkan)..

sony cybershot dsc w570 (11)

panel kontrolnya pun cukup sederhana..

berikut penampakan batrenya :

sony cybershot dsc w570 (13)

tipenya NP-BN1.. kapasitasnya 630mAh.. nah, kalo dipakai di siang hari tanpa flash, misalnya pas nbsusanto dolan siang-siang, bukan mustahil menembus 300 gambar sekali full-charged.. bahkan sempat menembus 481 gambar saat foto dokumentasi jalan menyusuri rel.. pastinya kalo penggunaan normal sudah cukup.. nbsusanto dalam sehari kalo dolan ya bisaΒ 300an gambar lah kecuali pas mood kurang bagus.. :mrgreen:

sony cybershot dsc w570 (17)

charger bawaan sony.. jadi batre harus dilepas dari kamera jika dicharge.. dengan charger 0,25A ini dari pabrik menyarankan charging selama 3 jam untuk pemakaian normal dan 4 jam untuk benar-benar fully charged.. biasanya sih kalo nbsusanto mau ngecas ya pas mau tidur tengah malem, dicabut pas bangun.. :mrgreen:

sony cybershot dsc w570 (1)

kabel data bawaan sony.. bisa dicolok ke komputer via usb maupun ke tv langsung dengan kabel audio-video nya.. sayangnya, saat dicolok ke PC, tidak bisa mencharge batre kamera ini, yang ada malah batre juga berkurang juga.. jadi nggak bisa juga ngecas kamera ini pake powerbank.. makanya cukup susah kalo kehabisan batre di jalan.. itulah alasan nbsusanto mending cas 4 jamΒ kalo sudah diajak janjian dolan atau dokumentasi apalah.. nggak tau generasi sekarang gimana, setau nbsusanto sih sony wx nya adhani bisa dicas pake powerbank.. generasi baru dan lebih mahal..

namun satu hal yang nbsusanto suka dari kamera sony itu warna yang dihasilkan.. berikut beberapa sampel foto di berbagai kondisi cahaya:

pantai ngobaran nguyahan (23)

^ sunset di pantai ngobaran – nguyahan, gunungkidul..

pantai jungwok

^ pantai jungwok, gunugkidul..

waduk sermo (63)

^ waduk sermo, kulonprogo..

ducatiidw201350.jpg

^ indonesia ducati week 2013, yogyakarta..

takbiran idul Fitri 1433 H masjid Mashuri (153)

^ takbiran 1434H masjid mashuri mangiran..

pantai jetis cilacap (24)

^ pagi hari di pantai jetis, cilacap..

^ nyobain panning..

DSC03759

^ kantor pos besar, yogyakarta.. no flash..

cherrybelle konser yogyakarta_8734

^ konser cherry belle beat indonesia, liquid resto yogyakarta..

kalo boleh jujur memang mantepnya dipake untuk outdoor.. ya wajarlah kalo di low light biasa saja.. tapi overall nbsusanto puas make kamera ini.. nama SONY memang bisa diandalkan.. buakn sekadar merk saja.. πŸ˜€ semoga saja awet agar bisa mendokumentasikan berbagai hal di waktu yang akan datang.. πŸ˜€ kepikiran pengen DSLR, tapi ditimbang timbang itu belum kebutuhan mendesak.. malah pengennya punya housing underwater untuk sony ini agar pede diajak nyemplung ke air atau kalo nambah ya action cam yang waterproof siap diajak nyemplung air dan untuk dokumentasi sepanjang jalan layaknya gopro, tapi gopro harganya edyan, yang murah meriah belum juga dapet.. πŸ˜€

sekian dan terima kasih.. πŸ™‚

wassalamu’alaikum wr. wb..

Advertisements

23 Komentar

monggo tanggapannya.....