3 jam bersama honda brio satya e m/t

assalamu’alaikum wr. wb..

honda brio satya.. yap, seekor lcgc yang diassembly oleh honda prospect motor untuk kelas lcgc indonesia.. hadir untuk meladeni duo agya – ayla.. sepintas brio ini nggak beda dengan brio yang mahal..

honda brio satya e mt (38)

kebetulan ada seorang temen nbsusanto yang mengandangkan seekor brio satya berwarna merah.. nah, nbsusanto ditawari untuk tes drive.. baiklah.. diamati dulu.. tampilan depan simpel.. untuk seri E sudah terdapat foglamp serta lampu multireflector tentunya..

honda brio satya e mt (35)

sudah terdapat talang air.. oiya, ornamen chrome di lampu, tutup tangki bensin serta handle pintu adalah variasi tambahan yang tidak terdapat sebagai bawaan.. πŸ™‚

honda brio satya e mt (33)

untuk seri E sudah menggunakan velg alloy 14″..

honda brio satya e mt (13)

joknya.. hanya saja lagi-lagi sudah mendapat sentuhan modifikasi berupa cover jok.. nampak juga di sisi pintu driver terdapat pengatur power window dan pengatur spion elektrik..

honda brio satya e mt (3)

bagian dashboard.. simpel namun cukup pas untuk ukuran city car.. katanya persis dashboard mobilio, belum tau pastinya sih, belum liat langsung.. head unit double din dengan merk JVC yang sudah mempunyai am-fm receiver, disc reader, usb slot serta bisa disinkronkan dengan ipod.. pengaturan pada ac ada pada kecepatan blower, tingkat kedinginan, arah hembusan serta sirkulasi.. tampilan steer cukup standar, namun sudah terdapat airbag, yap fitur standar lcgc..

honda brio satya e mt (8)

pada bagian speedometer terdapat cukup banyak indikator, diantaranya adalah speedometer, tachometer, fuelmeter, odometer, indikator pompa bensin, indikator electronic power steering, indikator handrem, indikator tekanan oli, indikator aki, indikator sein kiri-kanan, indikator lampu, indikator lampu jauh, lampu penanda overheat, lampu penanda ECO driving, lampu penanda airbag, lampu pegingat seatbelt pengemudi serta lampu penanda apakah pintu sudah tertutup rapat semua atau belum.. sudah cukup informatif..

honda brio satya e mt (30)

terdapat kaca rias pada sisi pengemudi dan samping pengemudi saat pelindung sinar matahari dibuka..

honda brio satya e mt (23)

duduk di baris kedua pandangan ke depan juga lumayan.. nampak memang headrest tidak bisa diubah ketinggiannya karena memang sudah posisi fixed..

honda brio satya e mt (15)

dengan tinggi 169 cm,Β posisi duduk nbsusanto di baris kedua cukup lega..

honda brio satya e mt (26)

jok baris kedua juga menyediakan 3 tali seatbelt.. yap, brio memang didesain untuk maksimal 5 orang.. tentu headrest belakang juga menyatu, lhawong yang depan menyatu.. :mrgreen:

honda brio satya e mt (20)

pindah ke belakang.. terdapat sebuah wiper dilengkapi penyemprot.. terdapat pula spoiler belakang dengan high mounted stop lamp.. sudah memiliki 2 sensor parkir sehingga jika terdapat hambatan di belakang sekitar 1 meter maka akan berisik dari indikatornya.. :mrgreen: pintu hidrolis belakang dapat dibuka dengan tuas di sekitar jok pengemudi atau dengan kunci.. sayangnya di bagian belakang ini, kualitas body kit nya duhdek.. cost reduction kali yak.. 😐

honda brio satya e mt (21)

dibukalah bagasinya.. yep, sudah rahasia umum kalo bagasi brio cukup kecil, si owner yang melihat bagasi agya pun mengakui kalo bagasi agya lebih lega.. namun kata si owner, bagasi brio cukup diisi 3 galon air..

honda brio satya e mt (37)

wiper depan.. 2 bilah berbeda panjang dan beda lekukan.. khas untuk citycar maupun sedan.. penyemprot air pembilas dari satu titik sumber namun mempunyai 2 output untuk sebelah kanan dan kiri.. cara pengoperasian pembilas pun standar saja, tarik ke belakang tuas pengendali wiper di leher steer.. oiya, cara nutup kap mesinnya lumayan ekstrim.. harus dibanting dari ketinggian sekitar 20 cm agar terkunci sepenuhnya.. itu pesen salesnya.. dicoba dengan cara alus nggak bisa kenceng dan memang dipesenin jangan diteken daripada penyok.. waah.. 😐 beberapa kali banting gagal karena nggak tega.. akhirnya sedikit berani bisa terkunci sempurna.. wooo.. 😐

sebagai gambaran besaran pajak honda brio satya e m/t untuk kawasan solo raya:

besar pajak honda brio satya e

bagaimana rasanya berkendara dengan brio? insya Allah di artikel terpisah.. jujur aja, ini pertama kali nyopir mobil honda.. :mrgreen:

sekian dan terima kasih.. πŸ™‚

wassalamu’alaikum wr. wb..

Advertisements

monggo tanggapannya.....

  1. tny om, kl mundur apa g pake gas ? cm lepas kopling aja, pny temen koq bilang bgt yak, kopling dilepas tanpa ijak gas (katanya) tp, jadinya yg sy rasakan ndrutndrut gt yak

    • diisesuaikan aja.. kalo sekadar mundur sedikit kopling dikendurkan bisa jalan lah.. seperti kalo masuk gear 1 bisa maju kalo kopling mulai dilepas.. bergantung setelan kopling juga..

  2. aku ra popo..low MVP wae….wkwkwk
    aku wis nopak jazz rs A/T…numpang tok…nyaman e pol n sing nyupiri ayu…hihihi sambil lirik kebawah..wkwkwwk.