mbah boncel, pesepeda keliling Indonesia asal yogya itu kini telah tiada

assalamu’alaikum wr. wb..

tadi bangun tidur terdengar kabar bahwa ada tetangga yang meninggal.. setelah bener bener melek baru tau kalo yang meninggal adalah supriyanto alias mbah boncel.. beliau adalah seorang pecinta sepeda yang kemana-mana bersepeda, hingga keliling indonesia pun beliau bersepeda.. mungkin penggemar sepeda ada yang tau..

1203_kota_berkeliling-indonesia_apri117
foto mbah boncel dari http://blogtribunbatam.wordpress.com/

yap, dengan penampilan nyentriknya, rambut putih gondrong, sepeda ditinggikan dengan berbagai atribut daerah yang pernah disinggahinya serta penampilan ala kadarnya, beliau telah beberapa kali masuk ke berita online..

nbsusanto ingat, pertama kali namanya menjulang adalah di tahun 2005.. saat itu, pemilihan bupati bantul.. sebelum pemilihan, beliau bernazar kalo pak Idham Samawi menang, beliau akan bersepeda dari bantul menuju lampung.. nah, ternyata Idham Samawi menang.. mbah boncel pun memenuhi nazarnya untuk bersepeda ke lampung.. jadilah dengan uang saku secukupnya beliau menuju lampung.. kalo nggak salah saat itu perjalanan total 3 bulan.. dengan pengalaman sempat dihadang perampok.. namun saat itu mbah boncel menyembunyikan uang sakunya cukup rapat sehingga perampok tidak menemukannya dan akhirnya melepaskan mbah boncel..

foto dari http://asosiasibmx.com/
foto dari http://asosiasibmx.com/

selain itu, mbah boncel telah 3 kali keliling indonesia, yaitu di tahun 2007, tahun 2010 serta tahun 2013.. bersepeda keliling indonesia adalah cita cita beliau.. nbsusanto pun pernah mendengar cerita beliau saat tour keliling indonesia.. saat itu mbah boncel memilih rute dari yogya ke timur hingga sampai di nusa tenggara timur dan bermaksud menuju papua dengan kapal.. namun, ternyata jadwal pemberangkatan kapal masih harus menunggu 25 hari lagi.. akhirnya daripada menunggu, beliau memilih untuk putar balik dan berkeliling indonesia dari barat dahulu.. pernah juga beliau saat di aceh dicegat GAM, namun kemudian dilepaskan..

mbah boncel
gambar dari http://golist.blogspot.com

beliau selalu menempelkan pernak pernik kenangan kota yang dilaluinya ke sepedanya.. kebetulan nbsusanto punya foto sepeda beliau di tahun 2007, setelah pertama kali keliling indonesia.. saat itu yang difoto adalah adek dari nbsusanto dengan sepeda mbah boncel saat mbah boncel ke rumah nbsusanto (maklum sesama warga mangiran):

sepedane mbah boncel

hingga tadi pagi tersiar kabar bahwa mbah boncel meninggal di Nusa Tenggara Barat saat bersepeda.. belum diketahui pasti penyebabnya, yang jelas posisi pagi ini jenazah beliau di rumah sakit dan rencana diterbangkan ke yogya besok pagi pukul 6.. yap, mbah nyentrik hobi bersepeda itu telah tiada, meninggalkan seorang istri dan 2 orang anak yang keduanya sudah menikah..

foto dari masipoeng.wordpress.com
foto dari masipoeng.wordpress.com

selamat jalan mbah supri boncel.. semoga tenang di alam sana.. semoga banyak orang terinspirasi untuk mengeksplorasi indonesia, tentu dengan kesederhanaan.. 🙂

beberapa kutipan media yang sempat mewawancarai beliau :

http://news.okezone.com/read/2007/09/11/1/46179/311-hari-mbah-boncel-bersepeda-keliling-indonesia

http://www.tribunnews.com/regional/2013/04/23/mbah-boncel-keliling-indonesia-berbekal-uang-saku-rp-40-ribu

Lampu Sepeda dan Celana Hilang Dicuri Orang

http://batam.tribunnews.com/2013/04/24/dicegat-pria-gondrong-mbah-boncel-diminta-menyerahkan-jimat-2

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

Advertisements

monggo tanggapannya.....