kuliner bakmi jawa "pak dhe" jalan palagan yogyakarta

assalamu’alaikum wr. wb..

bakmi jawa.. yep, salah satu jenis makanan olahan dengan bahan berbentuk mie yang bumbunya disesuaikan sehingga mempunyai cita rasa yang khas.. yep, khas yogyakarta pada umumnya yang mengarah ke manis, tidak terlalu pedas dan tidak terlalu gurih.. nah kebetulan saat njajal brio satya kemaren diajakin temen ke salah satu warung makan bakmi yang menurutnya enak..

kuliner bakmi jawa pak dhe jalan palagan yogyakarta (13)

yap, letaknya di jalan palagan.. atau gampangnya tugu jogja ke utara.. sampai ring road masih lurus hingga terlihat spbu di kanan jalan, maka warung makan atau rumah makan ini terletak sebelum spbu..

nah.. di tempat makan ini parkirnya tidaklah terlalu besar, namun nggak di badan jalan.. lebih tenang tentunya..

kuliner bakmi jawa pak dhe jalan palagan yogyakarta (12)

masuk ke dalamnya.. dan mengamati sekeliling meja.. bersih..

berikut daftar harganya:

kuliner bakmi jawa pak dhe jalan palagan yogyakarta (5)

nbsusanto memesan mie goreng biasa beserta jeruk panas gula pasir.. maklum sudah malem setelah seharian aktivitas dan masih ada urusan sampe tengah malem.. :mrgreen:

kuliner bakmi jawa pak dhe jalan palagan yogyakarta (3)

tak lama berselang datanglah minumannya.. segelas jeruk panas.. diaduk lagi dan diincipi.. manis.. ya sewajarnya.. namun manisnya pas..

kuliner bakmi jawa pak dhe jalan palagan yogyakarta (11)

sambil menunggu makanan datang, melihat sekeliling, nampak kental suasana  rumah makan masakan jawa.. saat itu kebetulan nggak terlalu ramai.. tempatnya nggak terlalu luas tapi cukup nyaman..

kuliner bakmi jawa pak dhe jalan palagan yogyakarta (6)

yang ditunggu datang juga.. bener juga kata temen nbsusanto, porsinya cukup banyak untuk harganya di kawasan pinggir kota.. biasanya yang segini lebih mahal.. 😉 kemudian disendoklah sedikit demi sedikit.. lah, ini beneran mi jawa.. rasanya khas.. ada manis dan gurihnya.. kalo kurang pedas tinggal tambah sambel.. kurang manis tambah kecap.. kalo nbsusanto sukanya nggak tambah apa-apa.. 😀 sendok demi sendok pun berlalu.. tentu ada dagingnya.. kalo memang ada yang kurang bisa tambah semisal daging, uritan, kulit dan lain-lain seperti temen nbsusanto.. tentu harganya menyesuaikan.. 🙂 hingga akhirnya sampai juga di sendok terakhir.. bumbunya terasa merata.. pantes saja kalo bakmi jawa terkenal kalo menunggu penyajiannya agak lama, ya dimasaknya per porsi jadi beneran semua bumbu tercampur dan meresap seutuhnya.. 😀 perut terasa kenyang.. menandakan porsinya lumayan.. walau kalo laper mah 2 kali ini juga bisa.. wahahahaha.. 😆

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

Advertisements

monggo tanggapannya.....