servis kamera berdebu di pak tumijo bantul yogyakarta

assalamu’alaikum wr. wb..

sony w570.. yap, salah satu amunisi nbsusanto dalam berbagai keperluan, salah satunya adalah di blog ini.. media pengabadi momen agar bisa dinikmati secara visual di lain waktu.. namun, mungkin memang jalannya..

yep, sebenernya dari agustus lalu masalahnya terjadi.. sempat autofokusnya bermasalah, namun alhamdulillah setelah sempat diistirahatkan bisa normal kembali.. namun masih di bulan yang sama, muncul beberapa kejanggalan di hasil fotonya..

lensa kamera kemasukan debu

yap seperti yang nampak pada foto.. nampak bercak hitam pada hasil foto saat digunakan zoom, apalagi zoom maksimal (5x atau 125mm).. masih ada bercak hitam lagi selain yang dipanah, namun karena bagian tengah ke bawah cukup gelap sehingga nggak keliatan.. sebenernya kalo foto pada kondisi tidak di zoom (25mm) sebenernya nggak ada masalah, cuma kalo pas butuh sesekali untuk foto pada zoom maksimum (misalnya foto sunset untuk fokus pada matahari agar terlihat besar bulat), kok mengurangi keindahan foto.. sempat galau dan tanya-tanya ke beberapa yang mudheng kamera, ada kemungkinan jamur atau debu, tapi kalo jemur cenderung berwarna putih.. kemudian tanya dimana tempat servis yang direkomendasi.. belum dapat jawaban memuaskan..

ndilalah tadi pagi pas browsing di blognya mas wijna, salah satu blog favorit untuk referensi mbolang, malah nemu artikel tentang kameranya.. nggak tau kenapa iseng baca aja sampe bawah.. nemu kalimat ini di paragraf akhir ➡

Aku belum tahu seawet apa kamera ini ke depannya, tapi bukankah kita selalu punya bantuan jasanya Pak Tumijo? #eh?

penasaran siapakah beliau, nbsusanto pun komentar untuk tanya kalo servis atau bersihin kamera dimana, sebenernya untuk lebih tau tentang pak tumijo, dan mas wijna menjawab bahwa coba dibawa ke Aneka Jaya (Pak Tumijo) di sekitar Monggang, Bantul.. ditambah dengan googling dengan kata kunci “pak tumijo servis kamera”, didapat beberapa referensi diantaranya kaskus, fotografer.net, ninograph.wp.com bahwa pak tumijo adalah salah satu rekomendasi tempat servis kamera di yogyakarta.. sore pun nbsusanto putuskan berangkat berdasar referensi lokasi dari kaskus.. di antara 2 spbu jalan bantul masuk gang timur jalan bertuliskan “Monggang” kemudian ikuti jalan saja, bercabang ada pos kamling ambil yang lurus (nggak lurus banget sedikit serong karena pos kamling) ikuti saja jalannya yang berbelok, sampai di pertigaan ada bengkel, ambil kiri, ikuti terus hingga mentok pertigaan ada sawah, nah rumah terakhir di kanan jalan berupa toko kelontong itulah kediaman pak tumijo.. lokasi koordinat kediaman pak tumijo sebagai berikut:

koordinat servis kamera pak tumijo aneka jaya

tepatnya di koordinat S 7.85671 dan E 110.34421 menurut Sygic.. ya akurasinya paling masih ada mlesetnya.. tapi sekitar itu.. :mrgreen:

sampai disana bertemu beliau dan dicek sepintas untuk menunjukkan masalahnya, kemudian beliau minta nbsusanto menulis nama serta nomor hp.. setelah nbsusanto tulis, beliau masuk sebentar untuk membuatkan nota servis.. berikut notanya:

nota aneka jaya pak tumijo

untuk lamanya pengerjaan, nbsusanto diancer-anceri mungkin 3 minggu.. lama atau tidak ya? tapi berhubung dari testimoni cukup memuaskan, nbsusanto pun mengiyakannya.. ya semoga kamera pure 2 serta 8ten bisa mencukupi untuk sementara.. 🙂 kalo butuh yang lebih ya cari pinjeman dulu.. :mrgreen:

setelah merindukan menjadi pemburu gambar matahari terbenam dengan hasil gambar yang walau terdapat noise, tapi bersih dari bercak debu, akhirnya sony w570 sehat seperti sedia kala.. terima kasih servis kamera pak tumijo di bantul.. 🙂

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

Advertisements

18 Komentar

monggo tanggapannya.....