review laptop asus a43sa, telah mengabdi 2,5 tahun dan semoga seterusnya

assalamu’alaikum wr. wb..

komputer.. tidak bisa dipungkiri lagi komputer adalah salah satu kebutuhan saat ini.. sekolah – kuliah maupun bekerja banyak yang menggunakan komputer untuk mendukung produktivitasnya, begitu pula untuk konsumsi termasuk fitur hiburannya.. tentu seperangkat komputer jelas tidak bisa dibawa kemana-mana, untuk itulah laptop menjadi pilihan.. jujur saja hingga 3 semester kuliah pun nbsusanto belum punya laptop dan masih bersikeras komputer mencukupi.. namun ternyata tidak bisa dipungkiri, keberadaan laptop akan memudahkan berbagai keperluan, misalnya untuk mengerjakan tugas maupun sekadar browsing.. nah, di awal 2012 lalu, nbsusanto pun memutuskan membeli laptop..

laptop notebook asus a43sa (1)

pada waktu itu budget terbatas 5 juta rupiah, untungnya saat itu dolar tidak setinggi sekarang.. dengan batasan harga tersebut, awalnya nbsusanto ada 2 pilihan, yaitu asus a43sa atau dell *lupa serinya* dengan spesifikasi hampir sama.. menurut berbagai review sebenernya kedua merk ini berimbang dari sisi harga, spek serta durability.. namun akhirnya memilih asus karena lebih suka saja..

spesifikasinya sebenernya sederhana saja, yaitu:

cpuz

– CPU Intel Core i3 2330M Sandy Bridge @ 2,2 GHz
– VGA AMD Radeon HD 6730 2GB
– DDR3 RAM 2 GB 1333MHz
– Harddisk 640 GB
– Baterai 5200 mAh
– 2 port USB 2.0, 1 port USB 3.0, 1 slot SD Card Reader, 1 optical DVD-RW, 1 port D-Sub, 1 port HDMI, 1 port LAN, 1 port mic, 1 port speaker/headset, 1 port penguncian
– speaker internal Altec Lansing
– Bluetooth
– layar 14 inch dengan resolusi 1366 x 768 pixels
– driver Asus mensyaratkan Windows 64 bit sehingga menggunakan Windows 7 Ultimate 64 bit 6.1 build 7600

laptop notebook asus a43sa (6)

dengan spesifikasi tersebut masih enak untuk main game NFS Hot PurSuit 2010 bisa main dengan nyaman di resolusi 1366 x 768 (lupa settingan kalo nggak salah medium apa high ya, yang pasti bukan low 🙄 ).. didapat windows experience index sebesar 5,5 karena terbatas di RAM nya.. untuk AutoCAD 2012 64-bit pada saat membuka jujur saja cukup lama, namun setelah terbuka dan operasional 2D standar masih nyaman.. untuk browsing masih nyaman, namun saat membuka banyak tab memang terasa sering kehabisan RAM.. yang parah saat main Excel dengan banyak gambar dan parameter, duh lemot.. 😐 saat multitasking tidak jarang free RAM tinggal 100MB atau bahkan kurang.. 😐 ya gimana lagi kalo dipasang 32 bit nanti susah cari drivernya.. sementara itu kalo windows 64 bit memang selayaknya menggunakan RAM setidaknya 4 GB.. ya sudahlah nabung dulu dengan keadaan yang ada..

untuk itulah pada awal 2014 ini nbsusanto membelikan sebuah RAM lagi sebesar 2 GB dengan kecepatan 1600 MHz, sebenernya mubazir juga kecepatannya mengingat satu slot lagi 1333 MHz sehingga akan ikut kecepatan rendah, namun mau cari 1333 MHz sudah susah.. ya sudahlah.. 🙄 efek ram yang sudah 4 GB sebagai berikut:

wei

cukup melonjak hingga 5,9 dan yang menjadi nilai batas adalah harddisk.. ya wajar saja jika harddisk kecepatan standar memang 5,9.. kecuali sudah menggunakan SSD.. nilai lain tetap, CPU di 6,5; RAM di 6,5; VGA untuk aero maupun 3D di 6,8..

setelah menggunakan ram 4 GB untuk kegiatan harian seperti main AutoCAD, Office serta untuk ngeblog, browsing, muter film, muter musik dan lain-lain sudah terasa enak.. card reader membaca sd card maupun microsd+adapter cukup cepat.. usb berjalan lancar walau terkadang hdd dengan konektivitas usb 3.0 malah tidak terbaca di port usb 3.0, ya akhirnya dengan 2.0 kecepatan terbatas.. 🙄

laptop notebook asus a43sa (4)

adanya bluetooth memudahkan saat nbsusanto mau ngirim foto dari dan ke hp saat males menggunakan kabel data.. tersedia pula webcam, sayangnya hasilnya juga seadanya saja, kalah dari netbook acer yang pernah nbsusanto iseng coba kameranya.. 😳

ketahanan baterai untuk saat ini berdasarkan widget windows 7:

kapasitas baterai dengan widget

kapasitas baterai maksimum terbaca 57 Wh pada saat baru, namun karena pemakaian sudah 2,5 tahun lebih, kapasitas maksimum baterai tinggal 48 Wh atau 84%.. dengan konsumsi batre perjamnya sekitar 16 Wh, laptop masih tahan untuk bekerja lebih dari 2,5 jam dengan peringatan jika tinggal 10% serta nbsusanto atur hibernate otomatis jika tinggal 5%..

laptop notebook asus a43sa (3)

dengan desain alumunium scratch resistant nya, memang terasa sedikit berkelas.. :mrgreen: namun karena alumunium juga mampu menghantar listrik, nbsusanto juga pernah sedikit kesetrum, bukan listrik tegangan tinggi, namun kecil yang mampu mengagetkan saat tersentuh tak sengaja.. padahal kalo dalam kondisi biasa nggak nyetrum, misal setelah nyetrum titik tadi dipegang lagi sudah tak masalah.. dengan alumunium dan teknologi Ice Cool juga diklaim mampu mendinginkan laptop secara optimum.. ya memang tidak terasa terlalu panas.. namun itu juga tergantung pemakaian, yang pasti nbsusanto mengingat pesen dari temen kalo mengoperasikan laptop jangan diletakkan di karpet atau kasur, karena rawan debu yang nyangkut di karpet atau kasur menjadi tersedot dan masuk ke dalam laptop sehingga kinerja pendinginan terganggu.. selama ini kalo harus di karpet atau kasur, nbsusanto memberi alas kertas atau buku agar debu yang rawan masuk bisa terhalang dan dapat diminimalkan..

ada 1 hal yang sebenernya mengganggu.. beberapa kali si Asus A43SA ini mengalami BSOD.. nah, padahal tidak ada hal jelas yang menyebabkan BSOD.. pun begitu menurut mas baguspropus, beliau mengatakan laptop asus lumayan bagus, sayangnya penyebab BSOD nya tidak jelas.. atau mungkin efek kepanasan ya? walau jarang terjadi, namun nbsusanto sudah mengalami lebih dari sekali.. ya mengganggu karena tiba tiba muncul dan mungkin pekerjaan yang belum disimpan akan hilang.. untuk mengatasinya cukup tahan tombol power hingga laptop mati.. tunggu sebentar dan dinyalakan lagi laptopnya sudah beres nggak ada masalah..

laptop notebook asus a43sa (2)

oiya satu lagi, adapter untuk charge asus ini sudah pernah rusak dan nggak bisa mengisi, sehingga selama beberapa hari nbsusanto terpaksa meminjam adapter toshiba yang secara fisik sama walau arusnya tidak sebesar bawaan asus.. namun setelah diperbaiki oleh juragan pertamax7, alhamdulillah berfungsi normal walau bentuknya jadi lucu.. :mrgreen:

laptop notebook asus a43sa (5)

semoga laptop ini bisa tetap awet dan mendukung berbagai aktivitas nbsusanto.. di antaranya adalah untuk kuliah, kerja, ngeblog, sebagai testbed jika iseng komparasi sd card (sedang dipersiapkan :mrgreen: ) atau apapun lain-lain, sebagai media penyimpanan selain harddisk komputer di rumah, dan lain-lain.. overall, untuk penggunaan harian, nbsusanto merasa cukup puas dengan laptop ini.. 🙂

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

Advertisements

5 Komentar

  1. sama kaya punyaku, termasuk bandel nih asus udah hampir lima tahun masih jozz, belum pernah bsod lho, tapi tahun kemarin punyaku batre mati, kuganti sekalian kubongkar utk dibersihin dan ganti pasta serta upgrade ram dan ssd dari patriot, wuih lebih ngacir dari saat barunya malah…

    • woh manteb belum pernah bsod.. kalo 4 taun batre udah soak ya wajar sih, apalagi pemakaian berat..
      wih udah ganti ssd? jelas mantep.. saya juga pengennya ganti ssd.. tapi liat liat budget keluarnya lumayan walau jelas kenceng.. :mrgreen:

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. unboxing notebook Asus A456UR-WX058D | kankkunk - blognya nbsusanto
  2. review plus minus asus a456u setelah 3 bulan penggunaan | kankkunk - blognya nbsusanto

monggo tanggapannya.....