lebih dekat dengan ford ecosport, compact SUV menarik di kisaran 200an juta

assalamu’alaikum wr. wb..

ford ecosport.. yap, nama yang sudah mulai tak asing lagi bagi pemerhati otomotif roda 4.. sebuah urban SUV dengan kisaran harga 200an juta dengan sasaran tembak lebih tepatnya toyota rush, mengingat kapasitas mesin dan konfigurasi 5 seat nya.. se wah apa sih suv besutan ford? sebenernya bukan kali ini pertama nbsusanto masuk ke dalam ecosport.. namun baru kali ini fotonya lebih lengkap, maklum yang dulu cuma sedikit.. :mrgreen: monggo..

ford ecosport (4)

kesan pertama melihatnya adalah ford fiesta ditinggikan.. memang basis dari ford ecosport adalah ford fiesta.. dari depan nampak menarik dengan lampu utama, foglamp serta spion yang sudah terdapat lampu seinnya..

ford ecosport

oke ngambil foto lawas yg lebih jelas untuk menunjukkan tampak sampingnya.. terlihat memiliki ground clearance tinggi 20 cm dengan bodi tak terlalu panjang memang..

ford ecosport (18)

mulai masuk.. nampak untuk seri titanium AT terdapat arm rest bagi sopir.. sementara itu untuk seri di bawahnya tidak ada..

ford ecosport (5)

penampakan dashboard ford ecosport.. nampak tampilan yang mirip dengan ford fiesta.. head unit nya sudah bisa disinkronisasi.. pengaturan dan fiturnya cukup lengkap.. untuk seri titanium sudah menganut ac otomatis.. sementara itu tuas gear nampak P-R-N-D-S.. untuk S merupakan mode manual dengan tombol perpindahan gear manual di tuas persneling.. tentu terdapat airbag..

ford ecosport (13)

tampilan speedometer simpel namun cukup lengkap.. kecuali speedometer, tachometer serta fuelmeter analog, yg lain sudah digital.. nampak redline ecosport berada di 6500 rpm.. oiya, untuk seri titanium sudah menggunakan push start button, maklum sudah menganut keyless..

yang menarik adalah seri titanium sudah terdapat sunroof.. joss ki untuk night driving without seeing menikmati bintang bintang di luar kota.. 😎

jangan lupa ciri khas mobil amerika.. tuas terbalik.. sein di tuas kiri, wiper di tuas kanan, saklar lampu di bawah ac bagian sopir.. :mrgreen:

ford ecosport interior (1)

penampakan jok baris kedua ford ecosport.. untuk seri titanium tentu nampak lebih mewah dibanding ini.. tentu disediakan 3 seatbelt dan 2 headrest..

ford ecosport (20)

mengamati belakang.. nah, nampak mini SUV dengan roda cadangan digendong di pintu belakang.. oiya, pembuka pintu belakang di sisi kanan, dimana sisi kiri merupakan lampu mundur.. nah, untuk membuka tentu harus mengantongi kunci serta memencet tombol hitam di tuas pintu serta ditarik biasa..

 

ford ecosport (26)

poros pintu berada di kiri sehingga membukanya kebalikan terios.. oiya, pintu belakang sudah dilengkapi dengan hidrolis sehingga lebih enteng.. kapasitas bagasi juga cukup lega mengingat dimensinya serta hanya ada 2 baris kursi….

ford ecosport (3)

ecosport titanium menggunakan ban berukuran 205/60-R16.. velg yang digunakan untuk seri titanium berbeda dengan seri trend.. untuk seri trend seperti gambar ford putih.. untuk suspensi mengadopsi Telescopic Double Acting serta Hydraulic dan menggunakan stabilizer Torsion Bar.. sayangnya sih velg Ecopsort menggunakan 4 baut PCD 100 (cmiiw).. ya nggak masalah sih sebenernya ukuran velg cukup besar.. tapi lebih enak dipandang dan mudah upgrade kalo 5 baut seperti SUV lain.. 🙄

ford ecosport (28)

saran tekanan angin ban dari ford.. berbeda tekanan untuk jumlah penumpang dan barang yang berbeda..

ford ecosport (31)

selanjutnya ke bagian mesin.. mesin tipe Sigma TiVCT 4 silinder DOHC 16 valve dengan kapasitas 1500 cc ini dklaim mampu memuntahkan tenaga maksimum 110 ps pada 6050 rpm serta torsi maksimum 142 Nm pada 4500 rpm.. secara spesifikasi 11-12 dengan Rush maupun Terios, tapi mengingat teknologi kopling ganda serta konfigurasi FWD di ford ecosport ini, kayaknya memang logis kalo ecoport lebih irit BBM serta lebih nampol akselerasinya.. selain itu, ecopsort telah mengadopsi electronic power steering yang berat-ringannya stir bergantung pada kecepatan.. selanjutnya ada traction control, rem ABS, electronic brake distribution serta mengadopsi Hill Launch Assist yang berguna agar mobil lebih enak untuk menanjak dan mencegah mundur saat di tanjakan saat pijakan gas dilepas sementara..

last, apakah benar ford ecopsort dapat mengganggu penjualan Toyota Rush yang konfigurasinya hampir sama? sementara ini sih memang belum banyak beredar.. atau kebetulan jalur nbsusanto lewat memang bukan jalur ecosport banyak lewat yak? 🙄 kapan bisa test drive? 😳

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

About nbsusanto 1033 Articles
Nur Budi Susanto - https://dolanotomotif.com/ seorang blogger yang menggemari otomotif, jalan-jalan, fotografi, teknologi, transportasi, dan kereta api. silakan tinggalkan komentar, kritik, dan saran atas tulisan saya. boleh juga japri saya di kankkunkblog@gmail.com.

9 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*