menikmati tongseng ayam di warung sudimoro selatan pasar bantul

assalamu’alaikum wr. wb..

tongseng.. sebuah makanan khas Indonesia yang berbahan dasar daging basah dengan bumbu rempah dan pada umumnya mempunyai citarasa pedas.. biasanya, tongseng ataupun berbahan dasar daging kambing.. namun, di salah satu warung di kawasan kota Bantul, Yogyakarta, ada sebuah warung menawarkan menu tongseng dan gulai dengan bahan baku daging ayam..

tongseng dan gulai ayam sudimoro bantul (10)

nah, berbeda dari biasanya dan nampak menarik bukan? apalagi bagi yang mempunyai darah tinggi bisa menikmati tongseng ayam ini.. kebetulan nbsusanto diajak kesana.. awalnya diajak ke cabang sudimoro di ringroad manding, bantul, namun ndilalah hari minggu tutup.. yasudah meluncur ke pusatnya di selatan pasar bantul.. berikut koordinatnya:

tongseng dan gulai ayam sudimoro bantul (1)

gampang saja di selatan pasar bantul.. di sebelah kanan jalan kalo dari yogyakarta.. πŸ™‚

nah pas masuk ke warungnya:

tongseng dan gulai ayam sudimoro bantul (9)

rame.. alamat lumayan lama nunggunya.. :mrgreen: segera pesan tongseng ayam dan es jeruk..

tongseng dan gulai ayam sudimoro bantul (2)

tak berapa lama es jeruk pun datang.. langsung saja diminum, maklum jam 1 kurang sedikit panas banget.. cegukan demi cegukan, rasa es jeruk nya standar es jeruk gula pasir.. pas saja di lidah..

tongseng dan gulai ayam sudimoro bantul (5)

 

pelayannyan cukup sibuk.. di kasir pun selalu ramai.. selalu saja orang datang dan pergi..

tongseng dan gulai ayam sudimoro bantul (8)

setelah setengah jam dan es jeruk tinggal setengah akhirnya datang juga.. tongseng dan nasi disajikan terpisah.. tongseng ayam tentu ada sedikit kuahnya dan ditambah kubis serta tomat.. nah nbsusanto seperti biasa langsung menuangkan nasi ke dalam piring tongseng.. biar nasinya juga kena bumbu dari kuah tongseng dan lebih nikmat.. :mrgreen:

ukuran porsinya bisa dibilang cukup untuk ukuran nbsusanto.. yang pasti kuahnya pun enak.. oiya, ayam yang disajikan berupa ayam kampung jantan dan tidak dikurung dalam kandang kecil sehingga rasa dagingnya lebih nikmat.. suapan demi suapan pun dimulai.. hingga akhirnya habis juga.. rasanya memang tak terlalu pedas, ya khas masakan di yogya yang cenderung manis.. tapi kalo mau pedas kan bisa ditambah cabe.. :coll:

waktunya bayar.. berapa ya kemaren.. lupa soalnya dibayarin.. :mrgreen: kalo nggak salah 12 ribu rupiah.. masih masuk lah karena rasanya juga enak.. πŸ˜€

overall, tongseng ayam di warung sudimoro ini bisa dijadikan pilihan kuliner bagi yang pengen merasakan tongseng namun mempunyai tekanan darah tinggi serta bagi yang pengen keluar dari kebiasaan tongseng kambing.. πŸ˜€

sekian dan terima kasih.. πŸ™‚

wassalamu’alaikum wr. wb..

 

Advertisements

6 Komentar

  1. tongseng jogja, kol dan tomat disajikan mentah, tongseng solo, kol dimasak tomat pake tomat hijau….sama-sama enak,,

    *parkir di bantul masih seperti 14 tahun yang lalu…(jok ditutup kardus, trus dibantuin mengeluarkan dari posisi parkir)

    • malah belum pernah njajal tongseng solo.. kemaren disana baru nyicipi nasi liwet dan kupat tahu.. :mrgreen:
      yep, tukang parkir nggak hanya nongol saat posisi motor tinggal starter.. πŸ™‚

monggo tanggapannya.....