unboxing micro SDHC class 10, pilih SanDisk atau Samsung?

assalamu’alaikum wr. wb..

sebagai media penyimpanan untuk action cam 8ten, nbsusanto membutuhkan microSD tentunya.. apalagi mengingat video 15 menit menggunakan memory 2GB.. kalo pas dalam perjalanan, tentu butuh banyak memory kosong.. mungkin sekali charge tepat 16GB akan habis.. tapi kalo bisa charge, setelahnya tentu butuh memory lagi.. untuk itu nbsusanto membeli 2 buah microSDHC dengan merk SanDisk dan Samsung, sama-sama 16GB class 10..

microSDHC sandisk vs samsung (16)

awalnya sih cuma membeli SanDisk itu via lazada.. setelah beberapa hari kepikiran seperti paragraf pertama akhirnya beli di jakartanotebook sekalian batre si sony.. sampe rumah tentunya dibandingkan sambil unboxing..

microSDHC sandisk vs samsung (18)

 

packaging hampir sama.. keterangan dalam wadahnya pun nggak beda jauh..

microSDHC sandisk vs samsung (24)

beda di warnanya.. Samsung EVO lebih cerah dibanding SanDisk Ultra.. mungkin hal kecil, tapi kemaren SanDisk ultra jatuh di lantai kamar nbsusanto yang berwarna gelap.. padahal memory warnanya nggak bisa dikatakan gelap, lha kok susah banget nyarinya.. cukup lama hingga setelah dengan cara disapu kemudian dilihat sapuannya baru ketemu.. :mrgreen:

microSDHC sandisk vs samsung (27)

 

oiya, nbsusanto memilih paket penjualan yang terdapat adapter SD nya.. memang sedikit lebih mahal.. tapi memang sengaja agar punya adapter yang di rumah dan dibawa-bawa.. :mrgreen: warnanya lagi-lagi lebih cerah samsung.. hanya saja untuk ukuran segini, misalnya ketlingsut lebih mudah dicari dibanding microSD.. 🙄

nah, menurut website resminya, spesifikasi microSD 16GB SanDisk dan Samsung adalah sebagai berikut:

AspekSanDiskSamsung
KodeSDSDQUI-016GMB-MP16DA
Form FactormicroSDHCmicroSDHC
Kapasitas16 GB16 GB
Kelas10 UHS-I10 UHS-I
KecepatanUp to 30MB/sUp to 48MB/s
Suhu Operasional-25ºC to 85 ºC-25℃ to 85℃
Suhu Penyimpanan-40ºC to 85ºC-40ºC to 85ºC
DurabilityWaterproof, X-ray proof, ShockproofWaterproof, X-ray proof, Magneticproof
Garansi10 tahun10 tahun

secara umum spesifikasi hampir sama.. memiliki kemampuan waterproof serta x-ray proof.. garansi pun sama-sama 10 tahun, bukan lagi lifetime warranty untuk kedua merk.. hanya saja microSDHC Samsung diklaim memiliki kecepatan lebih tinggi dibandingkan dengan SanDisk.. benarkah? diuji asyik nih..

microSDHC sandisk vs samsung (23)

pengujian dilakukan dengan adapter bawaan masing-masing microSD.. itu juga salah satu alasan kemaren beli paket yang ada adapternya.. :mrgreen: yang pasti dilakukan dalam kondisi yang sama dan dilakukan berurutan agar hasilnya lebih akurat.. insya Allah hasil pengujian ada di artikel tentang SD card selanjutnya.. 😀

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

Advertisements

13 Komentar

monggo tanggapannya.....